Free Dive! Salah Satu Cara Paling Murah Nikmati Bawah Laut

 


Free Dive! Salah Satu Cara Paling Murah Nikmati Bawah Laut  ̶  Salam Muncak! Gimana kabarnya Sobat Muncak hari ini? Masih tergila-gila kan dengan alam Indonesia? Masih pengen menjelajah Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke kan? Nah, kali ini kita akan coba bahas salah satu cara murah untuk menyelam di bawah laut. Cara murah diving? Bukannya diving itu olah raga yang cukup mahal ya? Kok bisa murah? Ah, bercanda nih mimin nih. Beneran, ini cara yang bisa dibilang cukup murah. Apa sih itu? Baca aja dulu sampai abis ya.

Kegiatan menyelam itu kan sebuah kegiatan yang memakai peralatan tabung oksigen. Kegiatan ini juga biasa disebut dengan Scuba Diving atau Self Contained Underwater Breathing Apparatus Diving. Tapi kamu tahu nggak, sebuah cara yang bisa dipakai untuk menikmati keindahan bawah laut yang dikenal dengan istilah free diving.                 Ini bukan menyelam gratis ya, semua orang memang bisa menyelam gratis, tapi soal keselamatan bisa bahaya. Tapi free diving yang satu ini berbeda. Pada jenis menyelam yang satu ini, para penyelam cuma memakai alat selam dasar seperti masker dan fings tanpa memakai bantuan oksigen. Yups! Kamu harus punya nafas yang panjang dan kemampuan mengatur nafas yang bagus sebelum menyelam atau kamu akan kehabisan nafas dan tenggelam. Nggak mau kan?

Kalau menurut instruktur free dive yang berasal dari salah satu klub free dive di Bali, mengatakan kalau kegiatan free dive tergolong dalam salah satu kegiatan yang berbahaya kalau nggak punya pengalaman sebelumnya. Seseorang yang mau mencoba free dive ini mestilah memiliki pengalaman dan informasi yang cukup sebelum menjajalnya.

Nah, ini ada beberapa tips untuk melakukan free dive bagi para wisatawan pemula yang pengen mencoba sensasi free dive.

Cari tahu tentang free dive

Dalam berbagai macam kegiatan yang hendak Sobat Muncak lakukan, observasi adalah hal penting yang wajib dilakukan. Apalagi untuk olah raga yang cukup berbahaya seperti free dive ini. Wisatawan pemula sebaiknya cari tahu soal olah raga yang tidak menggunakan peralatan udara ini. Selain itu, free dive juga bisa dibaca dalam sebuah buku yang berjudul Manual of Free Dive karangan dari Umberto Pelizzari. Membaca ini cukup untuk mencari tahu sedikit tentang free dive.

Selalu Tenang saat berenang

Beberapa saat sebelum melakukan free dive, Sobat Muncak harus memastikan sudah menguasai teknik-teknik berenang dan menyelam dan juga terbiasa selalu tenang ketika sedang berenang. Rasa tenang ini akan membuat rileks ketika melakukan free dive. Ketika Sobat Muncak panik, malah akan menyebabkan kegiatan ini semakin berbahaya.

Baca Lainnya:   Mau Diving? Pelajari Dulu Peralatannya!

Cobalah Ambil sertifikasi

Tidak hanya scuba diving saja yang punya sertifikasi, free dive juga ada sertifikasinya. Sertifikasi itu bisa kamu dapatkan di sekolah free dive yang ada di Indonesia seperti  yang ada di daerah Tulamben, Bali. Ketika mengambil sertifikasi ini Sobat Muncak pastinya akan diajari teknik-teknik free dive yang baik dan benar.

Jangan pernah menyelam sendiri

Kalau mau melakukan free dive jangan pernah melakukannya sendirian. Sobat Muncak harus mencari teman penyelam atau disebut juga dengan dive buddy ketika melakukan free dive. Nah, pastikan kalau dive buddy ini punya sertifikasi juga, biar bisa saling mengantisipasi kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan Perlengkapannya

Meskipun dalam free dive tidak memakai perlengkapan oksigen, Sobat Muncak tetap harus memperhatikan peralatan yang dipakai seperti masker dengan spesifikasi low volumenya. Dengan memakai masker low volume, Sobat Muncak bisa lebih efisien untuk menyesuaikan tekanan masker dengan udara yang terbatas yang ada di paru-paru. Lalu spesifikasi fins juga harus diperhatikan. Pergunakanlah long fins agar pergerakan di dalam air bisa lebih efisien.

Selebihnya, kemampuan dan ketenangan adalah hal yang penting. Jadi, pengen menyelam dengan murah? Sobat Muncak bisa menjajal Free Dive. Stay safe ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *