7 Surga Diving Di Laut Indonesia!

Keindahan saat diving

Keindahan saat diving


7 Surga Diving Di Laut Indonesia!  ̶  Bukan bualan belaka bila laut Indonesia merupakan surga yang benar-benar ada didunia. Laut Indonesia menjadi primadona wisata baik untuk turis lokal maupun turis mancanegara. Laut Indonesia memiliki beranekaragam biota laut yang membuat mata kita takjub menyaksikannya. Hal tersebut membuat laut Indonesia menjadi tempat yang pas untuk lakukan diving. Diving ialah olahraga menyelam hingga ke dasar laut untuk melihat keindahan yang ada disana. Berikut bila Sobat sedang mencari referensi lokasi diving yang indah di Indonesia maka Muncak.id akan memberikannya 7 surga diving di Indonesia diantaranya :

 1.   Bunaken – Sulawesi Utara

Bunaken bukanlah nama asing bagi pecinta diving di Indonesia. Lautan Bunaken memang terkenal indah. Bunaken berada diteluk Manado, wilayah laut ini telah ditetapkan menjadi Taman Nasional Bunaken dan Taman Laut Bunaken. Taman laut Bunaken akan benar-benar memanjakan mata kita dengan keindahan biota laut yang ada disana, dimulai dengan keindahan ikan hias, ikan purba choelacanth, dive spot ini dapat digunakan diving yang kedalamannya bervariasi hingga 1.344 m dan memiliki 20 dive spot.  Bila Sobat ke Manado pastikan diving di Bunaken ya Sobat.

2.   Derawan – Kalimantan Timur

Apabila Sobat main ke Kalimantan Timur tidak lengkap rasanya bila tidak nyelam dilaut Derawan.  Derawan ialah pulau yang sangat indah yang berada digugusan pulau disekitarnya. Total gugusan pulau ada 31 pulau. Dan diantara banyaknya pulau, yang cukup terkenal diantaranya ialah Pulau Maratua dan Pulau Kakaban. Bahkan dipulau Kakaban Sobat akan bisa berenang dengan ubur-ubur dan penyu yang tentu Sobat-able deh!

3.   Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Lautan Sulawesi juga tidak mau kalah tunjukan pesona keindahannya. Pesona tersebut bernama Wakatobi. Wakatobi berada di selatan pulau Sulwesi yang dikelilingi oleh pulau-pulau seperti Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Keindahan Wakatobi sudah tidak bisa dibantah lagi Sobat, bahkan berkat keindahannya Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO. Jika Sobat ke Wakatobi siap-siap terus bersyukur deh sama keindahan ciptaan Tuhan. Hehe.

4.    Alor – NTT

NTT bangga punya Alor. Alor sangat indah untuk tempat diving. Alor sendiri memiliki 30 lokasi dive spot. Pesona Alor akan terumbu karangnya yang bermacam-macam dan dijamin akan memanjakan mata. Mata Sobat pun selain dimanjakan oleh karang, juga akan dimanjakan oleh biota laut disana yang tentunya sangat welcome kepada kita diantaranya Hiu karang, Penyu, Moray Eels, Rays, Napoleon, Dog-tooth Tuna, dan Barakuda.

Baca Lainnya:   Tanjung Benoa, Tempat Diving Murah Untuk Pemula di Bali

5.    Bali

Tidak kaget apabila Bali menjadi primadona kota yang paling sering dikunjungi oleh turis lokal ataupun mancanegara. Bali memang sangat indah. Namun keindahan Bali akan semakin indah bila Sobat mengetahui isi didalam lautnya. Yup, Bali juga punya spot-spot diving. Spot diving Bali diantaranya : Nusa Penida (Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, Batu Meling, Toyapakeh, Batu Lumbung, Crystal Bay, dan Malibu Point); Amed (Tebing Laut Amed, Teluk Lipah, Gili Selang); Tulamben (Bangkai Kapal Liberty, Coral Garden, Batu Kelebit, Seraya Secrets, Kubu Reef); Sanur (Jeladi Willis, Sanur Bay, Penjor Reef); Pulau Menjangan (Secret Bay, Pemuteran, PJ), Pantai Timur Bali (Amuk Bay, Gili Biaha, Gili Tepekong, Gili Mimpang, Blue Lagoon). Jadi kalau kalian ke Bali, jangan lupa diving ya Sobat!

6.    Pulau Komodo – NTT

Pulau Komodo bukan saja tentang keberadaan hewan purba Komodo, namun juga ekosistem lautnya yang tidak kalah indah. Spot diving terindah disekitar Pulau Komodo ialah Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, Batu Tiga, Manta Point. Sobat akan sering menemui ikan badut, hiu karang, penyu, hingga barakuda. Topografi bawah laut dive spot Komodo pun juga sangat menarik, mulai dari reef flat hingga wall.  Kalau diving di Pulau Komodo, tidak rugi deh Sobat!

7.   Raja Ampat – Papua Barat

Apabila Sobat ingin benar-benar melihat surganya laut Indonesia, maka divinglah ke laut Raja Ampat. Raja Ampat berada di Papua Barat yang memiliki 610 kepulauan. Empat dari 610 pulau di antaranya yang cukup besar pulaunya ialah Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.  Diantara pulau tersebut merupakan lokasi terbaik untuk menyelam dikarenakan memiliki keanekaragaman biota laut yang variatif dan tertinggi di Indonesia. Hal tersebut tidak heran membuat lautan Raja Ampat diakui oleh Indonesia ataupun dunia tentang keindahan bawah lautnya. Di lautan Raja Ampat terdapat 537 spesies terumbu karang, lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Spot diving terindah disini ialah Mansuar Island, Chicken Reef (gugus terumbu karang dengan arus kuat di atas tapi tenang di dalam), Mike’s Point, Manta’s Point (Pulau Arborek),  dan Blue Magic. Jadi, apabila Sobat ada uang lebih untuk liburan, yuk ke timur Indonesia untuk merasakan surga bawah laut Raja Ampat!

Itulah beberapa spot diving terbaik dinegeri ini dan tentunya tempat-tempat diatas bisa membantu Sobat bila sedang mencari referensi tempat diving. Karena bila belum diving, Sobat belum bisa melihat indahnya Indonesia yang sesungguhnya. Tunggu apalagi, ayo diving!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *