Lari Malam Hari di Jogja? Yuk Gabung Komunitas Lari Playon


Lari Malam Hari di Jogja? Yuk Gabung Komunitas Lari Playon   ̶    Olahraga lari atau lebih dikenal dengan sebutan joging biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Tetapi menjadi tidak biasa jika dilakukan dimalam hari. Apakah Sobat Muncak pernah melakukan olahraga lari dimalam hari? Bagaimana sensasinya? Adalah Playon Jogja sebuah komunitas lari di Jogja yang merupakan cabang regional Jogja dari Indorunners. Komunitas Lari Playon Jogja merupakan hasil sayembara yang dilakukan oleh anggota komunitas yang saling bertukar ide dengan slogannya “Jogja Berlari Nyaman”.

Pada tahun 2012 Playon Jogja yang merupakan bentuk inisiatif dari Mbak Thea sebagai coordinator mulai mengajak orang-orang di Jogja untuk berlari bersama melalui grup Facebook Indorunners. Saat itu kebetulan bulan puasa sehingga kegiatan lari baru bisa dilaksanakan pada malam hari. Sejak saat itulah kegiatan rutin yang dilakukan adalah Thursday Nite Run (TNR) yaitu kegiatan lari yang dilakukan setiap kamis malam.

Ada dua kegiatan rutin Playon Jogja yaitu lari setiap kamis malam, Thursday Nite Run (TNR) pukul 19.00-20.00 WIB dengan titik kumpul depan BCA Sudirman dan setiap Minggu pagi, Sunday Morning Sun (SMR) pukul 06.00-07.30 WIB dengan Graha Sabha Pramana (GSP) UGM yang menjadi titik kumpul. Selain itu ada juga kegiatan Long Run atau lari jarak jauh yang diadakan setiap bulannya.

Pada kegiatan TNR para peserta dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu kelompok satu untuk Sobat Muncak yang sudah sering berlari dengan jarak tempuh 6 km, kelompok kedua ditunjukkan untuk Sobat Muncak yang masih berlatih berlari dengan jarak tempuh 5 km dan yang kelompok yang ketiga ditunjukkan untuk pemula dengan jarak tempuh 4 km. Jangan lupa juga gunakan pakaian yang berwarna cerah untuk alasan keselamatan. Ada yang menarik dari setiap kelompok tersebut karena selalu didampingi oleh Kapten, Marshall dan Swipper. Kapten bertugas untuk memimpin dan mengatur kecepatan dalam kelompok. Petugas yang mengatur barisan,  menyebrang jalan, menghentikan  motor dan mobil ditambah membawa lighstick untuk penanda disebut Marshall. Sementara itu, ada juga yang bertugas menemani anggota yang tertinggal di belakang agar tidak ketinggalan adalah tugas seorang Swipper.

Sementara itu kegiatan yang kedua adalah Sunday Morning Run (SMR) yaitu kegiatan lari rutin Minggu dengan jarak tempuh sekitar 10 km dengan rute sekitaran kampus UGM. Namun, tidak menutup kemungkinan Sobat Muncak akan diajak mengelilingi kota Yogyakarta, menuju Malioboro dan kembali lagi ke GSP. Sedangkan kegiatan Long Run atau lari jarak jauh nantinya Sobat Muncak akan diajak berlari menuju candi di daerah Sleman, seperti Sambisari, Barong dengan jarak tempuh 12 km hingga 16 km. Untuk jarak tempuh terjauh yang pernah dilakukan Komunitas Playon adalah 18 km dengan lari mengelilingi Waduk Sermo.

Karena bersifat terbuka, Komunitas Playon tidak memiliki struktur organisasi dan keanggotaan. Seperti yang diungkapkan mbak Thea, Komunitas Playon Jogja hanya ada koordinator dan co-koordinator saja. Karena Playon Jog ja  ingin mengajak siapapun untukbergabung tanpa adanya biaya keanggotaan dan sebagainya. Jumlah anggotanya pun tak pernah dicatat secara rinci, namun disetiap kegiatan biasanya ada sekitar 50 orang yang hadir sementara di grup Facebook Playon Jogja berjumlah 700 orang.

Baca Lainnya:   Peran Avtech Dalam Peka Bencana Jogja dan Pacitan

Kini Jogja marak diselenggarakan event lari, mulai dari Jogja Nite Run, Glow Run, dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan Playon Jogja cukup selektif dalam memilih event lari dan memiliki beberapa kriteria khusus untukbergabung. Kriteria tersebut adalah:

  1. Jarak lari minimal 5 km.
  2. Setiap peserta harus mendapat tanda peserta, misal nomor atau nama peserta.
  3. Jalanan yang dilalui harus bebas dari kendaraan bermotor
  4. Panitia harus berkomitmen untuk menjaga keamanan.

Di luar itu, dari beberapa anggota Playon Jogja pernah mengikuti beberapa event lari di luar Jogja juga yang berskala internasional seperi Bali Marathon, Jakarta Marathon, dan lainnya sampai keluar negeri.

Playon Jogja juga memberikan edukasi tentang lari saat kegiatan rutin sedang berlangsung atau dengan cara briefing kepada para anggota. Edukasi tersebut misalnya tentang cara bagaimana cara lari yang benar, cara pemanasan, pendinginan dan lain-lain. Edukasi tersebut juga diberikan melalui media sosial di Facebook dengan bacaan-bacaan yang memberikan berbagai informasi tentang cara lari yang benar dan lain sebagainya.

Olahraga lari merupakan olahraga yang mudah dan murah dilakukan yang dapat menyehatkan tubuh. Tentunya akan sangat menyenangkan dilakukan jika tidak hanya seorang diri tetapi dengan kawan, keluarga maupun orang terkasih. Jika ingin menemukan kawan baru atau memperluas relasi akan sangat seru dan menyenangkan jika Sobat Muncak lari bersama Komunita Playon Jogja, yuk segera gabung! Dan rasakan sensasi serunya lari malam hari di Jogja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *