Asyiknya Berkuda di Unit Berkuda UGM, Serta Dapatkan Manfaatnya


Asyiknya Berkuda di Unit Berkuda UGM, Serta Dapatkan Manfaatnya  ̶  Salah satu   universitas terkemuka di Indonesia adalah Universitas Gajah Mada (UGM) yang terletak di Yogyakarta yang memiliki julukan Kota  Pelajar. Untuk mendukung dan mengembangkan minat, bakat dan potensi  mahasiswanya pihak universitas menyediakan fasilitas berupa Gelanggang Mahasiswa. Gelanggang Mahasiswa adalah blok bangunan yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan lain, yaitu: Hall utama, papan panjat tebing, kamar-kamar sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa, ruang manajer, ruang pengawas, toilet, ruang rapat, kantin, lapangan bola basket, lapangan bola voli, lapangan bulu tangkis, lapangan futsal, dan Hall Utama Gelanggang Mahasiswa. Berdiri  sejak 31 Juli 1975 yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Letnan Jenderal TNI Amirmachmud. Lokasinya berada di sebelah barat  Boulevard UGM, sebelah utara pintu masuk kampus. Gelanggang Mahasiswa dan Fasilitias Kemahasiswaan UGM menjadi pusat kegiatan UGM dalam berbagai bidang. Seperti seni, budaya, olahraga dan kerohanian. Selain itu ada juga kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Forum Komunikasi Mahasiswa yang dari kegiatan tersebut telah melahirkan ribuan aktivis kegiatan kemahasiswaan.

Melalui kegiatan tersebut nantinya diharapkan UGM mampu mencetak lulusan dengan hard skill yang bagus akan tetapi juga dengan penguasaan soft skill yang memadai. Untuk memupuk soft skill mahasiswa ini bisa didapatkan melalui berbagai unit kegiatan mahasiswa di dalamnya. Kini, Gelanggang Mahasiswa dilengkapi dengan fasilitas wifi yang mempermudah mahasiswa mengakses informasi. Untuk penggunaan fasilitas Gelanggang Mahasiswa secara terpusat diatur oleh Manajer Gelanggang UGM yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi UKM.

Hingga saat ini Gelanggang UGM telah berumur 42 tahun dan selama itu sebanyak 56 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terlaksana dalam Gelanggang Mahasiswa yang masih terus aktif. Misalnya seperti sepak bola, atletik, futsal, voli, basket, hoki dan sebagainya. Ada satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UGM yang berbeda dan hampir tidak dimiliki di beberapa universitas lain di Indonesia, yaitu berkuda.

Awal keberadaan Unit Berkuda UGM  sebagai sarana olahraga berkuda untuk mahasiswa kedokteran hewan. Semakin memasuki masa perkembangannya, peminat dari kalangan mahasiswa ataupun dari luar UGM terus bertambah. Oleh karena itu, tahun 1989 mulai berubah menjadi badan otonom dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Lokasi Unit Berkuda UGM di jalan Fauna No 3 Bulaksumur,  Yoyakarta 55281 (Fakultas Peternakan UGM). Kegiatan berkuda dapat dimulai saat pagi pada pukul 06.00 – 09.00 dan sore mulai dari pukul 15.00 – 17.30 pada hari Senin. Untuk mahasiswa atau masyarakat umum dari luar UGM yang ingin berkuda dapat melakukan pemesanan dengan menghubungi nomer 085726726013.

Baca Lainnya:   Kemerdekaan di Puncak Gunung tak Sekedar Eksistensi Diri

Perlu Sobat Muncak ketahui ada banyak manfaat dari kegiatan berkuda. Salah satunya adalah untuk terapi autis pada anak. Melalui terapi ini anak-anak penderita autis di ajak untuk berinteraksi dengan kuda. Kegiatan tersebut diharapkan mampu berkonsentrasi pada penderita. Dalam hal bersosialisasi juga semoga dapat membantu anak-anak penderita autis dengan kegiatan berupa memberi makan, menyisir rambut dan ekor, memandikan, memasang pelana serta menunggang kuda. Meskipun demikian saat melakukan terapi, kondisi pasien sangat memengaruhi untuk kesembuhan serta kemampuan pelatih dalam memberikan penjelasan kepada pasien.

Untuk mendapatkan terapi ini Sobat Muncak dapat datang ke UGM karena di UGM telah membuka layanan tersebut. Program tersebut dikembangkan oleh Gadjah Mada Equestrian Center (GEMC) suatu unit kegiatan yang dibentuk bersama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berkuda UGM, Fakultas Peternakan (Fapet) UGM, serta direktorat Kemahasiswaan UGM.

Selain untuk terapi, Sobat Muncak juga dapat belajar menunggang kuda dengan meliputi latihan dasar seperti, menunggang kuda (basic riding), tunggangan serasi (dressage), halang rintang (show jumping), kesabaran (endurance). Bahkan tahun 2016  Unit Berkuda UGM meraih kejuaraan dari Anantya Internal Competition-Inter University di Bogor, dengan Result of Dressage Walk & Trot Inter University. Dan banyak sekali kejuaraan yang telah dicapai dari Unit Berkuda UGM.

Nah bagaimana Sobat Muncak, berkuda sangat menyenangkan dan memberikan banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan. Tertarik untuk segera mencoba berkuda? Silahkan datang ke UGM atau melakukan pemesanan pada nomor yang tertera tersebut di atas. Atau silahkan mengunjungi website, http://berkuda.ukm.ugm.ac.id/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *