5 Tempat Seru Mountain Bike di Indonesia


5 Tempat Seru Mountain Bike di Indonesia   ̶   Mountain Bike atau sepeda gunung atau sering juga disebut downhill adalah salah satu olahraga oudoor ekstrem yang asik dan seru. Mengayuh sepeda, menuruni gunung yang terjal dan penuh tantangan dan memacu adarenalin sambil melihat pemandangan alam yang dapat menyegarkan mata merupakan bagian dari sepeda gunung.

Di Indonesia terdapat banyak sekali tempat asik dan seru yang digunakan sebagai jalur untuk sepeda gunung. Jalur-jalur tersebut memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Apakah Sobat Muncak juga menyukai olahraga ekstrem yang satu ini? Dan merasa tertarik atau ingin mencoba, sekaligus penasaran di mana saja tempat-tempat tersebut? Berikut adalah tempat seru untuk sepeda gunung di Indonesia.

1.   Trek Cihuni Tangerang

Terdapat satu trek hill park yang dapat dinikmati untuk pecinta olahraga sepeda gunung. Hill Park 1 terletak di sebuah bukit di desa Cijantra, Tangerang. Penduduk sekitar menyebut bukit tersebut dengan nama Gunung Batu. Memiliki panjang kurang lebih 4 km para peserta sepeda gunung dapat menikmati tanjakan dan turunan yang saling bersambung tanpa adanya jalur landai. Ada juga jalur yang menyerupai roller coaster meskipun tidak terlalu tinggi tapi dapat menguji mental dan keberanian peserta terutama untuk pemula. Setelah dimodifikasi dan dikembangkan lebih lanjut trek Cihuni menjadi lebih menantang.

2.    Trek Tlogo, Salatiga

Terletak di kawasan Bukit Rong, Tlogo, Salatiga, Jawa Tengah. Trek ini dikenal sebagai arena baru sekitar pada tahun 2015 lalu. Saat musim hujan atau basah trek ini akan sangat licin dan saat kering kondisi jalannya terasa seperti pasir lepas sehingga pembalap harus pandai-pandai menggunakan rem dalam trek ini.   Lintasan  trek Tlogo memiliki panjang  kurang lebih 1900 meter dengan berbagai obstacles menantang,  termasuk jembatan dengan panjang mencapai sembilan belas meter.

Baca Lainnya:   Bukit Klangon, Downhill Baru di Lereng Merapi

3.    Trek Umbul Sidomukti, Semarang

View dari Trek Umbul Sidomukti, Semarang

Berlokasi di desa Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah sehingga pemandangan Gunung Ungaran dapat terlihat luar biasa dari trek ini. Memiliki luas 36 hektare trek ini sudah digunakan sebanyak dua kali dalam gelaran Indonesian Downhill (IDH) pada tahun 2013 dan 2014. Panjang trek kurang lebih 1.650 km dengan elevasi total 195 m. Starting gate berada diketinggian 1200 mdpl dengan jalur loading beton dari start sampai finish. Konsep awal dari trek ini adalah non-pedalling dan tetap aman untuk peserta sepeda gunung. Pihak pengelola menghindari adanya gap jump serta obstacle yang berbahaya. Sebagai konsekuensinya maka dibangun tiga jembatan beton permanen di area trek.

4.    Jalur Secret Track, Bali

Trek ini menjadi pilihan dominan diantara banyak pilihan trek yang lainnya. Titik awal Secret Track merupakan daerah pegunungan yang berada di Bukit Penulisan-Tianyar, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dengan titik dan start berupa gunung dan finish di pantai. Estimasi keberangkatan dari Denpasar dapat ditempuh mobil sekitar 150 menit. Puncak jalur ini berada diketinggian 1400 mdpl dengan jarak sekitar 16,5 km menuju finish di tepi pantai 0 dpl. Di beberapa titik peserta sepeda gunung dapat menikmati keindahan gunung Batur.

5.    Trek Wonogondang, Yogyakarta

Berada di Bumi Perkemahan Wonogondang, Umbulharjo, Sleman tepatnya di kawasan lereng Merapi. Trek ini awalnya murni terbentuk alami tanpa campur tangan manusia. Karena mulai dipakai sebagai lintasan kejuaraan untuk sepeda gunung maka kini tidak secara keseluruhan dibiarkan alami. Hal ini dilakukan untuk mempertimbangan faktor resiko dan keamanan para peserta sepeda gunung. Sehingga lintasan downhill ada beberapa yang dirubah.  Trek downhill yang berada di lereng Merapi ini dibuat sepanjang 1,6 km dengan tingkat elevasi yang rendah dan 30 hingga 40 persennya pedalling.

Bagaimana Sobat Muncak penasaran dan merasa tertantang untuk mencoba trek sepeda gunung di atas? Yuk langsung berangkat dan siapkan peralatan kamu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *