Lava Tour, Menikmati Merapi dari Atas Jeep


Lava Tour, Menikmati Merapi dari Atas Jeep  ̶  Pengen mencoba sebuah pengalaman liburan yang baru? Pengalaman liburan yang memacu adrenalin dengan menyusuri lereng sebuah gunung dan bahkan melewati aliran bekas erupsi? Gampang saja, Sobat Muncak tinggal datang ke Lereng Merapi dan jajal keseruan Lava Tour yang ditawarkan salah satu pengelola wahana wisata di lereng Merapi tersebut.

Gunung yang sudah terkenal dimana-mana dan memiliki nilai historik yang tinggi untuk rakyat Jogja ini hampir setiap 4 tahun selalu mengeluarkan erupsi dan memuntahkan vulkanik. Memang merupakan gunung api yang paling aktif di dunia. Tapi meskipun begitu, tempat ini tak pernah sepi pengunjung dan selalu saja ada orang yang ingin datang lagi dan lagi ke tempat ini.

Dulu, pasca erupsi besar yang terjadi di tahun 2010, kawasan selatan Merapi ini memang jadi rata oleh tanah dan hanya menyisakan lautan pasir yang sangat luas. Tapi kesedihan atas bencana erupsi itu tak terlalu lama Para warga kemudian berhasil mengubah petaka menjadi sebuah berkah dengan menawarkan sebuah paket wisata yang baru yakti Lava Tour.

Kalau Sobat Muncak menjajal wahana yang satu ini, Sobat Muncak akan diajak untuk menjelajahi merapi dengan memakai Jeep yang pastinya akan sangat seru! Selain itu Sobat Muncak akan melewati beberapa rute yang menawarkan pemandangan yang luar biasa indah! Selain itu ada juga beberapa pilihan rute yang bisa kamu pilih.

Kegiatan Selama Menikmati Lava Tour Merapi

Kegiatan pertama yang pastinya bisa kamu lakukan tentunya adalah touring menggunakan jeep terbuka yang mana Sobat Muncak akan bisa melihat pemandangan yang keindahannya tak ada duanya. Percayalah, perjalanan menggunakan jeep itu adalah salah satu daya tarik yang tak bisa Sobat Muncak tolak.

Selain itu, Sobat Muncak juga akan mengunjungi Mini Museum Sisa Hartaku. Museum ini adalah sebuah museum yang dibuat oleh warga sekitar yang menampilkan barang-barang penduduk sekitar yang hangus diterjang lahar panas Merapi. Kamu akan bisa melihat botol kaca yang meleleh, tengkorak sapi, motor yang sudah tinggal rangkanya saja, tembok yang hancur, dan semua peralatan penduduk yang tersisa setelah bencana besar itu menerpa.

Setelah menikmati mini museum tersebut, kamu akan dibawa ke sebuah tempat yang menjadi tempat perlindungan ketika erupsi terjadi. Yakni sebuah bunker yang ada di kawasan Kaliadem. Disini kamu bisa melihat Merapi yang gagah dan juga bisa masuk ke dalam bunker yang sudah menyelamatkan banyak nyawa.

Lokasi Menuju Lava Tour Merapi dan Rutenya.

Di Lava Tour Merapi ini ada 2 starting point. Pertama adalah di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang lalu yang kedua ada di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo. Kalau dari Kota Jogja, bisa Sobat Muncak tempuh memakai kendaraan pribadi selama 30-45 menit. Kalau misalnya ingin naik angkutan umum, bisa naik dari Terminal Condongcatur, lalu naik angkot ke jurusan Jogja-Kaliurang lalu turun di Terminal Tlogo Putri.

Kalau soal harga dan paketnya apa saja, berikut penjelasannya:

  • Short Trip

Short trip ini menawarkan durasi sekitar 1-1,5 jam dan tarifnya 400 ribu rupiah. Rutenya sendiri dimulai di Dusun Ngrangkah, lalu ke Mini Museum Sisa Hartaku, lalu ke Batu Alien, dan selanjutnya ke Bunker Kaliadem.

  • Medium Trip

Menawarkan durasi 2 jam perjalanan dan tarifnya 450.000. Ada 3 opsi rute, pertama yaitu Dusun Ngrangkah, Mini Museum, Batu Alien, Bunker Kaliadem, dan Makam Mbah Maridjan. Lalu opsi kedua dimulai dari Dusun Ngrangkah, lalu ke Mini Museum, berlanjut ke Batu Alien, lalu ke Bungker, dan terkahir ke Taman Nasional Plunyon. Opsi ketiga pun sama, hanya setelah sampai di Batu Alien, kita akan dibawa langsung ke Kali Kuning untuk menjajal Jeep yang berjalan di sekitar sungai.

  • Long Trip

Kalau paket yang satu ini menawarkan durasi perjalanan 2-2.5 jam dan tarifnya 550.000 rupiah. Trip ini menawarkan 2 opsi rute. Pertama start dari dusun Ngrangkah, lalu ke Museum Mini, lanjut ke Batu Alien, lalu ke Bunker Kaliadem, mampir sebentar di Makam Mbah Maridjan, lalu ke Bukit Glagah Sari, Klangon. Opsi Keduanya adalah setelah sampai di Bunker, kita akan di bawa ke Kali Kuning sebagai tujuan terakhir.

  • Sunrise trip

Trip yang ini dimulai sangat pagi, sekitar pukul 04.30 pagi dengan durasi 2.5 jam dan tarifnya 450.000. Rutenya dimulai di Dusun Ngrangkah, lalu ke Bukit Kaliadem, lanjut ke Batu Alien, dan yang terakhir ke Museum Mini.

Tarif-tarif di atas tentunya sudah termasuk asuransi untuk 4 orang penumpang. Jadi liburan ini aman untuk siapapun. Jadi tunggu apalagi?! Langsung saja datang ke Merapi dan jajal wahana yang satu ini!

Baca Lainnya:   Hari Pohon Sedunia: Yuk Menabung Pohon Untuk Selamatkan Bumi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *