11 Peralatan Penting Untuk Rafting


11 Peralatan Penting untuk Rafting   ̶   Rafting atau arung jeram menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari. Apakah Sobat Muncak juga menyukai olahraga ini? Namun untuk melakukan rafting tidak hanya mengandalkan skill semata. Selain itu perlengkapan dan alat yang mendukung sangat diperlukan supaya rafting tetap aman dan mengurangi terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada banyak sekali alat yang diperlukan untuk arung jeram atau rafting ini. Alat-alat tersebut yang nantinya akan memudahkan Sobat Muncak dalam melakukan arung jeram atau rafting. Apa sajakah alat-alat tesebut? Berikut adalah alat-alat yang digunakan saat melakukan rafting atau arung jeram.

1.    Perahu

Ada berbagai jenis dan bentuk perahu yang dapat digunakan untuk arung jeram atau rafting. Serta memiliki kekuatan yang berbeda-beda disesuaikan dengan merk yang dipakai. Umumnya perahu terbuat dari polyster nilon, dan polyvinyl chloride (PVC). Ada dua jenis perahu yang digunakan untuk rafting yaitu Non Self Bailing yang tidak dilengkapi dengan lubang-lubang saluran pembuangan air. Sehingga untuk membuang air yang tergenang di perahu disediakan ember untuk membuang dan menguras air dalam perahu. Sementara Self Bailing adalah perahu yang sudah dilengkapi saluran pembuangan air sehingga tidak perlu repot menggunakan alat lain seperti ember dan sebagainya.

2.   Pelampung

Berfungsi untuk melindungi tubuh peserta rafting terhadap benturan dari rintangan sungai atau sesama peserta rafting. Selain itu pelampung membantu dalam pengamanan dan ketika peserta rafting terjatuh dapat terapung ke permukaan sungai.

3.   Helm

Menggunakan helm saat rafting akan membantu peserta rafting aman dari benturan benda keras seperti bebatuan dan lain sebagainya.

Baca Lainnya:   Mengenal Jenis Perahu dan Cara Duduk Saat Rafting

4.   Dayung

Dayung digunakan untuk mengarungi arus yang deras oleh peserta rafting. Umumnya dayung yang digunakan terbuat dari bahan yang ringan tetapi kuat. Biasanya dayung yang sering digunakan adalah dayung yang berbahan alumunium atau plastik. Selain karena bobotnya yang ringan dayung jenis ini cukup kokoh dan mudah terapung di permukaan.

5.   Tali Lempar

Berupa tali mantel yang dikaitkan dengan tas kecil dan berfungsi untuk rescue sewaktu-waktu.

6.   Pompa

Untuk mengisi dan menjaga keadaan udara apabila udara dalam perahu mulai berkurang sehingga pompa perlu dibawa.

7.   Tas Kedap Air

Menjaga barang bawaan dan menyimpannya agar tidak basah oleh air seperti dompet, kamera, P3K dan lainnya, untuk itu tas kedap air harus dibawa.

8.    Peluit

Peluit digunakan untuk sebagai alat komunikasi saat melakukan rafting.

9.   Alat Navigasi

Alat navigasi seperti peta, kompas, protaktor dan lainnya ini sangat diperlukan saat rafting karena sangat berguna untuk membantu mengetahui medan sungai, gradient sungai serta kondisi medan yang akan atau sedang diarungi.

10.   Repair Kit

Merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki perahu biasanya berupa peralatan untuk menambal perahu.

11.    Logistik

Logistik menjadi sangat penting dibawa saat rafting mengingat dibutuhkan banyak tenaga dan energi untuk melakukan olahraga air ini. Persediaan makanan yang cukup akan menunjang kegiatan rafting. Disarankan membawa makanan yang banyak mengandung kalori dan jangan lupa juga membawa minuman secukupnya.

Nah bagaimana Sobat Muncak sudah siap melakukan rafting? Jangan lupakan peralatan rafting penting di atas ya… Semoga rafting Sobat Muncak menyenangkan dan aman selalu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *