Ingin Jadi Diver Handal? Ini Kuncinya!


Ingin Jadi Diver Handal? Ini Kuncinya!  ̶  Siapa sih yang nggak mau jadi diver handal, apalagi yang suka banget sama dunia diving. Pasti pengen banget kan bisa jadi diver handal? Nah kalau iya, maka artikel ini adalah tempat yang tepat untuk membahas itu.

Di artikel ini kita akan bahas beberapa kunci penting untuk bisa menjadi seorang diver handal, apa saja yang dibutuhkan untuk bisa jadi diver handal, dan hal-hal lain yang mungkin Sobat Muncak belum tahu padahal sudah menggeluti dunia diver sejak lama.

So, ini adalah tips untuk bisa jadi diver handal:

 1.   Memahami alat dasar penyelaman

Ini adalah cara pertama agar Sobat Muncak bisa menjadi diver yang handal. Yakni memahami semua peralatan yang akan dipakai dalam kegiatan menyelam. Nah, Sobat Muncak tahu nggak apa saja alatnya? Berikut daftarnya:

Pertama tentu saja tabung udara, lalu ada regulator atau selang yang dipakai untuk menyalurkan udara dari tabung ke mulut, dan ada Oktopus yang memiliki kegunaan untuk menyambungkan udara dari regulator ke mulut. Selain itu juga ada deep gauges atau alat pengukur kedalaman dan ada preasure gauges yang berguna untuk mengukur tekanan udara di tabung oksigen. Juga ada BCD atau sebuah alat yang memiliki bentuk seperti rompi yang berguna untuk menempelkan tabung ke badan penyelam. Ada weight belt atau sabuk penambah berat agar kita tenggelam, wetsuit atau baju selam, scuba mask atau masker untuk menyelam dan juga fin atau kaki katak yang bisa membantu kita berenang ketika berada di dalam air.

Selain itu ada juga alat bantu tambahan diving yang lain yang wajib diketahui. Alat tersebut antara lain ada dive comp, yakni alat yang secara otomatis mengatur dive time, kedalaman, dan suhu air. Lalu ada juga pisau selam, senter, sarung tangan, dan hook atau alat yang dipakai untuk melindungi wajah dari serangan biota laut dan juta sempritan yang dipakai untuk memanggil kapal atau kawan ketika kita sudah ada di permukaan.

Barang-barang itu sangat penting. Kalau sampai tidak tahu atau ada satu barang yang tertinggal, maka keselamatan Sobat Muncak yang sedang menyelam akan jadi taruhannya. So, pengetahuan soal alat-alat menyelam adalah salah satu kunci menjadi diver handal.

2.   Memahami Sikap Dalam Menyelam

Setiap penyelam harus memahami sikap-sikap dalam menyelam. Terutama para penyelam yang masih amatiran. Ada beberapa tips untuk Sobat Muncak yang baru ingin memulai menjadi penyelam. Ini juga bisa jadi kunci untuk menjadi diver handal.

 Selalu Tenang dan Yakin

Sobat Muncak yang menyelam harus selalu tenang dan yakin ketika melakukan proses penyelaman ini. Untuk bisa tenang dan yakin, semua persiapan harus diperhatikan dengan sangat seksama. Setelahnya adalah selalu tenang ketika sedang menyelam. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika anda sedang menyelam karena semua persiapan sudah dipersiapkan secara matang. Selain itu Sobat Muncak juga jangan pernah menyelam sendiri, usahakan selalu ada teman yang menemani agar jika ada dalam keadaan yang genting, semua bisa diatasi dengan baik.

Baca Lainnya:   Raja Ampat, Surga Bawah Laut Para Divers
Lakukan Prosedur Masuk yang Benar

Prosedur masuk ini artinya adalah proses masuk ke dalam air. Ini adalah proses yang penting karena ini merupakan awal dari penyelaman Sobat Muncak. Proses ini bagi yang sudah berpengalaman akan sangat mudah, tapi bagi yang baru, pasti akan sedikit sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika melakukan prosedur ini. Pertama adalah dengan memasang peralatan di air atau melompat dengan peralatan yang sudah ada terpasang. Kalau masih pemula cara memasang peralatan ketika sudah berada di air adalah hal yang direkomendasikan.

Dengarkan Baik-baik Instruktur Sobat Muncak

Ini hal yang penting. Ketika Sobat Muncak sedang belajar, mendengarkan instruktur adalah hal yang penting. Jangan sampai ada satu atau dua bagian yang tidak terdengar karena bisa jadi bagian itu adalah bagian yang penting yang nantinya akan Sobat Muncak hadapi ketika berada di lautan lepas.

Pergerakan Tubuh Harus Benar.

Posisi tubuh ketika menyelam itu sangat penting. Sobat Muncak harus bisa membuat tubuh senyaman mungkin untuk bisa melakukan pergerakan. Tidak usah tergesa-gesa, tetap tenang dan lakukan semuanya dengan yakin. Lakukan semua pergerakan dengan benar dan efektif sehingga tenaga yang keluar akan maksimal dan tidak mudah lelah.

Ekualising Ketika Turun

Ekualising adalah kegiatan menyesuaikan tekanan di kuping dengan bagian tubuh yang luar. Caranya bisa dengan menutup lubang hidung dan mengeluarkan udara lewat hidung sementara hidung anda masih tertutup atau juga bisa dilakukan dengan menelang ludah. Lakukan Ekualising sesering mungkin, jangan dilakukan ketika terasa sakit. Usahakan setiap 1 meter anda melakukan ekualising meskipun kuping Sobat Muncak tidak terasa sakit.

Luluslah Uji Sertifikasi

Ini adalah kunci yang paling penting untuk bisa menjadi diver handal. Sobat Muncak harus lulus uji sertifikasi. Ujian ini bisa dilakukan di PADI, CMAS atau juga AAU. Disana Sobat Muncak akan mendapatkan pelajaran dan teknik-teknik dasar yang penting untuk penyelaman.

Kira-kira itulah beberapa kunci untuk bisa menjadi diver handal. Sisanya adalah keseriusan dari Sobat Muncak. Jika kita melakukan semuanya dengan serius maka kita akan menguasainya dengan mudah dan cepat.

See you on the next article!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *