Apa Bedanya Pemandu Gunung Lokal dan yang Profesional?

Hai sobat Muncak, pernah ingin memakai jasa pemandu gunung untuk menemani pendakian sobat? Hal yang pertama sobat lakukan pastilah browsing di Internet mengenai tawaran jasa pemandu gunung atau nggak nanya ke orang sekitar sobat mengenai penyedia jasa pemandu gunung. Setelah sobat mendapatkan info pemandu gunung lalu tinggal pilih deh mana pemandu yang dimau. Wait… Wait… tunggu sebentar sobat. Sebelum memilihnya jangan lupa pastikan dulu pemandu yang dipilih adalah pemandu yang profesional. Jangan asal pilih ya sob, karena bisa aja pemandu yang sobat pilih merupakan pemandu lokal biasa. Lalu apa bedanya pemandu gunung lokal dan yang profesional?. Simak ulasan dibawah ini:

  1. Sertifikasi

Pemandu gunung profesional sudah memiliki sertifikasi untuk memandu gunung. Sertifikasi menunjukkan bahwa pemandu sudah lulus dan berkualifikasi menjadi pemandu gunung profesional. Untuk mendapatkan sertifikat pemandu gunung tentunya bukan hal yang mudah, pemandu gunung harus menguasai teknik dasar kepemanduan, memiliki character building yang baik, teknik mountaineering, pelayanan berkarakter budaya lokal, SAR, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), navigasi darat, dan survival dasar.

Pemandu lokal biasa mungkin tidak mengetahui semua aspek yang sudah disebutkan diatas secara detail. Kemampuan diatas berfungsi untuk mengantisipasi jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan pada saat pendakian karena kegiatan mendaki merupakan kegiatan yang memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Bayangkan jika pemandu gunung yang kita sewa tidak memiliki dasar-dasar tersebut, bukan hanya membahayakan pendaki tetapi juga pemandu nya sendiri.

  1. Safety

Pemandu gunung profesional akan mengutamakan keselamatan pendakian, dengan teknik-teknik dasar yang dimiliki oleh pemandu maka akan meningkatkan keamanan dari wisatawan pendaki. Tidak jarang pemandu gunung profesional juga mendaftarkan asuransi kepada para wisatawan pendaki agar lebih terjamin.

  1. Pelayanan Berkarakter Budaya Lokal

Kemampuan pemandu gunung lokal biasa dengan pemandu gunung profesional dalam hal ini mungkin bisa dibilang sama karena rata-rata pemandu gunung berasal dari daerah disekitar pegunungan. Yang membedakan adalah cara berkomunikasi ketika pemandu gunung menyampaikan informasi mengenai budaya lokal. Pemandu gunung profesional sudah dilatih bagaimana cara berbicara dengan wisatawan pendaki dengan baik dan benar dan mengutamakan unsur keramah-tamahan ketika melayani wisatawan pendaki.

  1. Kemampuan navigasi darat

Kemampuan ini dimiliki oleh kedua pemandu baik pemandu lokal biasa dan profesional. Perbedaan nya adalah pemandu lokal biasa memiliki kemampuan ini berdasarkan ingatan dan karena sudah sering melalui jalur tersebut. Pemandu profesional memiliki kemampuan navigasi darat yang lebih baik, selain karena sudah hapal jalur gunung yang dilalui juga mereka dapat memanfaatkan peta dan kompas untuk melakukan navigasi darat.

Baca Lainnya:   Mau Jadi Pemandu Gunung? Ini Skill yang Harus Dimiliki

Nah sobat Muncak, sudah tau kan 4 poin utama perbedaan gunung lokal biasa dan yang profesional. Oh iya sob, pada kenyataannya pemandu gunung profesional mungkin memasang tarif yang lebih mahal dari pada pemandu gunung lokal, hal tersebut wajar karena pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh pemandu profesional untuk meningkatkan kemampuannya juga lumayan mahal. Akan tetapi, itu sebanding dengan apa yang akan sobat dapatkan yaitu perjalan pendakian yang aman dan lebih meyenangkan. Nah, tunggu apa lagi sobat, setelah mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut sobat dapat memilih seuai keingian yang dimau. Selamat memilih dengan bijak sobat muncak.

 

Sumber gambar:

sumber: http://www.uofainsideout.ca/news/experience-canada-rocky-mountains/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *