Manfaatkan Aplikasi Untuk Mempermudah Pendakian

Aplikasi yang digunakan selama pendakian


Manfaatkan Teknologi dan Aplikasi Untuk Mempermudah Pendakian     ̶     Berlibur merupakan salah satu cara asik yang dapat Sobat Muncak lakukan untuk mengatasi stress atau sekedar untuk menyegarkan pikiran. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berlibur, salah satunya adalah mendaki. Kini mendaki dapat dilakukan dengan mudah karena semakin banyaknya komunitas mendaki yang memiliki jadwal rutin untuk mendaki, bisa sekali sebulan atau mungkin lebih sering sekali seminggu. Bahkan travelling kini menjadi semakin mudah karena diera digital mulai banyak tercipta alat canggih yang mempermudah travelling Sobat Muncak sekalian.

Terkadang jalur pendakian menjadi tak menentu, terlebih jika itu adalah jalur baru. Para pendaki akan merasa kesulitan untuk menemukan jalur yang tepat agar sampai puncak dan kembali pulang dengan selamat. Perpaduan teknologi dan aktivitas travelling kini telah menghadrikan alat dan aplikasi canggih seperti GPS yang dapat mengurangi kemungkinan tersesat saat mendaki. Aplikasi GPS dan anti nyasar ini juga memiliki fitur yang cukup baik sebagai penunjuk jalan. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk para pendaki saat mendaki.

1.   Back Country Nav Topo Maps GPS

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu mendukung fitur topografi pada peta. Aplikasi ini tentunya akan semakin mempermudah para pendaki saat melakukan pendakian. Sementara kekurangan dari aplikasi ini adalah dikenakan biaya sebesar Rp 140.000 bagi pengguna. Aplikasi ini juga disediakan fitur kompas yang dapat mempermudah Sobat Muncak untuk menemukan arah mata angin.

2.    MotionX GPS

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat peta-peta lokasi tertentu yang dapat diunduh di playstore secara gratis. Peta-peta tersebut mencakup medan jalan raya hingga ke peta pelayaran. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Sobat Muncak dapat membayar sekitar Rp. 13.000. Sehingga medan yang akan dilalui sudah terdeteksi terlebih dulu untuk dapat mengurangi tanda-tanda tersesat.

Baca Lainnya:   Kehadiran Muncak Dalam Jogja Outdoor Show

3.    MapMyHike

Aplikasi ini sangat cocok untuk pendakian. Tersedia di playstore baik untuk ponsel android maupun iOS yang digunakan untuk mencatat rute mendaki Sobat Muncak, dilengkapi dengan kecepatan, jarak, jumlah kalori yang terbakar dan navigasi. Dapat diunduh secara gratis langsung di playstore atupun Appstore. Aplikasi ini menjadi semakin menarik karena adanya fitur tambahan seperti bimbingan audio untuk latihan dan kemampuan berbagi lokasi langsung.

4.    FirstAidAndroid

Guna menghindari hal-hal yang tidak dinginkan saat mendaki Sobat Muncak dapat mengunduh aplikasi ini. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai situasi seperti patah tulang, pendarahan, asma, terbakar dan lain-lain. Aplikasi sudah tearsedia untuk iOS dan Android dan dapat diunduh dengan gratis. Nantinya aplikasi ini akan memberikan panduan sederhana bagi yang berusaha mengobati dan membutuhkan pertolongan.

5.   Freemeteo App

Saat mendaki perubahan cuaca yang tak menentu sering menjadi masalah buat para pendaki. Melalui aplikasi ini Sobat Muncak akan semakin mudah saat mendaki karena terbantu oleh aplikasi ini untuk keadaan cuaca atau perkiraan cuaca ataupun suhu digunung. Aplikasi dapat diunduh secara gratis dan bisa Sobat Muncak manfaatkan untuk mengetahui suhu udara hari ini dan sampai beberapa hari kedepan. Freemeteo App ini dapat mengulas informasi yang lengkap. Tinggal klik nama gunung yang menjadi tujuan pendakian lalu Sobat Muncak akan mendapatkan informasi suhu gunung terbaru dari aplikasi ini.

6.    GPS Navigation dan Maps Sygic

Sumber gambar : http://www.meroket.com/5-aplikasi-gps-android-terbaik-dan-paling-akurat/

Aplikasi ini dapat digunakan secara offline dengan syarat Sobat Muncak mengupdatenya terlebih dahulu untuk beberapa rute yang dituju secara online. Untuk keakuratannya aplikasi ini mampu mendeteksi jalan-jalan cukup baik dan akurat. Selain itu aplikasi ini didukung juga dengan tampilan gambar 3D yang didukung dengan fitur Head Up Display (HUP). Aplikasi ini dapat digunakan secara offline tanpa takut tidak terhubung koneksi internet.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *