6 Jenis Liburan Alam Yang Patut Sobat Coba

Alam merupakan rahmat dan anugerah dari Sang Kuasa. Alam boleh dinikmati oleh siapapun yang hidup di dunia ini, dengan syarat untuk tidak merusaknya. Dengan menikmati alam, maka jiwa sobat akan merasa lebih tenang karena merasakan bagaimana jiwa kita menyatu dengan alam. Seolah-olah tidak ada hal yang menghalangi kita bercengkerama dengan alam. Kita akan jauh dari yang namanya hinggar bingar kota dan aktivitas yang rutin setiap hari. Lalu apa saja kah wisata di alam yang bisa kita lakukan? Dari daftar di bawah ini berapa yang sudah sobat coba merasakan? berikutĀ 6 jenis liburan alam yang patut sobat coba:

 

  1. Wisata Gunung
Mountain

Seorang pria mendaki gunung (Sumber: https://static.pexels.com/photos/31905/pexels-photo.jpg)

Apabila sobat berpikir kita cuma bisa mendaki atau trekking saja di gunung, maka itu salah besar. Karena wisata digunung tidak hanya mendaki saja, ada banyak hal yang dapat dilakukan disana. Mulai dari memanjat tebing, bersepeda gunung, sky running, bermain ski, ice climbing, dan juga tentunya trekking. Memang tidak semua gunung dapat dilakukan aktivitas – aktivitas tersebut, tergantung dari jenis gunungnya itu sendiri. Di Indonesia, aktivitas yang paling sering dilakukan adalah trekking, karena medan gunung yang sangat memungkinkan untuk hal itu. Gunung di Indonesia terbilang indah bagi sebagian wisatawan mancanegara, karena di Indonesia mereka dapat melihat golden sunrise yang sangat cantik. Tidak seperti di benua Eropa, yang gunungnya lebih dominan salju.

Oleh karenanya gunung Indonesia yang memiliki keeksotisan tertentu (seperti Semeru dan Rinjani) adalah gunung yang dikenal oleh pendaki internasional. Dan tidak heran kalau sekarang banyak menjamur biro dan jasa perjalanan pendakian di Indonesia (atau yang biasa dikenal dengan Open Trip), dengan tujuan memfasilitasi para pendaki untuk mendaki secara aman dan menyenangkan.

 

  1. Wisata Hutan
Forest

Pendaki wanita bersama tenda di hutan (Sumber: https://static.pexels.com/photos/30915/pexels-photo-30915.jpg)

Berbeda dengan gunung, hutan memiliki karakteristik sendiri. Daerahnya yang lebih landai dari gunung, dan biasanya jangkauannya lebih luas, kita memiliki banyak aktivitas pilihan untuk berwisata disana. Di hutan kita dapat melakukan safari satwa liar, camping, memanjat pohon, adventure park, orienteering dan paintball. Banyaknya satwa liar sebaiknya diwaspadai dalam berwisata di hutan. Di samping itu, Tentu ketika kita berwisata di hutan, kita tetap harus menjaga lingkungan hutan agar tidak rusak dengan aktivitas wisata kita.

Baca Lainnya:   Pemandu Gunung, Penting Ngga Sih?

 

  1. Wisata Laut dan Pantai

Dari hutan kita berpindah ke laut. Ketika berbicara tentang wisata di laut, maka otomatis aktivitasnya berkaitan dengan air dan air. Contohnya snorkeling, snorkeling atau selam dangkal adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan peralatan berupa masker selam atau snorkel. Pemandangan di bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernafas melalui snorkel. Selain snorkeling kita dapat melakukan scuba diving, parasailing, memancing, selancar, berenang, dan lain sebagainya.

 

  1. Wisata Air Tawar

Berbeda dengan di laut, wisata di air tawar biasanya berada pada area perairan darat. Danau dan sungai merupakan lokasi utama wisata air tawar. Di air tawar kita dapat memancing ikan, melakukan arum jeram di sungai yang memiliki arus dan bebatuan, bermain kayak, canoeing, berenang, waterskiing, ataupun jetskiing. Banyak sekali tempat wisata air tawar ini di Indonesia, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki wisata jenis ini.

 

  1. Wisata Aero

Berbeda dengan yang sebelumnya, wisata ini dilakukan di udara, menggunakan alat alat untuk terbang menikmati alam lewat ketinggian. Contohnya adalah gliding, gliding adalah mengendarai pesawat yang biasanya digunakan untuk penerbangan tanpa mesin. Kemudian balooning yang menggunakan balon udara untuk terbang pada ketinggian tertentu. Contoh contoh yang lain adalah paramotoring, skydiving, dan wingsuit flying. Bagi sobat yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian, maka wisata jenis ini layak untuk dicoba.

 

  1. Wisata Sejarah dan Budaya

Untuk yang terakhir ini, wisata lebih diarahkan untuk belajar dan mengetahui hal hal yang berkaitan dengan kebudayaan suatu tempat, dan juga sejarah. Kita bisa mendatangi peninggalan peninggalan bersejarah yang masih ada sekarang. Wisata ini sangat menarik bagi orang-orang yang selalu ingin menambah wawasannya. Tentu, negara kita sangat banyak memiliki wisata ini karena Indonesia dianugerahi oleh Tuhan berbagai macam budaya dari sabang sampai merauke.

 

Itu tadi jenis-jenis wisata alam yang dapat kita lakukan. Mana wisata yang paling mengasyikkan menurut sobat? Atau ada jenis wisata alam lain yang belum dituliskan di atas? silakan tulis di kolom komentar?

 

Profile picture from: https://static.pexels.com/photos/67448/pexels-photo-67448.jpeg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *