Inilah Pesona Wisata Tempat Caving di Indonesia!


Inilah Pesona Tempat  Wisata Caving Di Indonesia!    ̶    Indonesia memang tidak diragukan lagi pesona alamnya. Berjuta wisata indah ada di Indonesia, mulai dari wisata budaya, ragam keunikan serta pesona alamnya. Contoh keindahan wisata alam ialah adanya gunung yang tanpa malu berjejer-jerjer, lalu ada Pantai yang tak sungkan menunjukan kecantikan yang beradu dengan angin sepoi serta merdu suara ombak, dan ada lagi keindahan dalam kegelapan yang bernama Goa. Ya, perlu Sobat Muncak ketahui, Indonesia juga memiliki goa yang sangat indah. Oleh sebab itu untuk menelusuri goa yang indah dilakukanlah kegiatan caving. Caving ialah kegiatan menelusuri goa untuk menemukan pesona-pesona keindahan goa yang tersembunyi. Hanya dengan caving, Sobat bakal temukan petualangan unik dengan hal yang Sobat tidak duga sebelumnya. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dibahas tentang 5 goa di Indonesia yang memiliki pesona goa yang sangat indah dan direkomendasikan untuk Sobat lakukan caving di goa itu. Goa-goa tersebut antara lain:

Goa Buniayu, Sukabumi

Sukabumi yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa memang memiliki karst yang bentukannya sangat menarik. Karst tersebut bisa membentuk suatu goa yang tentu akan epic bila Sobat lakukan caving disana. Goa Buniayu ini sangat indah terutama pesona stalaktit dan stalakmitnya yang tentu akan membuat Sobat merasa bersyukur pernah caving di goa ini.

Goa Luweng Jaran, Pacitan

Tidak menyangkal lagi bila Pacitan ialah salah satu destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Selain pantainya yang epic tentu Sobat jangan lupakan pesona goa yang sangat indah di Pacitan. Salah satu goa teindah dipacitan yang cocok untuk kegiatan Caving ialah goa Luweng Jaran. Goa ini ialah goa paling panjang se-Indonesia yaitu 25 km. Mulut goa ini juga berupa vertikal artinya harus dituruni terlebih dahulu sebelum  melakukan caving, serukan Sobat!

Baca Lainnya:   Mau Caving? Persiapkan Alat-Alatnya Dulu!

Goa Cerme, Jogja

Jogja juga punya goa yang cocok untuk caving yakni Goa Cerme. Goa ini sangat direkomendasikan untuk para cavers pemula, karena pola caving goa ini horizontal dan tidak terlalu susah. Di goa ini Sobat bakal temukan banyak sesajen karena goa ini dipercaya sebagai tempat mencari keberuntungan. Goa Cerme ini pun juga merupakan tempat bersejarah juga karena goa ini ialah tempat pertemuan para Walisongo pada dahulu kala.

Goa Keraton, Bogor

Vertikal caving goa Keraton

Vertikal caving goa Keraton

Bila Sobat mencari tantangan caving, maka Goa di Bogor ini sangat cocok sebagai destinasi Sobat. Namanya Goa Keraton. Goa ini sistemnya vertikal sehingga perlu perlengkapan yang lengkap untuk caving digoa ini. Namun dibalik kesusahan caving, Sobat akan temukan keindahan ornamen-ornamen didalamnya. Kerenlah pokoknya Sob!

Goa Kristal, Kupang

Bila Sobat inginkan Goa yang indah secara ornamen dan bisa untuk diving juga, maka Goa inilah solusinya. Goa Kristal terletak di Kupang, memang sangat indah. Dengan air yang sangat bening seperti kristal, akan memanjakan cave diving kalian Sobat. Sensasi cave diving membuat Sobat rasakan keseruan tiada tara menikmati alam indonesia. Menyelam menikmati bawah permukaan Goa yang tentunya menyimpan ornamen-ornamen indah yang siap buat mata kita terkagum-kagum.

Itulah 5 Goa yang kami rekomnendasikan untuk Sobat lakukan caving. Tentu saat caving sobat harus bawa perlengkapan yang lengkap guna untuk mendukung kegiatan caving yang berlangsung juga agar resiko kecelakaan saat caving bisa dihindari. So, selamat caving Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *