Raja Ampat, Surga Bawah Laut Para Divers


Raja Ampat, Surga Bawah Laut Para Divers  ̶  Hai Sobat Muncak! Gimana kabarnya kali ini? Disini ada Sobat Muncak yang jadi penggemar diving nggak ya? Yups! Olah raga menyelam yang mana dengan olah raga ini kamu bisa menikmati keindahan bawah laut. Ada nggak? pasti ada salah satu Sobat Muncak yang diver sejati. Well, kalau misalnya diver sejati, pastinya tahu tempat ini. Sebuah tempat yang merupakan surga yang mungkin sengaja dijatuhkan tuhan ke dunia. Surganya para penyelam, Raja Ampat!

Well, semua pasti tahu kalau Raja Ampat adalah sebuah kepulauan yang memiliki 610 pulau dan ada di daerah Papua Barat. Atau, malah ini adalah pengetahuan pertama Sobat Muncak? Well, that’s okay. Nah, dari sekian ratus gugusan pulau itu, ada empat pulau terbesar, yakni Misool, Salawati, Waigeo dan Batanta. Wilayah di sekitar pulau terbesar di Raja Ampat ini memiliki keragaman biota laut tertinggi.

Bagi sebagian yang belum tahu, Raja Ampat adalah sebuah taman laut yang paling indah di Indonesia dan bahkan di dunia dan juga bagian dari Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat. Raja Ampat papua 537 Spesies Terumbu Karang yang artinya 75% dari total spesies terumbu karang dunia! Can you imagine that!?. Nggak cuma itu, disini juga ada lebih dari 1000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Ini bener-bener surganya para diver!

Lokasi Menyelam di Raja Ampat.

Next, kita akan bicara soal lokasi-lokasi menyelam yang ada di Raja Ampat. Di Raja Ampat ada beberapa lokasi menyelam terbaik di dunia. Mulai dari Mansuar Island, Chicken Reef yang merupakan gugusan terumbu karang yang memilki arus kuat di bagian atas tapi tenang banget di bagian dalam, lalu ada Mike’s Point, Pulau Arborek, Blue Magic, dan juga yang lainnya.

Biaya Menyelam di Raja Ampat.

Dan ya! Salah satu cara paling pas untuk menikmati keindahan Raja Ampat adalah dengan menyelam. Kalau Sobat Muncak yang merupakan penggila diving, maka wajib tahu tentang info biaya menyelam di Raja Ampat ini. Biasanya untuk menyelam di Raja Ampat dan di beberapa titik yang disebutkan tadi membutuhkan biaya yang agak mahal.

Baca Lainnya:   Teknik Dasar Diving Bagi Para Diver! Kamu Wajib Tahu!

Raja Ampat yang memiliki sekitar 76 dive spot berdasarkan data dari 2.013 pulau yang tersebar disana, memang akan jadi surganya para penyelam. Tapi, karena letak tiap spotnya yang cukup jauh, Sobat Muncak harus menyewa transportasi menuju ke tempat tersebut. Menyewa transportasi ke tempat tersebut memang cukup mahal. Sebagai gambaran kasar, dengan menyewa sebuah speedbot yang berkapasitas 7-12 orang, Sobat Muncak akan dikenai biaya sekitar 3-6 juta rupiah saja.

Lalu, kalau sudah sampai di salah satu dive spot, Sobat Muncak akan disambut oleh pengelola dive resort dan dive center di masing-masing pulau tersebut. Biaya menyelamnya juga akan dihitung di luar biaya menyelamnya dan biasanya juga diluar paket tur yang Sobat Muncak pakai. Pasti Sobat Muncak bertanya-tanya, berapa sih biaya tiap divingnya? Jawabannya adalah ada di angka 600-750 ribu rupiah setiap spot. Biasanya tergantung jauh dekatnya spot tersebut, dan biasanya semakin bagus pemandangannya maka semakin mahal juga harganya. Berbanding lurus lah ya, ada harga ada surga bawah laut yang indah.

Kabarnya, biaya tersebut akan dikenakan kalau diver membawa peralatannya sendiri selain tabung selam. Misalnya wetsuit atau baju selamnya, fin, masker selam dan yang lainnya. Tapi kalau membawa badan aja, maka biasanya Sobat Muncak akan dikenakan harga 1.1 juta sampai 1.2 juta sekali menyelam.

Kira-kira itulah informasi tentang Raja Ampat yang menjadi surga bawah lautnya para diver. Memang mahal kalau mau kesana, makanya, Sobat Muncak nabung dulu yang banyak, baru liburan disana dan nikmati surganya para penyelam.

See you on the next article!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *