Mau Caving? Pahami Dulu Tekniknya! 

mempelajari teknik caving

Mempelajari teknik caving


Mau Caving? Pahami Dulu Tekniknya!  ̶  Caving ialah kegiatan yang sangat seru dan memacu adrenalin. Karena dengan caving kita bisa menelusuri goa yang tentu gelap gulita di dalamnya. Kegelapan dalam goa itulah yang membuat daya tarik untuk ditelusuri. Ada keindahan apa sih yang ada di kegelapan tersebut? Semua akan terjawab saat Sobat melakukan Caving. Namun, caving boleh dibilang adalah kegiatan yang punya resiko yang tinggi. Oleh sebab itu caving perlu peralatan yang lengkap sehingga bisa menjamin keselamatan kita dan menghindari kecelakaan sekecil apapun. Bila peralatan sudah siap maka selanjutnya yang harus Sobat pahami ialah soal teknik caving. Yups! Teknik caving adalah dasar agar kegiatan caving bisa berjalan lancar. Mau tau teknik caving apa saja ? Simak terus artikel ini ya Sob!

Pertama-tama sebelum dibahas tentang teknik caving, lebih baik kita pahami dulu persiapan caving itu seperti apa. Pertama ialah pastikan peralatan yang akan digunakan saat caving terpenuhi. Peralatan caving dibagi menjadi dua yakni peralatan untuk pribadi dan peralatan tim. Peralatan untuk pribadi misal helm, penerangan, all cover, sepatu hingga SRT. Untuk alat-alat tim bisa seperti seperangkat alat tali-menali dan alat safety. Hal tersebut penting dan jangan sampai Sobat melupakan satu saja perlengkapan yang harus dibawa. Setelah peralatan utama lengkap, jangan lupa bawa makanan dan minuman secukupnya. Bila sudah siap semua, lalu Sobat latihan teknik-teknik dalam caving.

Caving sendiri tipenya dibagi dua yakni tipe horizontal dan vertikal. Horizontal yang dimaksud ialah goa yang akan diselusuri berbentuk horizontal, sehingga perjalanan dilalui dengan jalan. Namun teknik yang digunakan di goa tipe horizontal caving ini ialah Sobat harus jalan membungkuk bila terdapat stalaktit, lalu bisa saja Sobat merangkak, merayap, tengkurap, dan kadang-kadang juga diperlukan terlentang, menyelam serta berenang bila kondisi Goa berair. Yang menjadi kekuatan utama susur goa tipe horizontal ialah lutut dan ujung siku harus tahan terhadap gerakan apa yang akan dilalui saat susur goa. Sementara pada tipe vertikal artinya kita bisa menuruni goa dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Caving vertikal lebih susah dibanding horizontal, jadi teknik yang digunakan pun juga lebih susah. Namun yang harus Sobat percaya, kalau semua dipelajari dengan sungguh-sungguh gak ada yang susah kok Sob! Adapun teknik-teknik yang harus diperhatikan saat caving ditipe goa vertikal diantaranya:

Baca Lainnya:   Hal-Hal Wajib Bagi yang Ingin Belajar Teknik Surfing

   1.    Rope Walking Sistem

Rope Walking System atau sering disebut juga jummaring ialah teknik dimana kedua kaki Sobat diikatkan pada ascender yang berbeda. Akibatnya kaki akan bisa bergerak dengan bebas seperti halnya menaiki tangga biasa. Teknik ini sangat cocok untuk goa vertikal dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam karena apabila saat menuruni atau menaiki goa tipe vertikal menggunakan teknik ini akan memakan waktu yang sangat lama.

2.    Sit Stand Dengan Frog Rig System

Teknik Sit Stand ini berarti teknik yang dilakukan saat menaiki goa dengan cara kaki ditekuk seperti duduk berdiri. Teknik ini mengharuskan Sobat menggunakan ascender dan descender sehingga dapat memindahkan berat tubuh Sobat secara bergantian diantara pinggul dan kaki Sobat. Kelebihan teknik ini, Sobat bisa melakukan istiahat lebih lama namun apabila sudah melakukan memanjat tali maka teknik ini bisa menguras energi kita Sobat.

3.    Rigging

Teknik berikutnya ialah Rigging. Rigging ialah teknik yang digunakan untuk tim, jadi bila teknik ini digunakan pastikan terlebih dahulu rigging aman untuk dilewati satu tim, dan tidak membuat alat rusak. Peralatan yang digunakan pada teknik rigging ialah tali, padding, ladder, carabiner, paku piton dan hal lain-lain sesuai dengan medan yang akan dilalui. Jadi Rigging ini seperti membuat lintasan yang bisa dilalui oleh seluruh anggota tim. Lintasan Rigging yang dibuat juga banyak jenisnya seperti intermediet, deviasi, lintasan traverse, tyrolean, dan lintasan ladder.

Itulah teknik-teknik yang musti Sobat Muncak pahami dulu saat Caving. Semua teknik akan terasa mudah bila Sobat mau belajar teknik tersebut dengan serius. So, selamat caving Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *