Manfaat & Pertimbangan Dalam Memilih Wetsuit untuk Diving

Wetsuit

Macam-Macam Wetsuit


Manfaat & Pertimbangan Dalam Memilih Wetsuit Untuk Diving  ̶  Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga diving ialah olahraga yang sangat memanjakan mata. Alasannya ialah karena dengan diving kita bisa melihat keindahan bawah laut. Namun olahraga ini bisa dibilang susah karena untuk diving pun harus mempunya lisensi. Lisensi itu diberlakukan agar meminimalisir adanya kecelakaan pada saat diving. Dan salah satu upaya agar diving itu aman ialah harus paham perlengkapannya apa saja. Salah satu perlengkapan diving yang penting ialah wetsuit. Wetsuit ialah baju selam yang digunakan untuk diving. Mengapa Sobat perlu baju renang saat diving? Alasannya akan Sobat temui diartikel ini, so baca terus ya!

Wetsuit adalah perlengkapan pokok yang harus ada saat diving. Digunakannya wetsuit ialah agar penyelam dapat percaya diri saat berada dibawah laut serta menjamin penyelam kembali ke permuakan karena setiap wetsuit pastinya memiliki daya apung yang berbeda-beda. Selain itu, manfaat lainnya ialah dengan menggunakan wetsuit maka diver akan memiliki kehangatan yang cukup saat menyelam. Hal tersebut dikarenakan bahan wetsuit ialah material karet yang mampu memerangkap lapisan air diantara kulit dan pakaian. Sehingga dengan material tersebut bisa mencegah diver menjadi hipotermia. Manfaat kedua ialah berkaitan dengan kecepatan diving. Dengan Wetsuit mampu mengurangi hambatan didalam air. Sehingga diver diberikan posisi tubuh yang baik untuk diving serta daya apung yang membuat pergerakan diver menjadi lebih dinamis. Manfaat ketiga yang harus dipahami Sobat Muncak ialah Wetsuit bisa menghemat energi saat diving! Karena dengan wetsuit mau berenang dengan kecepatan tinggi ataupun rendah, energi yang dikeluarkan tetap sama. Dahsyatkan manfaat wetsuit Sobat!

             Sobat Muncak bila ingin diving akan dihadapkan dengan masalah bagaimana cara memilih wetsuit yang sesuai agar kelebihan wetsuit bisa didapat. Berikut Muncak.id akan berikan pertimbangan apa saja yang harus Sobat Muncak pahami sebelum membeli Wetsuit.

  1.    Bahan Neoprone

 

Wetsuit yang baik ialah menggunakan bahan neoprene. Bahan neoprone yang baik ialah tebal, fleksibilitas dan memiliki grade yang berbeda-beda. Perbedaan grade ini akan sangat berguna terkait kedinamisan gerakan. Biasanya terdapat lapisan lebih tipis disekitar bahu, yang membuat Sobat lebih dinamis dalam bergerak.

Baca Lainnya:   Free Dive! Salah Satu Cara Paling Murah Nikmati Bawah Laut

2.    Daya Apung

Daya apung ini berkaitan dengan bobot. Bobot yang dimaksud berkaitan dengan tebalnya wetsuit. Semakin tebal Wetsuit maka memiliki nilai daya apung yang tinggi namun juga berpengaruh dibobot yang harus diterima diver. Semakin tebal wetsuit maka kecepatan juga makin rendah.

3.    Neck Line Rapat

Wetsuit yang baik dan sesuai haruslah nyaman saat dipakai. Hal ini penting karena neck line sebelum dibeli harus benar-benar dicek apakah memiliki kemampuan menutupi dibagian leher dengan sangat baik sehingga air tidak masuk atau bahkan sebaliknya. Neck line yang bagus tidak akan membuat diver merasa risih saat memakai.

4.    Risleting

Risleting dalam wetsuit juga berkaitan dengan tingkat kenyamanan saat diving. Tentu model resleting ada dua yakni model dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Namun kedua model ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Muncak menyarankan ke Sobat Muncak semuanya bahwa yang lebih baik dipilih ialah resleting yang dari atas ke bawah. Alasannya ialah karena pada saat diving bila resleting dari atas kebawah maka resleting tersebut tidak akan melorot saat digunakan. Selain itu pada saat pelepasan juga tergolong cepat.

5.    Taped Seams dan Catch Panel

Wetsuit yang bagus haruslah memliki taped seams. Taped seams ini berada dipergelangan tangan dan kaki, fungsinya untuk membantu saat pelepasan wetsuit. Selain itu wetsuit juga harus memiliki catch panel yang berada pada lengan bawah yang berguna untuk meningkatkan gaya dorong tangan saat diving.

Itulah pertimbangan-pertimbangan yang harus Sobat Muncak pahami soal Wetsuit sebelum membeli Wetsuit. Dengan memahami fungsi dan manfaat Wetsuit untuk diving tentu Sobat Muncak kini sudah punya gambaran tentang bagaimana cara membeli wetsuit yang baik. Karena dengan wetsuit yang baik maka diving pun juga akan baik. So, belilah wetsuit yang baik ya Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *