Climber Wajib Tahu! Jenis-Jenis Carabiner


Climber Wajib Tahu! Jenis-Jenis Carabiner  ̶  Seperti di salah satu artikel sebelumnya yang bicara soal alat-alat wajib bagi para climber, kali ini kita akan membahas satu alat secara mendalam. Alat tersebut adalah carabiner. Carabiner sendiri adalah loop logam yang didesain dengan berbagai macam bentuk. Carabiner bisa digunakan di berbagai macam kegiatan petualangan mulai dari arboriculture, mendaki, bahkan sampai berlayar. Nah, carabiner ini sering juga dipakai untuk kegiatan pembangunan dan bahkan membersihkan jendela gedung karena memang carabiner adalah salah satu komponen wajib untuk keselamatan.

Carabiner dibuat dari bahan campuran yang keras yaitu baja dan juga alumunium. Carabiner memiliki berbagai macam bentuk yaitu:

  • Asimetris. Carabiner yang berbentuk asimetris adalah carabiner yang bentuknya berbeda dengan lengkungan yang ada di bagian bawah dan juga lengkungan di bagian atasnya. Biasanya lengkungan yang di bagian atas lebih kecil dari yang di bagian bawah. Dengan bentuk yang seperti ini, carabiner bisa miring dan tidak tetap di tempatnya.
  • Oval. Carabiner yang satu ini adalah carabiner yang memiliki bentuk asli dan belum mengalami perubahan. Carabiner yang satu ini adalah carabiner yang memiliki banyak fungsi dan biasanya dipakai di berbagai situasi dan kondisi. Tetapi carabiner jenis ini juga punya kelemahan yakni sering selip ketika dikaitkan dengan webing.
  • Pear. Carabiner yang satu ini memiliki bentuk seperti buah pir. Bagian ujungnya memang sengaja dibuat agak menyempit, sementara di ujung yang lain dibuat agak lebar. Fungsi cabiner pear ini biasanya dipakai untuk belay dan pada bagian yang luas dikaitkan dengan figur of eight.
  • Tipe D. Carabiner yang satu ini punya bentuk seperti huruf D dan lebih kuat dibandingkan dengan carabiner jenis yang lain dengan ukuran dan juga bahan yang sama. Kalau memakai carabiner D ini bebannya akan dipindah ke bagian lurus sehingga titik yang lemah berada di gate dan tidak menanggung beban penuh.

 

Baca Lainnya:   Hanya Ada 4? Inilah Komunitas Rock Climbing di Indonesia

Selain dibagi berdasarkan bentuknya, carabiner juga dibagi menjadi 2 jenis yang pas dengan fungsi yang dimilikinya. Jenis pertama yakni jenis yang tanpa pengunci, ada 3 jenis carabiner tanpa pengunci ini, antara lain:

  • Bent Gerbang. Artinya adalah gerbang yang melengkung dan membuatnya punya kesempatan untuk kliping sehingga bisa lebih mudah masuk dan keluar dalam situasi yang spesifik seperti tali yang dihubungkan ke QuickDraw.
  • Gerbang Lurus. Gerbang yang ini lebih dikenal dibandingkan yang lainnya.
  • Gerbang Kawat. Ini adalah gerbang yang memiliki berat yang ringan. Carabiner ini punya kekuatan yang sama dengan yang lain dan tidak rentan icing up.

 

Sementara untuk carabiner yang punya pengunci, antara lain adalah:

  • Pengunci Pegas. Carabiner ini punya pegas lengan keamanan yang harus di putar manual supaya bisa melepaskan diri. Carabiner pengunci pegas ini punya keuntungan mekanisme yang menjadi lebih kompleks dan menjadi susah dilepaskan kalau menggunakan sarung tangan.
  • Pengunci Sekrup. Carabiner yang satu ini punya bagian yang sedikit bergerak dibandingkan dengan carabiner yang lainnya. Melepaskan pengait ini juga lebih mudah dan bisa menggunakan satu tangan saja.

Well, kalau Sobat sudah menenentukan salah satu dari sekian banyak pilihan carabiner diatas, Sobat Muncak bisa langsung membelinya. Carabiner sendiri harganya tak terlalu mahal, tapi karena bahannya dari aluminium dan besi, Sobat Muncak wajib menjaganya dari goncangan dan gesekan. Kalau misalnya carabiner ini sering jatuh, maka bisa jadi komponen yang ada di dalamnya rusak dan berbahaya jika dipakai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *