5 Tempat Latihan Climbing Terbaik di Indonesia

Wall Climbing (https://topsy.one)

Wall Climbing


5 Tempat Latihan Climbing Terbaik di Indonesia  ̶  Banyak dari para climber pemula kesulitan mencari-cari tempat latihan climbing terbaik. Tapi masalah itu sekarang sudah ada jawabannya. Nah, bagi kalian yang tinggal di beberapa kota berikut, maka kalian punya akses yang sangat besar untuk bisa berlatih climbing dan meningkatkan skill climbing Sobat Muncak. Ini dia daftar 5 tempat latihan climbing terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan opsi berlatih memanjat.

1.     Dinding Panjat Mapala UI, Jakarta

Dinding Panjat Mapala UI

Dinding Panjat Mapala UI

Siapa yang nggak kenal sama kampus yang satu ini. Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini memang memiliki segudang prestasi. Tak hanya di bidang akademiknya, tapi juga di bidang non akademik. Salah satunya adalah kelompok mahasiswa pecinta alamnya atau yang lebih dikenal dengan nama Mapala UI.

Well, Mahasiswa Pecinta Alam UI ini juga memiliki nama besar dalam kancah pecinta alam di Indonesia. Mereka sudah sering ikut dalam beberapa program pendakian sampai pada pendakian 7 puncak gunung tertinggi di seluruh dunia. Maka tak heran kalau mereka juga punya dinding panjat yang letaknya di daerah Kuningan, Jakarta. Dinding ini dibangun oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia atau disingkat dengan FPTI.

Tempat ini adalah tempat latihan climbing terbaik yang ada di Indonesia. Di tempat ini terdapat 3 tipe dinding yang bisa dicoba. Pertama ada green wall atau dinding vertikal, lalu ada yellow wall atau dinding overhang, dan terakhir ada white wall yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sobat Muncak yang hobi memanjat.

Tempat ini bisa sobat gunakan secara personal dengan membuat surat permohonan ijin atau dengan cara mengikuti kelas berlatih khusus. Kalau sobat Muncak ingin ikut, ada beberapa kelas yang dibuka untuk umum pada weekdays dari jam 5 sore sampai jam 9 malam dan weekend dari jam 9 malam sampai jam 2 siang.

2.     Bremgra Indoor Climbing Gym, Tangerang

Tempat kedua yang bisa dijadikan tempat latihan climbing terbaik di Indonesia terletak di daerah Tangerang tepatnya di Jalan Raya Cilenggang No. 123, BSD City. Dinding panjat yang satu ini ada di dalam gym dan punya ketinggian yang bervariasi. Semua ketinggiannya diciptakan bergantung pada kebutuhan dan kemampuan par pemanjat. Jadi untuk para Sobat Muncak yang berada di sekitar daerah Tangerang mungkin tidak asing lagi dengan tempat ini. Bremgra biasanya membuka kelas berlatih untuk beberapa jenis usia, dari anak kecil sampai dengan dewasa. Biasanya Bremgra dibuka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Baca Lainnya:   5 Langkah Membuat Wall Climbing Sendiri

3.     Dinding Panjat Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Bukan Cuma Jakarta dan Tangerang aja yang punya tempat latihan climbing terbaik di Indonesia, tapi Yogyakarta juga punya. Tepatnya berada di Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII. Kampus yang berada berdekatan dengan Lereng Merapi ini memiliki arena panjat tebing buatan yang berstandar internasional yang digunakan untuk berlatih para mahasiswanya.

Wall climbing ini memiliki tinggi 18 meter dan katanya pembangunanya menghabiskan anggaran sampai 740 juta rupiah! Wow! Dan dikerjakan dalam waktu hanya 5 bulan saja! Dan bagi kamu masyarakat umum yang ingin berlatih disana, mungkin bisa menghubungi Mapala UII untuk bisa mengakses dinding panjat tersebut.

4.    Phyxius Climbing Gym, Surabaya.

Tempat latihan Climbing terbaik yang selanjutnya terletak di Surabaya. Kota yang terkenal dengan klub sepak bolanya ini juga punya kelompok pecinta panjat tebing. Tempat tersebut bernama Phyxius Climbing Gym yang terletak di Jl. Dukuh Kupang Timur XI nomor 21B.

Di Phyxius dinding panjatnya ada 3 lantai. Lantai dasar punya 2 dinding overhang dengan ketinggian sekitar 8 meter, lau ada vertical face wall dengan ketinggian 8 meter, dan sebuah dead hang dengan ketinggian 10 meter. Sementara di lantai atasnya, Phyxius memiliki 2 fingers travers dan juga boulder yang tentunya diperuntukkan untuk pemanjat yang sudah ahli. Lalu dilantai paling atas terdapat overhang, traverse dan juga boulder.

5.     Tokei Ubud Climbing Gym, Ubud, Bali.

Tempat latihan climbing terbaik selain di Surabaya adalah Tokei Ubud Climbing Gym. Yups! Dinding latihan pemanjat ini berada di Bali! Pulau seribu dewa yang memiliki destinasi wisata yang luar biasa indahnya ini juga punya tempat latihan panjat dinding. Pas banget buat sobat Muncak yang lagi liburan di Bali dan ingin latihan atau yang ingin latihan sekaligus liburan. Terletak di Jl. Raya Andong, Ubud, Tokei memiliki bouldering wall setinggi 4.5 meter dan juga vertical wall dan sebuah overhang wall yang pas untuk sobat Muncak gunakan sebagai tempat latihan.

Jadi itu adalah daftar 5 tempat latihan climbing terbaik yang ada di Indonesia yang berhasil dihimpun oleh kawan-kawan dari Muncak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat Muncak Pecinta Climbing dan tetap selalu ingat bahwa semua yang kalian lakukan dengan sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang maksimal. Ingat, jangan Cuma manjat dinding aja yang ahli, manjat hati gebetan juga harus dikebut!! Pisss!!!

Semangat sobat Muncak!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *