Eksotisme Pantai Siung dan Panjat Tebingnya


Eksotisme Pantai Siung dan Panjat Tebingnya   ̶   Di Gunungkidul, Yogyakarta menjadi salah satu surganya pantai bagi wisatawan domestik dan mancanegara selain di pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul. Salah satu pantai yang terkenal di Gunungkidul adalah Pantai Siung. Berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Pantai Siung memiliki pesona yang sangat menakjubkan. Nama Siung didasarkan pada bahasa Jawa yang artinya gigi taring kera. Kera-kera di sini merujuk pada  kera-kera berekor panjang yang sewaktu-waktu muncul di sekitar wilayah ini pada malam hari. Karena di Pantai Siung terdapat sebuah karang yang berbentuk seperti taring dan letakknya menjorok ke laut.

Untuk menuju wisata Pantai Siung ini Sobat Muncak dapat menempuh jalan Wonosari dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 77 kilometer. Sobat Muncak tidak perlu khawatir untuk menempuh perjalanan yang lama, karena jalanannya sudah mulus dan banyak sekali penunjuk arah untuk mempermudah perjalanan. Di anjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar mempersingkat waktu. Tetaplah berhati-hati dan waspada karena Sobat Muncak akan melewati jalur yang penuh tanjakan dan tikungan tajam.

Terdapat berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Siung misalnya camping, hammock, atau sekedar bermain air dan berfoto-foto saja. Kegiatan yang berbeda dari lainnya yang dapat dilakukan di Pantai Siung adalah panjat tebing atau rock climbing. Awal mulanya panjat tebing di Pantai Siung dimulai sekitar tahun 1989 oleh sekelompok pecinta alam dari Jepang. Kemudian pada Tahun 2005 pemerintah kota Yogyakarta menetapkan sekaligus meresmikan tebing di Pantai Siung sebagai lokasi khusus panjat tebing. Selain itu, pemerintah setempat mengembangkan potensi wisata di Pantai Siung. Pada tahun yang sama juga diselenggarakan Asean Climbing Gathering di Pantai Siung dengan melibatkan lebih dari 250 peserta dari berbagai negara di dunia.

Baca Lainnya:   Lari Malam Hari di Jogja? Yuk Gabung Komunitas Lari Playon

Perbukitan karst serta tebing-tebing nan kokoh mengelilingi kawasan Pantai Siung. Ada juga batu-batu karang dengan ukuran raksasa yang bertebaran di sekitar bibir pantai. Salah satunya adalah batu karang yang menjadi penamaan Pantai Siung hingga kini masih berdiri tegak meskipun berhadapan dengan ombak setiap saat. Tebing-tebing tinggi tersebut itulah yang menjadi favorit para pemanjat tebing untuk melakukan panjat tebing sebagai olahraga yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Hingga saat ini di Pantai Siung setidaknya terdapat kurang lebih 200 jalur untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan serta karakteristik yang berbeda-beda.

Dari panjat tebing inilah selalu dapat mengundang daya tarik pemanjat tebing dari berbagai belahan dunia untuk mencoba menaklukkan tebing-tebing yang ada di Pantai Siung. Pantai ini menjadi sangat terkenal dimata pemanjat tebing dunia. Bahkan banyak yang mengatatakan bahwa kini Pantai Siung adalah The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Sarana dan prasarana di Pantai Siung cukup memadai. Ada beberapa kamar mandi, lahan parkir yang luas dan warung-warung sederhana yang menghidangkan aneka menu makanan. Terdapat juga rumah-rumah kayu yang disediakan di tepi pantai untuk wisatawan yang ingin beristirahat sejenak sembari menikmati keindahan Pantai Siung.

Keindahan Pantai Siung ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain dapat menjadi tempat panjat tebing, Sobat Muncak juga bisa bermain di jernihnya air lautan atau sekedar berenang di tepian pantai. Sobat Muncak juga dapat bersantai di atas pasir putih sembari menikmati deburan ombak yang menerpa tebing karang dengan syahdunya. Keindahan Pantai Siung semakin eksotis karena dikala petang Sobat Muncak dapat menikmati matahari tenggelam dari atas tebing. Tertarik dan penasaran bukan? Mari menuju Pantai Siung untuk menikmati eksotisme dan sensasi menantang dari panjat tebingnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *