Hari Pohon Sedunia: Yuk Menabung Pohon Untuk Selamatkan Bumi

Selamat hari pohon sedunia sobat Muncak. Mencintai lingkungan dan alam sekitar tidaklah cukup dilakukan oleh seorang atau hanya mengandalkan program dan tindakan pemerintah saja. Diperlukan gerakan dan usaha bersama-sama untuk bumi kita bersama. Masalah lingkungan atau sampah misalnya bukan hanya masalah pemulung atau tukang sampah atau pemerintah tetapi menjadi masalah untuk kita dan Sobat Muncak semua. Kondisi penebangan liar, pembukaan lahan untuk pemukiman, sudah sangat memprihatinkan. Belum lagi diperparah dengan aktivitas manusia yang belum sepenuhnya dapat mencintai lingkungan dengan tindakan nyata. Sampai sekarang masih dapat dengan mudah kita temui orang-orang yang membuang sampah sembarangan.

Dampaknya kini pemanasan global kian terasa. Seperti pergeseran musim yang tidak menentu. Kemarau berkepanjangan, tanah mulai kering dan tandus. Belum lagi jika terjadinya badai atau topan yang tiba-tiba. Terlebih sekarang semakin banyaknya hutan yang gundul, kawasan hijau yang berubah menjadi pemukiman atau pembangunan. Padahal fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas karbondioksida CO2 maupun beracun lainnya di udara. Pohon juga menjadi sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup di bumi karena menghasilkan oksigen atau O2. Bahkan hutan berfungsi sebagai penyerap gas CO2 dan penghasil O2. Selain itu pohon juga memiliki fungsi untuk menampung dan menyimpan air dalam jumlah besar. Lalu bagaimana jika hutan kita semakin rusak dan keberadaannya pelan-pelan mulai hilang?  Bagaiman kehidupan kita selanjutnya?

Adalah J. Sterling Morton seorang pecinta alam asal Amerika yang sangat gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon. Dari dialah kini kita mulai mengenal Hari Pohon yang jatuh pada tanggal 21 November. Melalui Hari Pohon ini nantinya dapat mengingatkan kita semua dan Sobat Muncak untuk memahami pentingnya pohon bagi kehidupan manusia dan semua mahluk hidup di bumi. Yaitu untuk memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam, melindungi habitat dan tempat hidup semua mahluk hidup di dunia.

Baca Lainnya:   10 Fakta yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Merbabu

Sobat Muncak berikut ada beberapa fakta unik tentang pohon atau hutan yang perlu kita ketahui dan semoga dapat mengingatkan kita kembali tentaang peran pentingnya pohon bagi kehidupan kita bersama, yuk disimak :

  1. Jika menanam 20 juta pohon, dunia dan penduduknya akan mendapat lebih dari 260 juta ton oksigen dan menghilangkan 10 juta CO2.
  2. Area pepohonan membuat kita lebih rileks dan mengurangi tingkat stress.
  3. Lebih dari 121 tanaman dari hutan yang dapat digunakan sebagai obat.
  4. Hutan menutupi sekitar 30% permukaan bumi.
  5. Pohon dapat meningkatkan nilai property rumah yang dikelilingi pohon-pohon dan memiliki harga lebih tinggi sekitar 18-25%.
  6. Sebuah pohon berukuran sedang mampu memproduksi oksigen yang dapat digunakan satu keluarga yang terdiri dari empat orang untuk bernafas.
  7. Hutan hujan tropis menutupi 67% permukaan bumi yang di dalamnya terdapat spesies tumbuhan dan hewan di dunia.
  8. Tiga pohon yang ditanam di sekeliling gedung dapat mengurangi pemakaian pendingin ruangan dari yang tidak memiliki pohon.
  9. Sekitar 1,6 milyar penduduk dunia bergantung pada produk hutan untuk kehidupan mereka.
  10. Berkurangnya hutan, dapat memberikan emisi global gas rumah setiap tahunnya sebanyak 12-17 %.

Sepuluh fakta tentang pohon di atas hanya beberapa saja dari fakta pohon yang ada dan tentunya masih banyak fakta unik tentang pohon bagi kita semua. Nah, bagaimana Sobat Muncak, manfaat pohon sangat penting bagi kehidupan kita semua. Mulai dari sekarang yuk menabung pohon untuk selamatkan bumi kita. Misalnya dengan menghijaukan pekarangan rumah dan sebagainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *