5 Cara Mengasyikkan Untuk Menghabiskan Liburan

Sudah kemana saja liburan kali ini Sobat Muncak? Masih tiduran di rumah saja? Liburan bisa jadi sia-sia kalau tidak dimanfaatkan dengan benar. Di hari-hari biasa mungkin kita sudah terbiasa melakukan rutinitas yang membosankan, jangan ditambah lagi dengan liburan yang juga membosankan. Banyak hal yang bisa dilakukan saat liburan agar tidak membosankan atau bahkan bisa menjadi sebuah kisah yang tak terlupakan. Kali ini kami akan membagikan 5 cara mengasyikkan untuk menghabiskan liburan. Perhatikan baik-baik dan coba lakukan, dijamin liburan kali ini akan berkesan

1. Lakukan hobi yang tertinggal karena kesibukan

Ulangi hobi yang belum sempat dilakukan karena kesibukan (http://www.biznuspayroll.co.uk/holiday-leave/)

Ulangi hobi yang belum sempat dilakukan karena kesibukan (Sumber: http://www.biznuspayroll.co.uk/holiday-leave/)

Banyak dari kita yang punya hobi tapi terpaksa jarang menyentuh hobinya karena kesibukan yang tak kunjung berakhir. Apa Sobat Muncak salah satunya? Nah, liburan ini merupakan momen yang tepat untuk melakukan hobi itu. Bagi yang suka memasak bisa mencoba berbagai resep-resep baru, terlebih lagi di momen lebaran ini banyak keluarga berkumpul untuk menjadi food taster Sobat. Bagi yang suka berkebun bisa mencoba fokus menanam tanaman yang punya manfaat besar misal untuk bahan makanan sehari hari atau bahkan sesuatu yang kelak bisa dijual untuk tambahan penghasilan. Atau bagi yang suka mainan rakitan seperti Gunpla bisa merakit mainannya yang mungkin sudah dibeli tapi belum sempat dirakit. Dan masih banyak hobi lain yang bisa Sobat lakukan

2. Berolahraga untuk jiwa dan raga yang sehat

Olahraga juga salah satu aktifitas favorit saat liburan (https://www.pexels.com/photo/exercise-hobby-jog-jogger-7432/)

Olahraga juga salah satu aktifitas favorit saat liburan (Sumber: https://www.pexels.com/photo/exercise-hobby-jog-jogger-7432/)

Siapa yang saat ditanya soal olahraga selalu beralasan tidak sempat? Saat liburan tentu banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Bangunlah di pagi hari dan jangan tidur lagi. Cuci muka kemudian keluarlah dari rumah Sobat. Sobat bisa melakukan olahraga yang mudah seperti lari pagi mengitari kampung Sobat, bersepeda ke tempat yang tidak biasa dikunjungi, atau bahkan ikut senam di lingkungan Sobat. Sobat juga mengajak teman-teman Sobat untuk melakukan olahraga lain seperti futsal, badminton, tenis, basket. Olahraga selain berguna untuk menyehatkan badan juga dapat menyehatkan jiwa kalau dilakukan dengan benar. Jangan lupa asupan gizi yang baik setelah berolahraga.

3. Berpetualang lewat buku

Membaca buku dapat menambah ensiklopedi kita dikala santainya pikiran (https://www.pexels.com/photo/business-coffee-cup-data-324129/)

Membaca buku dapat menambah ensiklopedi kita dikala santainya pikiran (Sumber: https://www.pexels.com/photo/business-coffee-cup-data-324129/)

Ada yang bilang bahwa buku adalah jendela dunia. George R. R. Martin, penulis novel yang kemudian diadaptasi menjadi serial Game of Thrones yang terkenal itu bilang kalau orang yang baca buku hidup dalam seribu kehidupan sebelum mati, sedangkan mereka yang tidak hanya memiliki satu kehidupan. Membaca buku adalah cara mudah untuk menghabiskan waktu libur. Untuk membaca sebuah buku membutuhkan waktu yang beragam, beberapa buku habis dalam hitungan jam, buku lainnya bisa habis dibaca dalam hitungan hari. Silahkan baca buku yang Sobat sukai, baik itu novel, komik, atau buku-buku lainnya karena bisa menambah wawasan Sobat tentang dunia. Tidak punya banyak buku? Sobat bisa datang ke perpustakaan atau toko buku di kota Sobat. Tentunya kalau di toko buku jangan baca buku yang masih disegel ya.

Baca Lainnya:   Naik Gunung Pas Puasa? Cek Persiapan yang Perlu Kita Perhatikan

4. Jalan-jalan

Tidak ada salahnya mencoba jalan-jalan untuk mendapatkan suasana baru (https://www.pexels.com/photo/guy-city-looking-person-34051/)

Tidak ada salahnya mencoba jalan-jalan untuk mendapatkan suasana baru (Sumber: https://www.pexels.com/photo/guy-city-looking-person-34051/)

Ingin mengabiskan liburan dengan lebih banyak bergerak? Coba jalan-jalan atau traveling. Sobat bisa coba menjelajah kota lain ala backpacker yang hemat biaya atau jalan-jalan di kota sendiri dengan jalan kaki dan naik kendaraan umum. Dengan berjalan kaki sobat bisa berinteraksi dengan sebuah kota secara lebih dekat. Tidak ada teman berjalan? Sobat bisa melakukannya sendiri. Coba mengobrol dengan penjual makanan di tempat Sobat beli makanan atau dengan penumpang lain dan supir saat naik kendaraan umum. Sobat bisa mendapat banyak kenalan yang bahkan mungkin salah satunya bisa menjadi jodoh Sobat.

5. Nikmati alam Indonesia

Alam Indonesia sangat kaya. Cobalah untuk Sobat nikmati saat liburan (https://pixabay.com/id/bromo-matahari-musim-panas-2089234/)

Alam Indonesia sangat kaya. Cobalah untuk Sobat nikmati saat liburan (Sumber: https://pixabay.com/id/bromo-matahari-musim-panas-2089234/)

Tidak suka udara kota? Jalan-jalanlah ke tempat-tempat yang masih alami. Indonesia memiliki jutaan keindahan alam yang siap untuk didatangi. Alam selalu siap membuat Sobat takjub dan menyegarkan pikiran Sobat dengan cara-caranya. Dekat dengan pantai? Coba habiskan hari di pantai, nikmati indahnya sunrise dan sunset di cakrawala yang tak terhalang apapun, dan berinteraksi dengan nelayan setempat untuk mendapatkan kisah-kisah mereka tentang laut dan perjalanan mereka. Atau Sobat ingin ke tempat yang lebih tinggi untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta? Cobalah naik gunung. Dengan naik gunung, maka Sobat akan dapatmelihat betapa kecil Sobat dialam ini. Udaranya tentu menyegarkan kalau sehari-hari berada di kepadatan kota. Tentunya ingat untuk tidak merusak alam dengan membuang sampah sembarangan dan sebagainya ya.

Nah, itu tadi 5 cara untuk menghabiskan waktu liburan dari kami. Sudah tau kan? Jangan hanya dibaca ya. Semoga bermanfaat.

 

Profile picture from: http://www.biznuspayroll.co.uk/holiday-leave/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *