10 Macam Peralatan Wajib Para Climber

peralatan climbing (Sumber: pinterest.com)


10 Macam Peralatan Wajib Para Climber   ̶   Well, semua tahu kalau olah raga panjat-memanjat adalah salah satu olah raga ekstrim yang mengharuskan para pelakunya untuk memiliki peralatan dan perlengkapan yang safety. Peralatan untuk memanjat ini cukup kompleks, dan tentunya tidak bisa dibilang murah. Jelas tidak bisa murah, karena peralatan ini punya fungsi melindungi nyawa para climber. Apa aja peralatannya? Di poin ini kita akan bahas soal macam-macam peralatan wajib para climber. Berikut daftar peralatan wajibnya:

1. Harness.

Harness adalah sebuah alat yang digunakan untuk menopang tubuh climber. Harness  dibedakan menjadi tiga berdasarkan bentuknya, yaitu sit harness, full body harness dan juga chest harness. Bentuk-bentuk tersebut punya fungsi yang berbeda-beda. Misalnya sit harness yang biasanya digunakan para pemanjat tebing, sementara full body harness biasanya dipakai oleh para pekerja bangunan yang berada di ketinggian.

2.  Tali Karman

Ini adalah peralatan wajib para climber yang selanjutnya. Tali ini memilik fungsi untuk melindungi para pemanjat dari kecelakaan misalnya jatuh ke tanah. Kalau secara umum sendiri, tali karmantel ini ada 2 jenis, ada yang elastis dan dinamis. Dua jenis tersebut punya guna yang berbeda. Tali statis misalnya, biasanya digunakan saat rappeling atau turun dari ketinggian. Tali statis ini punya tingkat kerenggangan sampai 15%. Sementara untuk yang dinamis biasanya dipakai saat naik. Tingkat kelenturannya pun berbeda. Tali jenis ini punya tingkat kelenturan 2 kali lipat dari tali statis. Satu tali karmantel bisa menahan beban sebesar 100 kilogram atau bahkan lebih.

3.  Carabiner

Alat yang satu ini punya fungsi menghubungkan satu alat dengan yang lain. Carabiner yang merupakan peralatan wajib para climber yang punya sebutan cincin kait yang memang berguna mengkaitkan satu-satu alat ke alat yang lain. Benda ini terbuat dari logam yang sangat kuat. Nah, ada yang perlu diperhatikan untuk para newbie ini. Ada beberapa carabiner yang terbuat dari logam yang tidak boleh jatuh, sebab kalau jatuh ke tanah nantinya carabiner bisa retak dan berbahaya jika digunakan karena bisa bikin kamu jatuh. Kalau jatuh ke pelukannya sih oke, tapi kalau jatuh ke pelukan yang maha kuasa kan berabe.

4.  Ascender

Peralatan wajib para Climber selanjutnya adalah ascender. Ini adalah sebuah peralatan mekanis yang digunakan untuk melintasi sebuah tali saat kamu naik. Dulu, sebelum alat ini diciptakan, para pendaki biasanya memakai tali prusik, tapi penggunaan tali prusik ini lebih rumit dan sulit. Alhasil ditemukanlah alat yang satu ini.

Ascender ini punya 2 jenis, yang pertama sprung cam, dan cam loaded. Kalau berdasarkan bentuk pegangannya, ascender juga dibagi 2 yakni handle ascender dan non handle ascender. Alat ini juga punya sebutan lain yakni jumar. Tapi sebenarnya, jumar adalah nama merek terkenal sebuah ascender dari Swiss. Kayak orang Indonesia yang nyebut pepsodent dengan sebutan Odol. Sejenis itulah.

5.  Descender

Descender ini adalah kebalikan dari ascender. Kalau descender ini adalah peralatan wajib para climber yang digunakan untuk menuruni lintasan tali. Nah, peralatan ini ada 2 jenis, pertama yang manual dan yang satu lagi descender otomatis.

6.  Figure 8

Yups! Bentuk peralatan wajib para climber ini seperti angka 8. That’s why dia disebut figure 8. Alat yang satu ini digunakan saat rappeling atau membiley. Nah, alat ini memiliki fungsi untuk menghambat jalannya tali karmantel pas kamu sedang rappeling. Figure 8 ini dibuat dari partikel baja yang kuat banget dan bisa menahan berat badan sampai beberapa kilo, bahkan ada yang sampai 1 ton. Tapi, seperti layaknya carabiner, figure 8 ini tidak boleh jatuh di tanah atau permukaan yang keras karena bisa retak dan berbahaya kalau dipakai.

Baca Lainnya:   13 Peralatan Penting Untuk Mountain Bike

7.  Webbing

Webbing ini adalah sebuah peralatan wajib para climber yang berbentuk pita yang punya kekuatan yang sangat besar dan juga punya fungsi yang banyak seperti misalnya alat tali untuk tubuh, pengganti harness, anchor, dan lain sebagainya. Webbing ini bisa kamu dapetin dengan sangat mudah di toko-toko outdoor.

8.  Sepatu Panjat

Bukan Cuma lari yang punya sepatu khusus. Memanjat juga punya sepatu khusus. Kalau nggak khusus, bisa hancur lebur itu kaki. Sepatu ini punya kelenturan karet sol yang kuat sekali dan pas untuk dipakai pada tebing yang permukaannya kasar dan tidak beraturan. Jadi sepatu ini bisa membuat climber lebih mudah untuk menaklukkan tebing. Sayang, nggak ada sepatu gebetan, mungkin kalau ada, kalian bisa lebih mudah menaklukkan gebetan.

9.  Chalk Bag

Kamu tahu kapur atau tepung yang biasa dipakai oleh para pendaki. Itu sebenarnya adalah magnesium dan chalk bag ini adalah tempat menyimpan magnesium. Biasanya tas kapur ini, diletakkan di belakang pinggang, biar pas pegangan tebing nggak kepeleset.

10.  Mailon Rapid

Alat ini memiliki fungsi sama dengan carabiner, tetapi hanya dipakai saat kamu sedang melakukan susur goa. Alat yang satu ini terbuat dari aluminium alloy yang ringan tapi soal kekuatan jangan dipertanyakan, mungkin hubunganmu yang hampir putus bisa diselamatkan sama si Mailon Rapid ini. Alat ini memiliki beberapa bentuk, mulai dari oval, delta, dan half moon.

Berikut tadi adalah beberapa peralatan wajib para climber. Semua alat itu wajib kamu bawa pas kamu mau mendaki. Sebab kalau enggak, jangan salahkan tebing kalau tiba-tiba kamu jatuh dan koit. Kan nggak lucu kalau lagi climbing terus kepeleset dan jatuh.

Nah, untuk tempat membeli barang-barang tersebut kamu bisa membelinya di toko-toko outdoor yang tersebar di kotamu. Atau, biar kamu nggak ribet dan bingung, kamu bisa googling dan nyari informasi tempat mana aja yang bisa kamu kunjungi kalau kamu ingin membeli salah satu alat tersebut.

Kamu juga bisa membuka website toko online dan ketik apa yang mau kamu cari. Atau, kalau toko online di rasa kurang terpercaya, kamu datang aja ke toko-toko outdoor kayak Eiger Center, brand-brand lokal yang juga udah pada buka toko, atau tempat yang lain.

Seperti yang sudah di bilang di atas, kalau barang-barang ini memang agak sedikit mahal. Kalau kamu kesulitan belinya karena nggak ada uang, kamu bisa datang ke tempat-tempat yang menyewakan barang-barang ini. Paling tidak, kamu nggak perlu keluar duit banyak, dan kamu tetap bisa mendaki.

Terakhir, kalian harus selalu ingat bahwa keselamatan adalah yang utama. Jadi, pilihlah alat yang benar-benar safety. Cause, safety can be fun! Is that right!?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *