Kenali Tipe Sepatumu yang Tepat

Apakah sobat pernah mengalami kaki yang melepuh setelah melakukan pendakian? Atau sobat pernah tergelincir ketika melewati batuan yang licin?. Salah memilih sepatu dapat menyebabkan kedua hal tersebut lohh. Dengan menggunakan sepatu yang tepat maka akan membuat sobat dapat menjelajahi alam dengan nyaman.

Step pertama ketika  sobat memilih sepatu untuk menjelajah gunung lupakan tentang tampilan luar sepatu, warna, dan harga. Mulai pertimbangkan untuk  memilih berdasarkan kenyaman, daya tahan, stabilitas, bobot sepatu, kehangatan dan daya tahan terhadap air. Nah, sebelum memilih sepatu, kenali tipe sepatumu yang tepat dengan mengajukan pertanyaan ini untuk mempertimbangkan pilihan yang tepat.

  1. Kemana saya berencana untuk mendaki?
  2. Apa jenis permukaan tanah yang akan saya lewati?
  3. Berapa lama perjalanan yang akan saya lewati?
  4. Berapa beban barang yang biasa saya bawa?
  5. Seberapa perlu menggunakan bantuan engkel protektor?
  6. Apakah saya melakukan pendakian di cuaca hujan dan dingin?

Setelah menjawab pertanyaan tersebut maka sobat setidaknya sudah mengetahui tujuan dari membeli sepatu dan dapat memilih sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Nah, masuk ke step kedua yaitu memilih sepatu sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Secara garis besar terdapat 5 tipe sepatu yang sering digunakan untuk aktivitas di gunung yang mana setiap tipe memilki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan sobat tidak salah untuk memilih yaa.

 

hiking-shoes

  1. Hiking shoes

Jika diperhatikan bentuk hiking shoes memilliki kemiripan dengan sepatu lari serta memiliki lapisan alas yang tebal dan lebih bergelombang.  Jika dibandingkan dengan boots, sepatu ini memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih fleksibel. Jenis sepatu ini ada yang berjenis waterproof dan ada yang tidak. Nah, jika sobat sering melewati  daerah yang berbatu lebih baik memilih lapisan non waterproof, karena bebatuan yag tajam dapat merusak lapisan tersebut.

Hiking shoes paling baik jika digunakan untuk kegiatan dayhiking, pendakian pendek, backpacking dengan beban ringan dan medium,  orang yang berpengalaman backpacking di medan kasar, jenis pendakian thruhiking dan yang hanya sebentar. Hiking shoes juga dapat digunakan pada medan tidak terlalu curam, berbatu and basah.  Bagi sobat pendaki yang sudah profesional yang membawa beban berat dan melakukan perjalanan dengan trek yang jauh masih dapat menggunakan sepatu ini, kenapa? Karena mempertimbangkan kekuatan dan otot bagian kaki, betis, dan pergelangan kaki yang telah terbentuk sehingga tidak terlalu bergantung pada dukungan sepatu.

 

hiking-boots

  1. Hiking boots

Dari namanya saja sudah terlihat perbedaan utama dengan hiking shoes, yaitu pada leher sepatu. Ciri khas dari sepatu ini adalah memiliki bentuk yang tinggi semata kaki sehingga memungkinkan perlindungan dan stabilitas engkel. Sepatu ini umumnya memilih bahan  yang lebih kaku dan memiliki bobot yang lebih berat dari hiking shoes. Kelebihan utama dari sepatu ini yang bikin sobat ngga rugi buat beli adalah memiliki perlindungan engkel yang baik serta perlindungan lebih pada jari kaki, terdapat jenis waterproof, dan memiliki ketahanan terhadap abrasi. Namun, dibandingkan hiking shoes sepatu ini jauh lebih ribet karena memiliki tali yang lebih panjang sehingga untuk membuka dan memasang sepatu memerlukan waktu yang lebih lama. Selain itu, sepatu ini lebih tidak awet digunakan dari pada hiking shoes.

Sob, jenis sepatu ini paling baik untuk semua tipe pendakian yang memerlukan perlindungan engkel seperti mendaki di tempat curam, tempat pendakian yang berlumpur, terdapat genangan air, atau bersalju. Beban backpacking medium dan high, medan kasar, tempat pendakian yang dingin serta kegiatan city tour ditempat hujan dan bersalju.

Baca Lainnya:   6 Tips Pendakian Di Saat Bulan Ramadhan

 

trail-running

  1. Sepatu trail running

Sepatu jenis trail running berbeda dengan sepatu running pada umumnya. Sepatu trail running di rancang untuk berlari di medan yang cukup berat maka dari itu sepatu ini memiliki perlindungan yang lebih untuk dapat  melewati medan yang berkerikil, berpasir, menurun, memanjang, licin dan lain sebagainya. Ciri khas dari sepatu ini didisain lebih rendah agar keseimbangan pelari lebih terjaga, sol sepatu dirancang dengan kesan agresif dan kaku serta terbuat dari lapisan khusus nilon plastic (senyawa khusus) agar lebih fleksibel walaupun bersifat kaku. Leher sepatu dirancang berada dibawah mata kaki agar lebih fleksibel. Bagian dalam sepatu kadangkala dibuat tidak empuk, namun ada pula yang dibuat lebih nyaman bagi pelari

Dari namanya aja sepatu ini sudah jelas paling baik digunakan untuk kegiatan trail running. Selain itu juga dapat digunakan untuk dayhiking dengan permukaan jalur yang halus, lightweight backpacking, pendakian cepat bagi mereka yang terbiasa menggunakan sepatu lari, serta  thruhiking dengan beban sangat ringan.

 

approaches-shoe

  1. Approaches Shoes

Jenis sepatu ini merupakan perpaduan antara sepatu hiking dengan sepatu mendaki. Biasanya digunakan oleh para pendaki agar dapat melewati medan berbatu dan memang khusus didisain untuk kegiatan panjat tebing. Tali sepatu didisain sedemikian rupa agar tetap kencang digunakan dan tidak mudah lepas saat kegiatan panjat tebing. Sol sepatu sangat lembut digunakan untuk menghindari kaki lecet dan sakit saat menginjak bebatuan.

 

45364

  1. Mountaineering boots

Mountaineering boots dirancang untuk digunakan pada kondisi yang ekstrim dan lingkungan pegunungan. Sepatu ini memiliki leher sepatu yang lebih tinggi, sol yang lebih kaku, waterproof, serta bagian sol luar yang dapat dilepas. Biasa digunakan pada pendakian ditempat es, melintasi glestser atau treking dalam kondisi musim dingin. Karena sepatu ini dirancang untuk pendakian ekstrim maka memiliki disain isolasi udara yang sangat baik untuk menjaga suhu kaki tetap hangat dan Jenis sepatu ini sangat bisa digunakan untuk pendaki yang membawa beban berat.

 

Nah sobat, sudah mengetahui macam-macam jenis sepatu yang tepat untuk perjalan yang ingin di tempuh kan?. Step terakhir yaitu memastikan sepatu nyaman dan pas di kaki, pastikan tumit tidak terangkat dan terpisah dari alas sepatu, serta jari kaki memiliki ruang yang cukup dan dapat digoyangkan. Jangan lupa untuk mencobanya juga dengan menggunakan kaus kaki. Terakhir, saat sobat sudah memilih sepatu yang menurut sobat nyaman, gunakan sepatu sobat untuk berkegiatan paling tidak selama 2 minggu. Hal tersebut untuk memastikan sepatu benar-benar nyaman digunakan. Sobat pastinya nggak mau merasakan lecet dikaki gara-gara sepatu yang digunakan salah dan kurang nyaman kan?. Hal ini harus dilakukan sebelum melakukan pendakian besar dan terutama pada sepatu yang memiliki pelindung engkel. Sekian ulasan tentang sepatu ya sobat Muncak, selamat memilih sepatu.

 

Sumber:

  1. http://www.backpacker.com/gear/gear-choosing-the-right-pair-of-hiking-boots
  2. http://www.outdoorgearlab.com/Hiking-Shoes-Reviews/Buying-Advice
  3. https://www.backcountry.com/explore/how-to-choose-the-right-hiking-shoes-backpacking-boots#
  4. https://cadventura.com/tips-memilih-tipe-sepatu-gunung/
  5. http://www.backpackerguide.nz/how-to-choose-a-good-pair-of-hiking-boots/
  6. http://www.superadventure.co.id/on-the-go/gears/kenali-sepatu-khusus-trail-running
  7. https://www.rei.com/product/763736/keen-voyageur-hiking-shoes-womens
  8. https://gearjunkie.com/arcteryx-trail-running-shoe-norvan-vt
  9. http://www.climbing.com/gear/review-our-top-5-approach-shoes/
  10. https://www.rei.com/product/850766/keen-verdi-ii-mid-wp-hiking-boots-womens
  11. http://www.danner.com/men/hike?___store=default_danner_int

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *