6 Tempat Seru buat Rafting di Indonesia

Keseruan rafting bersama teman


6 Tempat Seru buat Rafting di Indonesia     ̶     Olahraga air bagi sebagian orang adalah olahraga yang menyenangkan terlebih jika itu sudah menjadi hobi. Sobat Muncak yang memiliki nyali besar dapat mencoba salah satu olahraga air yang ekstrem satu ini. Arung jeram atau lebih sering dikenal dengan nama rafting patut dicoba oleh Sobat Muncak sekalian. Mengarungi sungai yang berarus deras, menantang jeram demi jeram, melewati tantangan batu-batu kali yang menghadang, menenteng dayung sebagai senjata dan mengenakan perlengkapan lengkap serta aman adalah bagian dari arung jeram atau rafting. Rafting sebagai olahraga kelompok sangat mengandalkan kekompakan tim secara keseluruhan. Kerjasama yang terjalin nantinya menjadi faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai.

Biasanya lokasi yang sering dijadikan tempat untuk olahraga ini adalah sungai-sungai yang memiliki kriteria tertentu dan seru buat tempat rafting. Sungai yang dijadikan tempat rafting biasanya tidak digunakan untuk rekreasi karena harus memperhatikan faktor keamanan peserta rafting. Di Indonesia ada banyak sekali lokasi rafting yang seru dan menantang, berikut telah dirangkum 6 tempat seru buat rafting di Indonesia untuk Sobat Muncak.

1.   Sungai Ayung, Ubud, Bali

 

Arus sungai yang ditawarkan dari sungai Ayung ini bersifat rekreasi dan cocok buat pemula.  Selain itu, yang menarik dari sungai Ayung ini adalah adanya ukiran atau pahatan pada tebing sungai yang sangat indah. Ukiran pada tebing sungai Ayung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Sobat Muncak juga dapat berfoto-foto dengan latar belakang ukiran pada tebing sungai dengan panjang hingga ratusan meter. Untuk menikmati arung jeram di Sungai Ayung Ubud Bali dapat dikenakan biaya mulai dari Rp. 275.000- Rp. 350.000 per orang dari usia 7-65 tahun disesuaikan dengan paket wisata yang dipilih.

2.    Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

Berlokasi di desa Pare, Blondo, Kelurahan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, sungai Elo ini cocok buat pemula. Tingkat kesulitannya berada di grade II-III dengan jarak tempuh kurang lebih 12 kilometer. Diperlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengarungi sungai Elo. Arus sungai dari sungai Elo menciptakan sensasi dan adrenalin yang cukup liar. Dikenakan biaya mulai dari Rp 650.000 untuk 6 orang untuk menikmati sensasi rafting di Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah ini disesuaikan juga dengan pilihan paket yang dipilih.

Baca Lainnya:   11 Peralatan Penting Untuk Rafting

3.    Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Berada di grade III sungai CItarik masih diperbolehkan buat pemula asalkan dengan ditemani oleh pemandu. Jalur bebatuan menjadi ciri khas sungai Citarik. Terdapat paket dengan jarak bervariasi mulai dari 5 km, 9 km, 13 km, hingga yang terjauh adalah 17 km. Harga dan fasilitas berbeda yang disesuaikan dengan penyelenggara jasa rafting.  Sobat Muncak dapat merogoh kocek mulai dari 215.000 untuk menikmati arung jeram di sungai Citarik. Harga tersebut disesuaikan dengan jarak tempuh dan paket wisata yang diinginkan.

4.    Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Berkunjung ke Manado, Sulawasi Utara Sobat Muncak dapat mencoba Sungai Nimanga sebagai destinasi rafting selanjutnya. Tantangan dari sungai ini adalah adanya jeram setinggi 4 meter. Dibutuhkan kekompakan dan nyali yang besar untuk dapat melewatinya. Biaya yang diperlukan untuk rafting di Sungai Nimanga mulai dari Rp 475.000 dengan tetap menyesuaikan pada fasilitas yang diinginkan.

5.   Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur

Ada deretan gua-gua kelelawar dan air terjun yang menjadi wisata alam sekaligus kelebihan rafting di sungai Pekalen, Jawa Timur, Berada di grade V sungai ini menjadi sungai yang cukup ganas bagi pecinta rafting karena arusnya kuat dan deras. Tentu tidak mudah untuk melewatinya jika tidak barengi kekompakan dalam tiap kelompok. Harga yang ditawarkan untuk rafting di Sungai Pekalen mulai dari Rp. 300.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 400.000 untuk wisatawan mancanegara.

6.    Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam

Sungai Alas menawarkan arus yang deras dan memiliki belokan yang tajam. Diperlukan kerjasama tim, stamina dan nyali agar dapat berhasil mengarungi sungai ini. Tidak hanya menawarkan arus jeram yang menantang, pemandangan di tepi sungai masih sangat asri karena diapit oleh hutan-hutan menjadi daya tarik sungai Alas selain untuk rafting. i karena diapit oleh hutan-hutan menjadi daya tarik sungai Alas selain untuk rafiting.  Biaya arung jeram di Sungai Alas dapat merogoh kocek mulai dari Rp. 150.000 dengan menyesuaikan fasilitas yang dipilih.

Bagaimana Sobat Muncak merasa tertantang dan penasaran? Langsung datang dan rasakan sensasi yang diberikan oleh sungai-sungai yang ada di Indonesia tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *