13 Peralatan Penting Untuk Mountain Bike


13 Peralatan Penting Untuk Mountain Bike   ̶   Salah satu olahraga ekstrem yang menantang dan memacu adrenalin lainnya adalah mountain bike atau sepeda gunung. Bermain sepeda gunung sangatlah berbeda dibandingkan dengan bersepeda santai di jalan raya. Banyak persiapan yang diperlukan untuk melakukan sepeda gunung yang sesuai standar keamanan agar keselamatan terjaga. Peralatan yang diperlukan merupakan peralatan khusus untuk sepeda gunung ini. Sobat Muncak, berikut adalah peralatan yang digunakan untuk sepeda gunung :

1.    Helm

Helm sangat diperlukan untuk keamanan dan melindungi kepala dari benturan dan benda-benda keras nantinya. Kemudian ada juga helm lain untuk sepeda yaitu, Helm Road, BMX, Helm Aero Road, Helm Time Trial, Helm Full Face, Helm Leisure dan Helm Kids & Youth.

2.    Sarung Tangan

Berfungsi untuk mengurangi efek getaran akibat jalan yang dirasakan di jalan yang sangat ekstrem. Disarankan menggunakan lapisan bantalan atau busa yang memiliki gel yang banyak dan memiliki gel, karena dapat meredam suara dan getaran lebih baik.

3.   Pompa

Pompa dapat digunakan sewaktu-waktu jika ban kekurangan angin atau kempes. Namun jika bocor dapat diganti dengan ban cadangan. Saat ini pompa yang mudah dan praktis dibawa adalah pompa jenis portable.

4.   Pemutus Rantai

Digunakan untuk memutus dan menyambung rantai sepeda. Karena sangat mungkin rantai dapat terputus tiba-tiba sehingga alat ini perlu untuk dibawa. Alat ini biasanya diletakkan dirantai-rantai yang dirasa bermasalah, antara perlu diganti atau hanya dikencangkan saja.

5.   Tas Khusus

Tas ini diperlukan untuk membawa kebutuhan lain seperti air minum atau yang lainnya seperti ponsel, kamera dan lain sebagainya. Air minum sangat penting peranannya untuk menambah cairan tubuh.  Ukuran tas akan berbeda-beda karena menyesuaikan masing-masing kebutuhan pengendara sepeda. Ada ukuran tas dengan p x l x t yaitu: 40,5 cm x 22 cm x 12 cm.

6.   Baju Khusus

Baju ini di sarankan untuk melindungi dari cuaca panas dan desain elastis dan baju khusus sepeda gunung juga akan menjauhkan Sobat Muncak dari bahaya tersangkut benda-benda asing.

7.   Sepatu Untuk Sepeda Gunung

Karakter sepatu yang digunakan untuk sepeda gunung mirip-mirip dengan sepatu naik gunung. Letak perbedaannya adalah pada telapaknya yang lebih keras dan terdapat besi pengait ditelapak depannya. Sepatu untuk sepeda gunung sudah didesain khusus untuk mengayuh sepeda supaya menjadi lebih mudah, tidak licin dan tetap berada dipedal. Penggunaan sepatu yang pas dan sesuai akan sangat membantu kegiatan pedaling untuk pengendara sepeda gunung khususnya pada medan bebatuan, basah, licin dan sebagainya.

Baca Lainnya:   5 Alat Canggih Untuk Mempermudah Aktivitas Travelling Kamu
8.   Cleat Pedal System

Pedal yang digunakan untuk sepeda gunung memiliki fungsi sebagai pengait ke sepatu. Pedal jenis ini nantinya dapat membantu sepatu agar tidak mudah terlepas dari pedal. Sehingga tenaga dan energi yang disalurkan lebih efisien. Tetapi diperlukan latihan untuk menggunakan pedal ini karena seringkali pengendara sepeda dapat terjatuh jika tidak sempat melepaskan pengait sepatu dan pedal dalam waktu yang tidak ditentukan.

9.   Rescue Tools

Perangkat ini juga sangat penting digunakan untuk menyelesaikan masalah pada sepeda. Biasanya berupa gabungan kunci L dan kunci lainnya yang dapat membantu pengerjaan baut pada sepeda yang kemungkinan kendur dan sebagainya saat menaklukkan trek jalur sepeda gunung.

10.   Ban Dalam Cadangan

 

Membawa ban cadangan sangat disarankan saat melakukan sepeda gunung. Meskipun proses tambal menambal dapat dilakukan tentunya akan lebih mempersingkat waktu jika menggunakan ban cadangan. Pastikan ban yang dibeli telah sesuai dengan ban yang digunakan.

11.   Penahan Lumpur

Dipasang bagian bawah frame, perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Dan sangat berguna bagi Sobat Muncak yang menggunakan kacamata minus.

12.   Kacamata Sport

Sangat disarankan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi mata dari debu, benda-benda tajam, kerikil dan sebagainya. Kacamata sport, khususnya kacamata untuk sepeda gunung didesain khusus sehingga tidak mudah lepas saat digunakan untuk olahraga dan kegiatan outdoor lainnya. Sebagian kacamata sepeda gunung dilengkapi dengan karet dan lensa yang bentuknya cekung agar tidak terbawa angin kencang saat digunakan untuk bersepeda.

13.   First Aid Kit

Sumber gambar : http://www.elegantaffairswa.com/our-blog/2016/3/29/when-a-medical-emergency-happens

Keadaan jatuh atau kecelakaan jenis lainnya saat bersepeda gunung bisa saja terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut peralatan obat-obatan sangat perlu dibawa.Misalnya perekat, obat merah, gunting lipat atau kecil, alcohol dan lain-lain.

Sobat Muncak tiga belas peralatan untuk sepeda gunung di atas disarankan untuk dibawa sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan masing-masing dan salam piknik ya!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *