Disabilitas Tidak Lagi Perlu Dilihat Sebagai Penghalang Pendakian

Climbing, hill walking and mountaineering merupakan aktivitas yang bukan hanya memerlukan fisik namun juga menuntut mental. Orang dari segala usia, kemampuan dan latar belakang dapat menikmati kegiatan ini. Disabilitas tidak lagi perlu dilihat sebagai penghalang untuk ikut berpartisipasi.
Di UK, kegiatan pendakian untuk para penyandang disabilitas bukan lagi menjadi hal yang tabuh. British Mountaineering Council (BMC) menyediakan pelatihan dan bahkan sering mengadakan kompetisi untuk para penyandang disabilitas yang tertaik dengan pendakian. Sayangnya, di Indonesia belum banyak terdapat fasilitas yang mendukung kegiatan pendakian untuk para penyandang disabilitas. Salah satunya, adalah cerita inspiratif dari saudara kita asal Jawa Tengah ini.
Seorang pria asal Solo, bernama Sabar mengatakan bahwa dirinya sudah menyukai kegiatan pendakian sejak tahun 1986. Namun, hal yang disangka terjadi pada tahun 1990, yaitu ia mengalami kecelakaan. Ia terjatuh dari kereta yang membuat kaki kanannya diamputasi. Setelah berhasil membangkitkan semangatnya kembali, ia menantang dirinya untuk mempelajari olahraga panjat tebing di salah satu Universitas yang bertempat disekitar tempat tinggalnya.
Sabar yang kemudian menikah pada tahun 2001 ini, telah menaklukan 15 puncak gunung di Indonesia. Dua diantaranya adalah puncak gunung tertinggi di dunia, Puncak Kilimanjaro di Afrika dan Elbrus di Rusia. Bahkan, pendaki yang tidak pernah luruh semangatnya ini, akan melakukan pendakian di gunung Aconcagua di Argentina ditemani oleh pasukan Marinir TNI AL yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Indonesia Raya (Detik, 2016).
So, begitulah cerita inspiratif dari Mas Sabar. Pada kenyataannya, kegiatan pendakian memang bukanlah olahraga yang mudah dan membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang cukup. Jadi, siapapun kalian, persiapkanlah dengan baik rencana untuk melakukan pendakian.
Ditulis oleh : Aprillia Indah
Baca Lainnya:   6 Jenis Liburan Alam Yang Patut Sobat Coba

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *