Komunitas Diving Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!


Komunitas Diving Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!  ̶  Halo Sobat Muncak! Udah menjelajah kemana aja nih? Atau masih bingung mau memulai penjelajahan dari mana? Atau… Sobat Muncak ada yang menyukai diving tapi nggak tau mau gabung sama siapa atau mau belajar kemana? Tenang Sobat Muncak, di artikel kali ini kita akan coba bahas soal komunitas diving Indonesia yang bisa jadi salah satu jalan Sobat Muncak pecinta diving untuk memulai perjalanan menjelajah bawah laut.

Olah raga yang satu ini memang bukan olah raga yang murah. Meskipun begitu tetap saja ada beberapa komunitas yang didirikan di Indonesia untuk mengayomi para pecinta diving yang ada di Indonesia. Berikut daftar komunitas diving Indonesia yang wajib Sobat Muncak tahu:

1.     Indonesian Women In  Diving

Komunitas diving Indonesia pertama yang wajib Sobat Muncak adalah Indonesian Women In Diving. Yups! Ini adalah komunitas diving khusus perempuan. Sobat Muncak perlu tahu kalau olah raga menyelam sangat identik dengan lelaki. Padahal nggak cuma lelaki aja yang menggeluti olah raga ini karena perempuan juga banyak yang menikmati kegiatan ini. Nah, karena banyaknya perempuan yang mulai menggeluti olah raga ini, maka Kementrian Pariwisata dan juga Nunung Hasan yang bekerja sebagai penyelam profesional mendirikan sebuah komunitas Diving untuk perempuan, yakni Indonesian Women in Diving.

Sobat Muncak yang perempuan boleh banget gabung komunitas ini. Kalau yang cowok nggak tahu ya, mau gabung buat nyelam apa sambil nyelam minum air? Nyari gebetan juga? Hahaha. Oke, lanjut ngomongin komunitas ini lagi, komunitas ini bisa dibilang unik karena bisa diikuti oleh semua perempuan Indonesia. Tidak ada pendaftaran dan keanggotaan, semua perempuan Indonesia bisa ikut komunitas ini.

Nah, bagi Sobat Muncak yang cewek nih, kalau ingin mengikuti kegiatan Indonesian Women in Diving, bisa langsung melihat berita acaranya di beberapa majalah dan juga website Scuba Diver Indonesia. Nggak ada batasan untuk peserta, syaratnya Cuma satu, perempuan! Jadi bagi para lelaki, cari komunitas yang lain ya!

Baca Lainnya:   Apa itu Wetsuit dan Tips Membelinya

Kalau berdasarkan data dari PADI atau Professional Association of Diving Instructors ini, sekarang ada 63,9 persen penyelam lelaki dan 36,1 persen penyelam wanita yang memiliki sertifikasi di seluruh dunia. Kalau di Indonesia sendiri, dari 35.000 sertifikat yang dikeluarkan, komposisinya 59 persen laki-laki dan sisanya perempuan.

2.     Komunitas Guerilla dive

Komunitas selanjutnya adalah sebuah komunitas diving yang ada di Jakarta yang bernama Guerilla dive. Komunitas ini terbentuk dari sekumpulan murid Guerilla dive yang begitu aktif melakukan kegiatan diving. Misalnya latihan diving di Jakarta, tepatnya biasanya di kolam renang Senayan, dan juga Dive Trip ke beberapa tempat di Indonesia, mulai dari yang terdekat yakni Pulau Seribu, Pulau Sepa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Bali, sampai Raja Ampat.

Jika ingin bergabung dengan komunitas ini, langkah pertama adalah ikut kursus belajar diving untuk pemula. Jika sudah tergabung, Sobat Muncak akan menjadi member dari Komunitas ini dan bisa melakukan kegiatan diving dengan mudah di banyak tempat di Indonesia.

3.     Freedive Jakarta

Komunitas Freedive Jakarta

Komunitas berikutnya adalah komunitas Freedive Jakarta. Komunitas ini adalah komunitas free diving yang berlokasi di Jakarta dan memiliki visi menjadi komunitas free diving Nasional dan mengajarkan pada para anggotanya untuk bisa menjadi freediver yang bertanggung jawab dan selalu melakukan selam bebas dengan cara yang bertanggung jawab dimana saja dan kapan saja serta selalu menjaga kelestarian lingkungan bawah laut. Pas banget untuk Sobat Muncak yang pengen belajar freedive nih.

Freedive Jakarta ini biasanya melakukan latihan rutin setiap hari Minggu dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang di Kolam Renang GBK, Senayan.

Nah, kira-kira itulah beberapa komunitas diving yang ada di Indonesia yang bisa Sobat Muncak ikuti. Di beberapa daerah lain juga ada pastinya, tinggal mencari informasi yang tepat saja. Apalagi di tempat-tempat yang punya pemandangan bawah laut yang keren.

Kira-kira itu informasi untuk Sobat Muncak pecinta dunia bawah laut. Sampai jumpa di artikel berikutnya! Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *