Hal-Hal Wajib Bagi yang Ingin Belajar Teknik Surfing


Hal-Hal Wajib Bagi yang Ingin Belajar Teknik Surfing  ̶  Surfing ialah olahraga penuh adrenalin yang tentunya sangat seru bagi Sobat yang doyan tantangan. Tapi olahraga ini boleh dibilang susah. Mengapa dibilang susah? Karena olahraga surfing memiliki resiko bahaya yang cukup besar. Karena bisa saja kecelakaan saat surfing menyebabkan hal yang tentunya tidak diinginkan. Oleh sebab itu peminat olahraga ini tidak terlalu banyak. Namun, tetap saja olahraga surfing miliki daya tarik tersendiri bagi pecinta adrenalin. Bagi pecinta adrenalin bisa bersahabat dengan ombak dan menari-nari diatas papan seluncur ialah kepuasan tersendiri bagi mereka. Jadi, bila Sobat termasuk pecinta adrenalin dan tantangan maka Sobat harus belajar Surfing demi mendapatkan kepuasan pribadi. Di artikel ini akan kami bahas tentang belajar surfing bagi pemula. So, baca terus sampai habis ya Sobat!

Tenang saja Sobat meskipun terdengar susah, surfing bila dipelajari dan ditekuni dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan hasil yang tidak mengkhianati kok! Sobat akan bisa berselancar pada nantinya jika benar-benar serius dalam belajar. Bayangkan bila Sobat bisa menari-nari diatas papan surfing di tengah ombak yang besar, keren banget pastinya Sobat! Oleh sebab itu, berikut kami ulas hal-hal yang harus diperhatikan saat belajar surfing bagi Sobat yang pemula. Cekidot!

Latihan Fisik dan Stamina

Fisik yang kuat jadi dasar utama surfing. Bila Sobat sudah memiliki fisik yang oke, maka Sobat akan memiliki bekal yang bagus buat belajar surfing. Latihan fisik yang kami sarankan ialah push up karena akan bermanfaat untuk cara berdiri di papan Surfing saat ombak menerjang. Selain itu olahraga lengan tangan juga diharuskan seperti angkat barbel ataupun lainnya yang bermanfaat untuk mendayung saat menghampiri datangnya ombak. Namun bila sudah miliki fisik yang kuat tentu harus diimbangi juga dengan stamina yang prima, karena olahraga surfing ini membutuhkan nafas yang lebih panjang daripada nafas olahraga atau aktivitas lainnya.

Baca Lainnya:   Teknik Dasar Climbing yang Wajib Diketahui Climber

Cari Pengetahuan Tentang Papan Selancar

Setelah latihan fisik yang sesuai, lalu Sobat pelajari tentang papan selancar. Dimana papan selancar terdapat berbagai ukuran yakni soft top, pop up dan minimal. Bila Sobat sudah menentukan pilihan yang sesuai dengan tubuh, selanjutnya pastikan Sobat dapatkan papan tersebut baik menyewa ataupun membeli.

Pahami Teknik Surfing

Teknik surfing dibagi menjadi dua yakni paddling dan popping up. Paddling ialah teknik mengayuh. Artinya Sobat tidur tengkurap di papan selancar dan mendayung menggunakan tangan hingga ombak datang menerjang. Sementara popping up ialah teknik berdiri saat ombak datang. Baiknya sebelum ke ombak langsung, Sobat praktekan dulu di pinggir pantai bagaimana cara berdiri yang benar.

Tentukan Tempat Surfing

Bila Sobat sudah paham teknik, maka selanjutnya tinggal mempraktekan langsung di ombak secara terus-terusan supaya terbiasa. Ada baiknya dalam memilih tempat surfing ialah pantai yang sepi pengunjung tapi juga memiliki ombak yang konsisten. Mengapa harus sepi, karena dengan tidak banyak yang selancar maka Sobat akan leluasa dalam mencoba dan tidak ada rasa minder saat belajar.

Itulah sekiranya hal-hal yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin belajar surfing. Ingat Sobat, tidak ada yang susah kalau kita serius dalam belajar. Yakin pasti Sobat bisa berteman dengan ombak. Bila sudah bisa tentu Sobat akan merasakan keseruan olahraga surfing. So, selamat belajar surfing Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *