Biar Makin Mahir, Coba Pelajari Dulu Teknik Sandboarding Ini


Biar Makin Mahir, Coba Pelajari Dulu Teknik Sandboarding Ini   ̶  Berselancar menjadi olahraga atau aktivitas yang menantang dan memacu adrenalin bagi sebagian orang. Untuk melakukannya ternyata tidak semua orang memiliki keberanian dan nyali yang cukup besar. Terlebih untuk sandboarding. Mungkin di telinga Sobat Muncak sandboarding sudah tidak asing lagi terdengar karena sudah dibahas dalam artikel yang sebelumnya. Sandboarding menjadi olahraga selancar yang berbeda dari yang lainnya. Hal ini karena pada lokasi tempat meluncurnya adalah di hamparan pasir yang membentang luas. Sementara skateboarding dilakukan di area aspal dan jalanan sedangkan surfing dilakukan di atas ombak.

Bagi pemula atau mereka yang ingin mencoba sandboarding akan merasa lebih tegang dan deg-degan untuk melakukan sandboarding saat kali pertama. Nah, untuk mengurangi ketegangan dan rasa was-was Sobat Muncak dapat membaca teknik sandboarding berikut, di bawah ini ya…

1.     Kumpulkan niat, keberanian dan keyakinan

Sebagai pemula dan baru pertama kali akan mencoba sandboarding Sobat Muncak harus mengumpulkan niat dengan sebanyak-banyaknya. Jangan pernah takut untuk memulai dan pasti harus yakin bahwa akan bisa untuk meluncur di hamparan pasir yang luas. Karena jika ketiga hal ini tidak ada maka akan sangat sulit untuk memulai, mencoba dan kapan lagi Sobat Muncak akan merasakan langsung sensasi seru dari sandboarding ini.

2.     Gunakan alat-alat sesuai standar keamanan

Untuk melakukan sandboarding jangan lupa gunakan alat-alat yang sesuai standar keamanan. Baiknya untuk pemula gunakan papan selancar yang tebal untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan. Oleskan juga lilin dan semacamnya sebagai pelicin dan juga mengilapkan bagian alas papan selancar. Tujuannya agar laju papan luncur menjadi lebih cepat tak ada hambatan serta mengurangi gesekan. Gunakan juga body protector untuk tangan dan kaki, serta helm, kacamata dan lainnya.

3.     Jaga keseimbangan

Dalam melakukan olahraga sandboarding keseimbangan penting dan sangat diperlukan. Buatlah tubuh Sobat Muncak tetap seimbang. Tetap berdiri tegak dipijakan papan, condongkan badan kedepan sedikit dan bersiaplah meluncur. Jaga kestabilan diri dengan tetap fokus pada arah papan meluncur. Untuk mengawali sandboarding, Sobat Muncak dapat langsung meletakkan kaki di papan seluncur pada pengaman yang sudah ada di papan. Kaki kiri letakkan di depan kemudian diikuti kaki kanan di belakang atau sesuai dengan keadaan dan posisi nyaman Sobat Muncak. Tangan dapat diposisikan dengan gaya bebas yang Sobat Muncak inginkan.

4.     Berlatih dengan yang sudah ahli

Sering-seringlah berlatih dengan yang sudah ahli untuk melatih dan mempertajam skill Sobat Muncak dengan berada di atas papan selancar. Karena bukanlah hal mudah untuk melakukan sandboarding. Sehingga dengan terus belajar akan semakin mempermudah proses Sobat Muncak untuk melakukan sandboarding.

Baca Lainnya:   Menantang dan Memacu Adrenalin, Yuk Cobain Sandboarding di Gumuk Pasir Bantul

5.     Pilih lokasi sandboarding yang tepat

Di Indonesia sendiri untuk melakukan sandboarding yang pas dan tepat adalah di Gumuk pasir, di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Kota Yogyakarta. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melakukan sandboarding, cukup datang ke kota Yogyakarta saja lo Sobat Muncak. Selain itu ternyata gumuk pasir ini dikategorikan sebagai jenis Gumuk Pasir Barchan karena memiliki tinggi sekitar 5-15 meter. Jadi, tidak terlalu tinggi untuk Sobat Muncak yang masih belajar sekaligus pemula di olahraga sandboarding.

6.     Waktunya harus pas

Penggunaan waktu dalam sandboarding disarankan ketika pagi sebelum posisi matahari semakin tinggi dan panasnya sangat menyengat. Mungkin Sobat Muncak bisa memulainya pada pukul 07.00-09.00 WIB. Atau malah sebaliknya ketika matahari akan terbenam sehingga panas tidak begitu membuat gosong kulit. Sekitar pukul 03.00-06.00 WIB adalah waktu yang pas saat sore hari.

Bagaimana Sobat Muncak semakin tertarik untuk langsung mempraktikan teknik sandboardingnya? Dan merasakan langsung sensasi seru berseluncur di hamparan pasir yang luas? Yuk langsung berangkat dan praktikkan tekniknya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *