Istimewanya Goa Luweng Jaran


Istimewanya Goa Luweng Jaran   ̶   Kalau Sobat bicara tentang pesona keindahan Indonesia tentu gak akan pernah ada habisnya. Indonesia benar-benar kaya akan pesona alamnya. Jadi Sobat harus bangga ya jadi Orang Indonesia! Salah satu pesona yang membuat warga Indonesia harus bangga ialah Indonesia merupakan tempat yang memiliki goa yang sangat indah dan bagus. Indonesia yang memiliki sistem karst terutama yang terdapat di pesisir selatan Pulau Jawa benar-benar membentuk suatu goa yang sangat indah disana. Goa-goa tersebut kemudian bisa Sobat nikmati di kegiatan caving. Dengan caving Sobat bisa menemukan berbagai hal menarik yang tentu membuat Sobat berdecak kagum akan keindahan goa di Indonesia. Dan salah satunya ialah Goa Luweng Jaran, Pacitan. So, baca artikel ini sampai selesai ya Sobat, karena kita akan bahas tentang pesona keindahan dari Goa Luweng Jaran. Cekidot!

Goa Luweng Jaran ialah goa yang berada di wilayah Pacitan, Jawa Timur. Bukan rahasia lagi bila Pacitan memang menyimpan sejuta keindahan disana, salah satunya goa Luweng Jaran ini. Goa Luweng Jaran ini boleh dibilang cukup istimewa dan menarik buat para pecinta caving. Kenapa? Karena bila Sobat caving di goa ini maka Sobat akan jadi orang yang menyelusuri goa terpanjang se Indonesia! Yup, Goa Luweng Jaran menjadi Goa terpanjang se-Indonesia lho Sobat dengan panjangnya mencapai 25 km. Bayangkan saja, Sobat masuk dalam goa yang ujungnya masih 25 km dari jarak Sobat. Ekstrem bener kan Sob!.

Keistimewaan lain Goa Luweng Jaran yakni pada mulut Goa yang ternyata berbentuk vertikal. Artinya kita dituntut menuruni goa terlebih dahulu dari atas yang panjangnya ke bawah ialah 37 meter. Jadi bila Sobat ingin caving di goa ini haruslah memiliki peralatan yang lengkap. Dan yang harus Sobat pahami sebelum caving di goa ini ialah fisik Sobat harus benar-benar kuat, jadi Sobat harus sering olahraga dulu ya sebelum caving di goa ini. Lalu setelah itu Sobat bisa menyelusuri goa yang memiliki panjang 25 km. Artinya demi menaklukan goa ini, fisik jadi modal utama. Selain fisik Sobat mesti bawa peralatan lengkap. Dan jangan lupa konsumsi dan obat-obatan juga dibawa ya Sobat! Dan yang harus diperhatikan lagi oleh Sobat ialah teknik caving yang harus Sobat pahami untuk menaklukan Goa Luweng Jaran. Dengan paham teknik caving, Sobat akan terbantu saat caving di Goa ini. Tentu kerja keras yang kita lakukan demi menaklukan goa ini akan sebanding dengan apa yang kita dapat kok. Misal saja, akan banyak ornamen yang bentuknya sangat bagus, ditambah lagi suasana goa dan kebersamaan dengan tim akan memberikan kenangan yang gak terlupakan deh!.

Itulah ulasan istimewanya Goa Luweng Jaran yang wajib Sobat kunjungi bila Sobat ialah seorang pecinta caving. Dengan Sobat caving di Goa Luweng Jaran, Sobat akan merasakan sensasi keindahan Goa tersebut seperti stalaktit ataupun ornamen-ornamen yang bakalan memanjakan mata Sobat. Apalagi Sobat akan mendapatkan kebanggaan karena telah menaklukan goa terpanjang se-Indonesia!. Terakhir, selamat caving di Goa Luweng Jaran Sobat Muncak, pastikan tetap safety ya Sobat saat caving!

Baca Lainnya:   Asyiknya Berkuda di Unit Berkuda UGM, Serta Dapatkan Manfaatnya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *