Bukit Klangon, Downhill Baru di Lereng Merapi


Bukit Klangon, Downhill Baru di Lereng Merapi   ̶   Hallo Sobat Muncak! Kali ini kita akan coba ulas secara agak mendalam tentang sebuah olah raga yang mungkin bagi sebagian Sobat Muncak sering mendengarnya di game-game PS 2. Olah raga ini adalah Downhill. Pernah denger kan? Yups! Olah raga yang satu ini sekarang bisa Sobat Muncak nikmati di lereng Merapi, tepatnya di Bukit Klangon.

Sobat Muncak pasti tahu kalau gunung yang satu ini selalu membuat banyak orang terkagum dengan pemandangannya. Nah, Klangon yang ada di Cangkringan adalah salah tempat yang bisa dipakai untuk menikmati pemandangan gunung yang penuh misteri ini. FYI, tempat ini juga sekarang sering banget dipakai untuk event downhill.

Bukit Klangon dan Downhill

Seperti kebanyakan destinasi wisata yang ngetren akhir-akhir ini, tempat ini terkenal salah satunya adalah karena foto-foto yang tersebar di media sosial. Nama tempat ini lengkapnya adalah Wisata Alam Bukit Glagahsari atau juga disebut Gardu Pandang Rotary. Mungkin sebagian dari kalian bertanya, kenapa diberi nama Rotary? Jawabannya adalah karena tempat ini mendapatkan donasi dari Rotary International.

Kalau kamu mau datang ke tempat ini, datanglah ketika cuaca sedang cerah. Kenapa begitu? Karena kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa menikmati pemandangan Merapi yang indah banget!

Klangon sebenarnya adalah salah satu jalur yang digunakan para pendaki ketika ingin mendaki gunung Merapi. Tapi itu sebelum erupsi Merapi di tahun 2010. Sekarang, jalur yang satu ini ditutup. Kalau sekarang, di tempat ini banyak banget spot foto favorit para fotografer dan juga jadi salah satu tempat paling favorit untuk para mountain biker. Disini banyak banget bikers yang selalu nyoba trek downhill yang ada di sini. Kalau kata mereka, trek yang ada disini itu cukup menantang.

Baca Lainnya:   Mengenal Sepeda Cross Country untuk Mountain Bike

Klangon memiliki banyak banget tikungan tajam dan juga jurang bekas aliran Lava di sebelah kanan dan kirinya. Lalu ada hutan juga, lalu ada perkebunan, dan yang terakhir kamu akan melalui perkampungan warga. Kalau soal pemandangan nggak perlu kamu pertanyakan lagi lah. Itu udah jelas banget indah!

Selain sebagai tempat yang pas untuk mountain biker memacu adrenalin mereka, tempat ini juga menjadi tempat yang pas banget untuk rehat sejenak dari kesibukan pekerjaan. Disini jelas udaranya sejuk yang jauh dari polusi dan yang jelas membuatmu bisa betah bertahan lama disini. Nah, kalau kamu punya waktu yang lama untuk liburan, kamu bisa bawa tenda dan menginap di tempat ini.

Lokasi ini punya area yang luas, pas untuk dibangun tenda-tenda. Dengan udara sejuk dan pemandangan Merapi yang indah banget, akan membuat momenmu semakin sempurna. Satu lagi, disini sudah ada fasilitas lain seperti tempat ibadah dan juga toilet. Pas banget kan untuk liburan?

Lokasi Bukit Klangon Merapi

Mungkin di awal tadi mimin Cuma bilang soal tempatnya Bukit Klangon ini secara sekedarnya saja. Tapi di bagian ini mimin akan jelasin harus lewat mana kalau misalnya kamu pengen ke Bukit Klangon. Bukit Klangon ini sebenarnya tepatnya ada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Bukit Klangon ini ada di jalur yang sema dengan The Lost World Castle.

Rutenya kamu bisa melewati Jalan Solo sampai ke Candi Prambanan, sebelum sampai ke candi Prambanan, ikutilah jalan propinsi yang ke arah utara, nanti kamu akan sampai di tempat ini.

Kurang apalagi tempat ini? Bagi para pecinta Downhill, tempat ini adalah surga. Karena selain tracknya yang super menantang dan menyenangkan, pemandangan tempat ini juga indah banget! Jadi, tunggu apalagi?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *