5 Gunung Pemandangan Sabana Terunik di Jawa

Sudah pernah berkunjung ke sabana? Sabana identik dengan padang rumput di Afrika. Namun tidak perlu jauh-jauh ke sana, sabana bisa ditemukan di Indonesia. Sabana sendiri adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon rendah yang tumbuh menyebar. Sabana biasanya memiliki pemandangan alam yang eksotis. Coba bayangkan Kamu ada di di tengah padang rumput yang hijau, subur dan terbentang luas dengan udara yang sejuk. Kamu bisa rebahan di atas rumput seempuk tempat tidur. Selain itu Kamu bisa mengabadikan foto dengan latar belakang pemandangan indah bersama teman-teman. Muncak mengajakmu untuk melihat gunung apa saja yang memiliki pemandangan sabana terunik di Jawa.

  1. Gunung Merbabu
    Pemandangan indah sabana Gunung Merbabu (Sumber : viapendaki.com)

    Pemandangan indah sabana Gunung Merbabu (Sumber : viapendaki.com)

    Sabana di Gunung Merbabu terlihat sangat luas dengan kontur tanah berkubah. Merbabu memiliki beberapa sabana yang bisa dinikmati saat mendaki via Selo maupun Suwanting. Khusus di jalur pendakian via Selo, terdapat dua sabana, yaitu Sabana 1 dan Sabana 2. Sabana 1 berbentuk memanjang dan menghubungkan antara Pos 3 dan Sabana 2.

    Sabana 2 berbentuk serupa lembah yang dikelilingi perbukitan di sekelilingnya. Bukit tersebut membuat lembah sabana yang biasa digunakan untuk berkemah ini menjadi terlindung dari terpaan angin secara langsung. Rumput yang tumbuh tampak berbeda dengan rumput di sabana lain karena tumbuh teratur membentuk barisan dan menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Adapun edelweiss tumbuh dengan batang yang lebih besar dan tinggi serta dedaunan yang lebih lebat, sehingga dapat digunakan untuk berteduh dari sinar matahari. Saat yang paling tepat untuk menikmati buka edelweiss yang bermekaran adalah di musim kemarau sekitar bulan Juli hingga Agustus.

  2. Gunung Lawu
    Sabana Gunung Lawu (Sumber : wisnutri.com)

    Sabana Gunung Lawu (Sumber : wisnutri.com)

    Jalur pendakian Candi Cetho menjadi jalur favorit karena menghadirkan pemandangan beberapa titik sabana. Salah satunya terdapat sumber air bernama Gupakan Menjangan karena area ini terkadang kita bisa bertemu dengan menjangan yang mendekati sumber air.

  3. Gunung Papandayan
    Sabana Gunung Papandayan (Sumber : www.indonesia-tourism.com)

    Sabana Gunung Papandayan (Sumber : www.indonesia-tourism.com)

    Sabana Tegal Panjang yang terdapat di Gunung Papandayan memiliki luas sekitar 47 hektar. Perlu perjalanan 6 jam berjalan kaki dari basecamp pendakian di Desa Cibutarua. Tegal panjang sering digunakan para pendaki untuk berkemah dan beristirahat di sela perjalanan. Sungai kecil dengan air yang jernih dapat dimanfaatkan sebagai sumber air untuk kebutuhan pendaki. Tinggi dari tumbuhan ilalang mencapai pinggang orang dewasa, bertekstur kasar, sehingga menyakitkan jika bertelanjang kaki.

  4. Gunung Semeru
    Hamparan bunga di Oro-oro Ombo, Gunung Semeru (Sumber : www.nyoozee.com)

    Hamparan bunga di Oro-oro Ombo, Gunung Semeru (Sumber : www.nyoozee.com)

    Oro-oro Ombo, sabana seluas 20 hektar ini ditumbuhi bunga berwarna ungu Verbena Brasiliensis Vell. Inilah keunikan dari sabana di Semeru. Bunga ini terhampar luas di sabana dengan pertumbuhan yang sangat pesat, tetapi keindahan bunga ini dicemaskan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem karena tumbuhan ini adalah spesies pendatang sejak zaman kolonial Belanda. Periode untuk bisa menikmati pemandangan Oro-oro Ombo adalah bulan Juli-Agustus.

  5. Gunung Argopuro
    Pemandangan sore Sabana Cikasur, Gunung Argopuro (Sumber : nuranilia.blogspot.com)

    Pemandangan sore Sabana Cikasur, Gunung Argopuro (Sumber : nuranilia.blogspot.com)

    Argopuro memiliki banyak sabana dengan variasi yang berbeda-beda. Namun sabana yang paling dikenal adalah Sabana Cikasur. Sungai Kolbu menjadi sumber air utama dan di tumbuhi tanaman selada air. Jika beruntung, kita bisa bertemu dengan macan kumbang, lutung, babi hutan dan burung merak. Ditemukan juga situs bersejarah peninggalan Belanda semasa masa colonial berupa reruntuhan bangunan dan landasan pesawat.

Nah Sobat Muncak, itulah 5 gunung dengan pemandangan sabana terbaik di pulau Jawa. Banyak pilihan Sobat sehingga Sobat tidak perlu ragu lagi mencari dan memilih gunung yang memiliki sabana.

Maka dari itu, Muncak.id sebagai penyedia jasa layanan pendakian terbaik sedang membuka trip bagi semua Sobat untuk mendaki ke salah satu gunung yang memiliki sabana yang telah dijelaskan di atas. Apa gunung itu? Ya, Merbabu. Open trip Eksplorasi Merbabu dilaksanakan pada 28-30 Juli 2017, dengan meeting point di Yogyakarta. Sobat akan mendapatkan beberapa fasilitas dan itinerary pendakian yang aman dan menyenangkan. Cek langsung di link trip kami. Daftar sebelum kehabisan, Sobat!

 

Profile picture from: info-wis.blogspot.co.id

Baca Lainnya:   6 Jenis Liburan Alam Yang Patut Sobat Coba

You may also like...

2 Responses

  1. Ali Mahfud says:

    Baru pernah ke sabana merbabu sih dan bagus banget sabananya ada tiga, pernah ke lawu tapi ga lewat jalur yang ada sabananya

  2. Borka says:

    di sabana merbabu, biasanya orang-orang kalau udah sampai sana langsung lari-lari. lupa sama capeknya. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *