Menantang dan Memacu Adrenalin, Yuk Cobain Sandboarding di Gumuk Pasir Bantul


Menantang dan Memacu Adrenalin, Yuk Cobain Sandboarding di Gumuk Pasir Bantul  ̶  Saat melakukan travelling Sobat Muncak paling sering kemana? Pantai? Gunung? Camping? Atau sudah bosan dengan travelling yang itu-itu saja? Mau mencoba sesuatu yang menantang dan memacu adrenalin? Adalah sandboarding sebuah olahraga atau aktivitas meluncur dengan menggunakan papan dalam sebuah jalur yang telah disepakati yaitu di atas gundukan pasir. Tidak jauh berbeda dengan skateboarding dan surfing yang menggunakan papan untuk meluncur. Perbedaannya ada pada jalur yang digunakan. Jika skateboarding biasa dilakukan di atas aspal dan surfing biasa dilakukan di atas ombak. Maka lain halnya dengan sandboarding yang dilakukan di atas gundukan pasir. Meskipun sama-sama menggunakan papan seluncur, pada papan sandboarding tidak dilengkapi roda layaknya papan skateboarding. Alasnya mulus tanpa ada roda atau apapun. Untuk mempermudah proses peluncuran oleskan lilin pada alas atau bagian bawah papan. Selanjutnya Sobat Muncak bisa langsung meluncur bebas dengan gaya yang dimiliki. Pada dasarnya sandboarding ini tidak memerlukan keahlian khusus, jadi siapa saja dapat melakukannya. Cukup berdiri atau duduk atau dengan gaya apapun, tapi jangan lupa dengan keamanan dan keselamatan ya Sobat Muncak, lalu meluncurlah dengan bebas, sebebas-bebasnya.

 

Akan tetapi, Sobat Muncak mungkin merasa kebingungan ingin melakukan sandboarding kemana. Nggak perlu jauh-jauh ke Gurun Sahara, Mesir atau luar negeri untuk mencari gurun pasir, Indonesia ternayata juga punya lo! Berangkat menuju kota Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota Pendidikan, menjadi semakin istimewa karena mempunyai gurun pasir terbesar se-Indonesia dengan nama Gumuk Pasir. Nama Gumuk Pasir menjadi semakin unik karena berbeda dengan gurun pasir lain yang menggunakan kata gurun untuk penamaannya, maka gurun pasir di Yogyakarta ini bermula dari kata Gumuk. Dalam bahasa Jawanya yang berarti gundukan atau tumpukan.

 

Baca Lainnya:   Biar Makin Mahir, Coba Pelajari Dulu Teknik Sandboarding Ini

Keberadaan Gumuk Pasir menjadi sangat fenomenal karena terbentuk dari fenomena alam  berupa hamparan pasir dan membentuk gundukan-gundukan indah yang menyerupai bentang padang gurun. Saat siang hari suhu udara terasa sangat terik dan panas begitu sebaliknya jika malam hari berubah menjadi sangat dingin. Gumuk pasir ini merupakan kumpulan material vulkanik gunung yang terbawa dari aliran sungai yaitu Kali Progo, Kali Opak, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang kemudian terbawa oleh aliran sungai hingga tiba di pesisir pantai Selatan. Material vulkanik tersebut terhempas oleh ombak dan terkikis menjadi butiran pasir yang menghiasi sepanjang pantai. Angin kemudian langsung membawa partikel-pertikel tersebut dan menjadikannya gundukan-gundukan yang indah. Selain itu,

Gumuk Pasir ini menjadi satu-satunya tempat terbaik di Indonesia untuk melakukan Sandboarding. Sobat Muncak bisa nyobain sandboarding dengan langsung bergerak kearah selatan kota Yogyakarta. Lebih mudahnya dengan menyusuri jalan Paris atau menuju pantai Parangtritis. Lokasi Gumuk Pasir berada di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sebelum sampai di Gumuk Pasir ini Sobat Muncak akan melewati pos retribusi pantai Parangtritis dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,00. Setelah itu Sobat Muncak dapat belok ke kanan atau ke arah pantai Depok kemudian belok kiri menuju Pantai Parangkusumo. Sobat Muncak tinggal lurus saja mengikuti arah jalan sampai melewati Museum Geospasial Gumuk Pasir dan landasan pacu yang digunakan untuk pesawat kecil dan sebagainya. Jika sudah sampai di area Gumuk Pasir maka Sobat Muncak akan melihat hamparan luas pasir yang terbentang sekaligus dapat memanjakan mata. Untuk dapat memakai papan sandboarding yang tersedia dikenakan tarif sewa mulai dari Rp. 70.000 – 200.000 ditambah parkir hanya Rp. 2.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Nah, bagaimana Sobat Muncak penasaran bukan dengan sandboarding dan ingin merasakan langsung sensasi menantang dan memacu adrenalinnya? Yuk langsung datang dan cobain sendiri Sandboarding di Gumuk Pasir Yogyakarta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *