5 Tempat Bungee Jumping yang Menantang dan Harus Dicoba di Indonesia


5 Tempat Bungee Jumping yang Menantang dan Harus Dicoba di Indonesia   ̶   Sobat Muncak, ada satu lagi olahraga menantang dan ekstrem yang harus dicoba jika memang Sobat Muncak menyukai tantangan dan memiliki keberanian yang kuat. Nama olahraga tersebut adalah Bungee Jumping sebuah olahraga ekstrem yang mengharuskan pemainnya akan diikat pada ujung kaki atau badan dan melompat dari ketinggian tertentu. Sifat lentur dan keelastisan tali yang digunakan akan melar saat mendapat sentakan dari pemain yang melompat nantinya.

Bungee Jumping terkadang sering disebut Terjun Lenting memang belum terlalu tenar di Indonesia, akan tetapi bukan berarti sulit buat Sobat Muncak untuk menemukan olahraga ini. Di Indonesia sendiri ada beberapa tempat yang sering dijadikan spot untuk melakulan Bungee Jumping, adalah sebagai berikut :

1.    Jalan Arjuna, Seminyak, Bali

Sobat Muncak akan melakukan terjun dari ketinggian sekitar 45 meter dengan keadaan kaki yang terikat tali di kawasan alam Arjuna, Seminyak, Bali ini. Dipastikan Sobat Muncak akan mendapatkan pengalaman dan sensasi yang berbeda saat melakukan Bungee Jumping karena nantinya Sobat Muncak akan melompat dari atas menara yang dilengkapi dengan lift, sehingga Sobat Muncak tidak harus merasa kelelahan menaiki tangga dengan berjalan kaki. Dikenakan tarif sekitar Rp. 990.000 untuk perseorangan dan Rp. 1.850.000 untuk dua orang. Untuk sensasi yang lebih seru Sobat Muncak dapat melakukan Bungee Jumping saat matahari terbenam, maka nanti Sobat Muncak akan mendapatkan pemandangan indah nan cantik.

2.    Jembatan Duwet, Kulon Progo, Yogyakarta

Di Yogyakarta tepatnya di jembatan Duwet, Kulon Progo merupakan salah satu spot untuk Bungee Jumping. Selain digunakan sebagai sarana transportasi, ternyata jembatan Duwet juga digunakan untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut. Peralatan yang digunakan adalah peralatan yang digunakan saat panjat tebing. seperti tali kamantel, dan seat harness. Alat tersebut digunakan karena relatif memiliki harga yang terjangkau tetapi tetap menjamin keselamatan.  Ketinggian dari jembatan ini adalah 60 meter dengan dikenakan tarif yang terbilang cukup murah yaitu, Rp 200.000 saja. Sambil menyelam minum air, pepatah ini cocok Sobat Muncak gunakan saat berkunjung ke sini karena dapat sekalian mampir ke objek wisata Hutan Mangroove baik untuk sekedar berfoto ria atau menikmati keindahan hutan mangroove.

3.    Jembatan Rajamandala, Bandung

Selain digunakan untuk aktivitas Bungee Jumping, jembatan ini merupakan jembatan yang digunakan untuk menghubungkan Bandung Barat dan Cianjur. Peralatan yang digunakan adalah alat panjat tebing yang sama seperti di jembatan Duwet, Kulonprogo,Yogyakarta. Jembatan Rajamandala berada di atas Sungai Citarum, yang berada di Kutalaksana Desa Mandalawangi, Mandalasari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ketinggian dari Jembatan Rajamandala untuk Bungee Jumping kurang lebih 30 meter.

4.   Jembatan Gantung Lau Luhung, Deli,Serdang, Sumatera Selatan

Berlokasi di Desa Durian Tinggung, STM Hulu, Deli, Serdang sangat populer untuk warga sekitar dengan sebutan Titi Gantung STM Huluerada.Tak main-main jembatan ini memiliki ketinggian 120 meter. Adalah komunitas The Hunter Extreme yang sering melakukan olahraga ekstrem Swing Rope yang menyerupai Bungee Jumping. Sobat muncak dapat bergabung untuk melakukan olahraga ekstrem ini dengan syarat jumlah wisatawan sepuluh orang.

5.    Bali Tower, Kuta, Bali

Tepat disekitar Pantai Kuta, Sobat Muncak dapat melakukan Bungee jumping di Bali Tower dengan menara setinggi 45 meter. Setelah itu Sobat Muncak akan dijatuhkan ke dalam kolam renang yang dibuat khusus di bawah menara. Bali Tower ini dibuka dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 12 siang sampai 8 malam. Sedangkan saat akhir pekan dibuka dari pukul 2 siang hingga 6 sore.

Penasaran bukan? Sobat Muncak dapat melakukan olahraga ini tapi tetap harus hati-hati dan mengutamakan keselamatan serta keselamatan.  Sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini jika  Sobat Muncak terindikasi lemah jantung, tekanan darah tinggi karena akan sangat berbahaya dan memiliki resiko tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *