6 Tokoh Politik Indonesia yang Diam-Diam Gemar Mendaki

Sobat, secara definisi awam, tokoh politik ataupun politisi adalah seseorang mengurusi masalah politik yang berkaitan dengan pemerintahan dan negara. Mereka benar-benar berkutat pada tugas dan fungsi pemerintahan, yang  nantinya memiliki tujuan bersama untuk melanjutkan pembangunan negara dan mensejahterakan bangsa ke arah yang lebih baik.

Nah, kaitannya dengan pendakian ternyata beberapa tokoh politik negara kita ada yang suka mendaki. Dari tokoh politik ini, mereka terdiri dari unsur dan tingkatan pemerintahan yang bermacam-macam, bahkan ada juga yang diluar itu.

Maka tidak perlu berlama-lama lagi, inilah 6 tokoh politik Indonesia yang diam-diam gemar mendaki tersebut:

 

  1. Joko Widodo (Presiden RI)

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Sumber: ProfilBos)

Ternyata bapak presiden kita adalah seorang pecinta alam. Pak Jokowi, begitulah sapaannya, adalah seorang mahasiswa pecinta alam saat di bangku kuliah. Pak Jokowi bergabung dengan klub Mapala fakultas Kehutanan yang dikenal dengan Mapala Silvagama UGM. Saat masih menjadi mahasiswa, penampilan pak Jokowi sama-sama kurus namun lebih nyentrik. Pak Jokowi pernah mendaki beberapa gunung di Indonesia lho Sobat, dan yang paling jauh adalah Gunung Kerinci yang berada di Jambi. Pak Jokowi juga mengaku merindukan kegiatan pendakian meskipun sekarang sedang menjabat sebagai Presiden. Wah, yuk Sob dukung Pak Jokowi mendaki lagi hehe.

Inilah bukti foto Pak Jokowi saat menjadi pecinta alam:

Jokowi Silvagama

Foto Pak Jokowi saat bersama teman-teman menuju Gunung Kerinci. Pak Jokowi adalah yang jongkok nomor 2 (Sumber: Okezone)

Pak Jokowi

Pak Joko Widodo saat masih aktif mapala (Sumber: URI)

 

  1. Alm. Widjajono Partowidagdo (Mantan Wakil Menteri ESDM)

Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo

Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo (Sumber: Republika)

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini, anak gunung pasti tau. Bapak Widjajono adalah wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat kepemimpinan kabinet Presiden SBY. Beliau adalah salah satu pejabat lingkungan eksekutif yang sangat gila terhadap gunung, meskipun saat itu masih menjabat sebagai wakil Menteri. Praktis sejak SMA, puluhan gunung di Indonesia sudah beliau daki, bahkan sampai luar negeri seperti Himalaya dan Kilimanjaro. Namun sayang, Pak Widjajono meninggal di tahun 2012 saat beliau mendaki Gunung Tambora dikarenakan kelelahan. Sebagai pecinta alam, mari berikan respect yang besar untuk beliau.

Inilah bukti foto Pak Widjajono saat mendaki gunung:

Pak WIdjajono

Pak Widjajono saat mendaki Gunung Kinabalu yang berada di Malaysia (Sumber: Berita Lingkungan)

 

  1. Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial)

Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Sumber: Harian Terbit)

Tidak disangka-sangka, inilah Menteri perempuan pertama yang suka naik gunung. Bu Khofifah, dulunya juga seperti pak Jokowi, adalah seorang mahasiswa pecinta alam yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impala) Universitas Airlangga. Beliau mengaku hampir semua gunung di Jawa Timur sudah beliau daki, termasuk Gunung Arjuna, Welirang dan Semeru. Keaktifannya sebagai pecinta alam terbangun karena beliau juga seorang aktivis pergerakan mahasiswa di PMII. Sehingga tidak heran jika Bu Khofifah adalah seorang Menteri yang paling emansipatif. Salut!

Baca Lainnya:   Gunung Bukanlah Tempat Sampah

Sayang, untuk fotonya dan bukti kebenarannya belum bisa dibuktikan, karena memang susah sekali menemukan foto semasa mudanya.

 

  1. Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: Tempo)

Baru-baru ini beredar foto sekumpulan para pendaki yang sedang istirahat di Gunung Sindoro lho Sobat. Yang unik, foto tersebut adalah bukti otentik bahwa terdapat seorang pemuda yang wajahnya mirip bapak Ganjar. Dan saat dikonfirmasi, ternyata pemuda tersebut memang Pak Ganjar. Foto tersebut diambil pada tahun 1988 dan penampilannya terlihat muda dengan topi disertai rambut gondrong yang hitam (sekarang dominan putih hehe). Pak Ganjar asli Purworejo, namun diketahui sejak SMA sudah berpindah ke Yogyakarta dan kemudian melanjutkan di Fakultas Hukum UGM. Wah diam-diam juga suka mendaki ya, Pak.

Ya, dan inilah bukti foto Pak Ganjar saat mendaki bersama teman-temannya:

Pak Ganjar Muda bersama teman-teman

Pak Ganjar yang memakai topi, urutan dua dari atas (Sumber: Instagram Pecinta Alam&Lingkungan Pakci)

 

  1. Umar Arsal (Anggota DPR RI Fraksi Demokrat)

DPR RI Umar Arsal

DPR RI Umar Arsal (Sumber: Post Metro)

Anggota DPR RI daerah pilihan Sulawesi Tenggara ini diam-diam juga suka mendaki gunung. Namun tidak seperti yang lain, pengalaman mendakinya terlampau jauh menuju puncak tertinggi di benua Eropa. Ya, mana lagi kalau bukan Gunung Elbrus, di perbatasan Rusia. Pak Umar mendaki bersama teman lamanya semasa kuliah di Universitas Hassanudin, dan pendakian beliau ke Elbrus dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 pada tahun 2016 kemarin. Alhasil, pak Umar dan kawan-kawan dapat mengibarkan sang saka Merah Putih di puncak Elbrus. Selamat!

Ini adalah buktinya:

Umar Arsal bersama teman-teman

Umar Arsal bersama teman-teman mendaki gunung Elbrus. Posisinya empat dari kanan, memakai celana hijau dan kalung kuning (Sumber: Zona Sultra)

 

  1. Soe Hok Gie (Aktivis era Soekarno-Soeharto)

Soe Hok Gie

Soe Hok Gie waktu muda (Sumber: Edunews)

Memang Gie bukan pejabat ataupun elemen pemerintahan di Indonesia, namun orang lebih mengenal Gie sebagai tokoh inspirasi politik Indonesia. Kenapa? Karena semasa hidupnya beliau selalu melawan ketidakadilan dan mengkritik kediktatoran pemerintah melalui hobinya sebagai penulis. Kekritisan beliau bahkan sempat memberi warna dalam percaturan politik saat itu. Lalu apa hubungannya dengan gunung? Ya, Gie adalah salah satu pendiri Mapala UI, dan Gie sangat cinta dengan alam dan kesunyian. Beliau meninggal pada tahun 1969 di Semeru karena menghirup gas beracun. Dan berkat karyanya yang memiliki pesan tersirat, tidak sedikit pendaki yang menjadikan beliau sebagai panutan mereka. Mantap. Hidup Perjuangan!

Inilah foto pendakian beliau yang masih tersisa:

Soe Hok Gie

Soe Hok Gie bersama teman-teman waktu di Gunung Gede Pangrango, Gie berada di atas (Sumber: Detik.com)

 

Profile picture from: Instagram Mapala Silvagama UGM (instagram.com/mapalasilvagama)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *