6 Peralatan Surfing yang Wajib Sobat Punya


6 Peralatan Surfing yang Wajib Sobat Punya  ̶   Sobat bosan dengan olahraga yang berbau travelling tapi gitu-gitu aja? Atau Sobat perlu olahraga penuh adrenalin dan penuh tantangan? Yups bila Sobat mencari kriteria olahraga seperti itu jawabannya ada di olahaga Surfing. Surfing ialah olahraga yang erat kaitannya dengan adrenalin dan tantangan. Bagaimana tidak, Sobat bisa menari-nari diatas ombak lautan ganas yang bisa saja memakan tubuh Sobat kapan saja. Tapi tenang, surfing tidak semengerikan itu, karena pada dasarnya sebelum surfing haruslah paham terlebih dahulu teknik-teknik dalam surfing seperti mengayuh papan selancar dan berdiri di papan selancar saat ombak datang. Tapi apa fungsinya teknik surfing yang bagus bila tidak diimbangi dengan perlengkapan-perlengkapan surfing yang memadai. Nah pada artikel ini akan diulas tuntas tentang persiapan perlengkapan sebelum Sobat surfing. So, baca sampai habis artikel ini ya Sobat!

Adapun perlengkapan surfing yang musti Sobat siapkan sebelum surfing adalah:

   1.    Boardsurf

Boardsurf atau papan selancar ialah peralatan utama yang musti Sobat miliki sebelum surfing. Disarankan Sobat musti sesuaikan tinggi dan berat badan Sobat dengan boardsurf pilihan Sobat terkait tinggi, panjang dan lebar boardsurf. Bagi pemula disarankan memilih boardsurf yang mudah mengapung. Untuk pemilihan tinggi boardsurf haruslah tinggi boardsurf melebihi tinggi badan Sobat. Lebar boardsurf disesuaikan saja dengan tubuh Sobat, sementara untuk bentuk tidak begitu penting sehingga Sobat bisa pilih bentuk Boardsurf sesuai keinginan hati Sobat.

2.    Fins

Fins atau sirip ialah pelengkap dari boarsurf. Bentuknya seperti sirip ikan hiu. Fungsi fins ini ialah untuk mengatur laju dan arah boarsurf. Jenis Fins ada beragam dan pemilihan fins tergantung ombak yang dihadapi. Selain itu karakter dari surfer juga menentukan pemilihan fins karena untuk mendapatkan kenyamanan surfing para surfer biasanya sering mencoba berbagai fins dan dipilih mana yang cocok untuk digunakan diombak yang akan dihadapi.

Baca Lainnya:   5 Alat Canggih Untuk Mempermudah Aktivitas Travelling Kamu

3.    Wax

Wax ini adalah semacam perekat yang digunakan pada boardsurf. Wax ini memiliki fungsi agar kaki selalu rekat dengan boardsurf. Wax dioleskan di dek boardsurf, sehingga saat Sobat melakukan surfing ada daya lekat antara kaki Sobat dengan boardsurf.

4.    Leash

Leash atau tali kaki ini boleh dibilang perlengkapan yang sangat penting saat surfing. Leash berfungsi sebagai tali yang  yang menempel di kaki. Hal ini dilakukan agar saat Sobat jatuh dari boardsurf karena terkena ombak, jarak pisahnya tidak terlalu jauh antara Sobat dengan boardsurf. Panjang pendeknya leash yang digunakan tergantung boardsurf yang digunakan. Bila boardsurf nya longboard maka ada baiknya menggunakan tali yang panjang, sementara pada shortboard, gunakanlah tali yang pendek. Hal itu disinkronkan karena bila yang Sobat gunakan ialah shortboard dan gunakan tali yang panjang maka bila Sobat terjatuh akan terbentuk jarak yang jauh antara boardsurf dengan Sobat.

5.   Rashboard

Rashboard ialah baju surfing. Baju ini didesain untuk melindungi Sobat dari panas teriknya matahari. Selain itu dengan menggunakan Rashboard maka pergerakan Sobat saat di boardsurf makin dinamis. Rashboard juga didesain seperti baju selam sehingga bisa berguna bila Sobat terjatuh dari boardsurf karena terkena Ombak yang besar.

6.    Boardshort

Boardshort ialah celana surfing. Apa yang menjadi pembeda Boardshort dengan celana pendek lainnya? Yups perbedaanya ialah di fungsinya. Dengan Boardshort Sobat akan tidak merasa risih karena celana surfing ini didesain cepat sekali kering. Jadi dengan Boardshort Sobat akan nyaman dalam berolahraga surfing.

Itulah 6 perlengkapan yang musti Sobat pahami dan persiapkan sebelum melakukan Surfing. Karena dengan perlengkapan yang lengkap serta ditunjang teknik surfing yang memadai, surfing Sobat akan terasa lebih seru dan tentunya lebih menantang dan memacu adrenalin Sobat. So, selamat surfing Sobat, jangan lupa persiapkan perlengkapan surfing mu ya Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *