Mau Caving? Persiapkan Alat-Alatnya Dulu!


Mau Caving? Persiapkan Alat-Alatnya Dulu!  ̶  Hai Sobat Muncak, udah ada rencana liburan akhir tahun diisi dengan apa? Mantai atau ndaki? Bila Sobat Muncak sekiranya sudah bosan dengan kedua aktivitas tersebut, boleh coba kegiatan lain yang pasti tidak kalah seru. Ya, Caving. Seperti namanya yang terdapat kata cave yang artinya goa, berarti caving artinya menelusuri goa. Kebayangkan serunya menelusuri goa yang gelap gulita. Pasti seru dan memacu adrenalin deh. Namun kegiatan ini bukan tanpa resiko, caving tetap berbahaya bila tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai. Oleh sebab itu muncak.id akan membahas tuntas tentang peralatan-peralatan yang di butuhkan saat caving agar persiapan caving Sobat makin matang. Cekidot!

  1.    Helm Speleo

Helm Speleo ialah peralatan pribadi yang sangat wajib dimiliki sebelum Caving. Helm ini dipakai untuk menghindari benturan ataupun jatuhan batu pada saat caving. Helm ini juga didesain agar bisa diletakkan alat penerangan dibagian depannya.

2.    Boom

Boom ialah peralatan caving berupa tabung yang dihubungkan oleh selam ke helm. Fungsi Boom ialah pada bagian atas tabung digunakan untuk menampung air yang dilengkapi oleh regulator saluran gas dan sebagai tempat pengisian air. Sementara tabung bagian bawah difungsikan untuk mengisi karbit

3.    Alat Penerangan

Alat penerangan menjadi hal yang vital dalam caving. Karena didalam goa hampir dipastikan minim cahaya, jadi alat penerangan akan menjadi mata kita saat caving. Dalam caving biasanya alat penerangan yang digunakan ialah senter apabila tidak ada elektrik bisa menggunakan karbit atau lilin ya Sobat.

4.   Cover All

Cover all adalah sebutan untuk pakaian yang digunakan saat caving. Pakaian ini didesain langsung menyatu antara baju dan celana. Pada bagian atas pakaian ini berlengan panjang. Dan yang harus Sobat ketahui, pakaian ini terbuat dari bahan parasut yang tidak terlalu tebal, dengan bagian-bagian yang sering mendapat gesekan dibuat dengan bahan yang Iebih tebal. Pakaian ini sangatlah penting karena dengan menggunakan pakaian ini akan menjaga tubuh Sobat dari gesekan dan juga menjaga suhu tubuh saat diair menjadi lebih stabil.

Baca Lainnya:   5 Alat Canggih Untuk Mempermudah Aktivitas Travelling Kamu

5.   Sepatu Karet

Sepatu juga sangat penting, karena permukaan goa yang juga tidak bisa diprediksi bagaimana keadaannya. Oleh sebab itu Sobat disarankan gunakan sepatu karet, karena sepatu karet tahan akan kondisi apapun seperti berair saat digoa.

6.   Sarung Tangan

Sarung tangan jangan sampai sobat lupakan. Karena dalam Caving tentu akan sangat riskan bila tidak menggunakan sarung tangan, karena dinding-dinding goa yang tentunya sangat kasar dan berpotensi melukai telapak tangan.

7.   Pelampung

Ada kalanya menelusuri goa ada yang kondisinya berair sehingga perlu digunakan pelampung. Pelampung ini akan membantu kita dalam menelusuri goa dikondisi yang berair sehingga bisa menyelamatkan kita dari kondisi tenggelam di dasar goa, karena kita juga tidak bisa memprediksi ada apa di dasar permuakaan goanya.

8.   SRT Set

SRT set ialah alat yang terdiri dari satu set tali ikat dan alat panjat yang gunanya tentu untuk memanjat goa ataupun saat turun dari goa. Peralatan SRT Set terdiri dari seat hearness, descender, mailon rapid, chess harness, cows tail, dan foot loop.

9.    Makanan dan Air Minum

Makanan dan air minum untuk bekal

Makanan dan air minum untuk bekal

Sama halnya dengan mendaki gunung. Caving juga perlu tenaga yang cukup dan butuh waktu yang tidak cepat. Sehingga Sobat perlu siapkan konsumsi selama caving. Bawa air minum dan makanan secukupnya, agar kondisi Sobat saat caving juga baik-baik saja.

10.   Baju Ganti

Baju ganti

Baju ganti

Tidak dipungkiri aktivitas caving membuat kita harus berkotor-kotoran. Sehingga Sobat disarankan membawa baju ganti saat caving.

11.   Obat-obatan

Obat-obatan yang wajib dibawa

Obat-obatan yang wajib dibawa

Kita tidak pernah mengira apa yang akan terjadi saat caving, bisa saja kita mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan badan kita sehingga sakit. Oleh sebab itu bawalah beberapa obat seperti obat demam, obat pusing, obat maag, obat luka, serta kain kassa ataupun perban.

Jadi itulah alat-alat yang harus Sobat siapkan sebelum Sobat melakukan kegiatan caving. Dengan kita sudah paham apa saja yang harus disiapkan sebelum caving maka caving kita akan aman dantentunya bakal seru. So, caving yuk!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *