Mau Diving? Pelajari Dulu Peralatannya!

Peralatan Diving

Peralatan Diving


Mau Diving? Pelajari Dulu Peralatannya!  ̶  Indonesia merupakan surga bagi pecinta olahraga diving. Hal itu karena laut Indonesia menyimpan sejuta keindahan disana, meliputi ikan-ikan yang bervariasi, terumbu karang yang indah, hingga variasi biota lautnya. Keindahan tersebut hanya bisa dilihat dengan diving. Diving merupakan olahraga menyelam hingga ke dasar laut. Diving pun bisa dibilang susah sehingga perlu dipelajari terlebih dahulu dan pelajaran dasar tentang diving ialah memahami perlengkapan yang akan dipakai. Adapun perlengkapan yang dipakai untuk Diving antara lain.

1.   Mask

Mask bentuknya seperti kacamata renang. Mask ini memiliki fungsi yakni melindungi bagian mata dari air. Selain berguna untuk melindungi mata dari air, mask ini dapat membantu kita dalam melihat dibawah permukaan air. Dengan pemandangan yang jelas, tentu Sobat akan terbantu melihat momen-momen indah selama diving.

2.    Wetsuit

Wetsuit ialah pakaian yang digunakan untuk diving. Kegunaaan wetsuit tentunya untuk melindungi tubuh sehingga tubuh tetap aman baik secara tekanan ataupun suhu, karena dibawah permukaan air memiliki tekanan berbeda dengan dipermukaan atau didarat. Wetsuit terbagi atas bahan yang melapisinya, dimana fungsinya untuk menyelam pada kondisi cold water dan warm water. Apabila warm water akan digunakan bahan-bahan neoprene rubber, sedangkan cold water ialah drysuit.

3.    Fins / Kaki Katak

Fins atau kaki katak ialah peralatan yang digunakan untuk menunjang pergerakan selama diving. Gerakan didalam air semakin cepat bila ukuran kaki katak juga semakin besar, panjang dan lebar. Kaki katak akan membuat Sobat lebih dinamis dalam bergerak untuk menikmati indahnya lautan Indonesia.

4.    Buoyancy Compensator Divice (BCD)

BCD ialah bentuknya seperti jaket. BCD ini membantu penyelam agar dapat kembali ke permukaan. BCD ini berisi aliran udara. BCD ini penting setelah dikira puas dalam melakukan diving.  Dengan CD kita akan dimudahkan untuk kembali ke permukaan air karena aliran udara akan menekan tubuh kita ke atas menuju ke permukaan.

Baca Lainnya:   Ini Dia 5 Artis Cantik Penggemar Diving, Udah Cantik Jago Diving Lagi!

5.    Tank / Tabung Oksigen

Tabung oksigen ini adalah salah satu alat penting untuk menunjang kenyamanan diving. Karena dengan tabung oksigen, Sobat bisa leluasa bernafas dalam air. Tabung ditaruh dipunggung penyelam saat diving. Ukuran tabung oksigen pun bermacam-macam. Hal itu disesuaikan dengan waktu lama diving yang dilakukan oleh Sobat.

6.    Gauge

Gauge merupakan alat diving yang memberikan informasi tentang seberapa banyak jumlah oksigen yang berada dalam tabung oksigen. Gauge ini selain untuk mengetahui informasi tabung oksigen juga dapat menginformasikan kedalamanan diving, tekanan & suhu saat menyelam.

7.    Dive Computer

Dive Computer fungsinya hampir sama dengan Gauge. Bisa mengetahui informasi tekanan udara, kedalaman penyelaman, serta suhu penyelaman. Yang membedakan dengan gauge ialah di penyelam dapat mengetahui berapa lama lagi penyelam dapat bertahan didalam air

8.    Regulator

regulator

regulator

Regulator (sumber : scuba.com)

Regulator ialah alat yang berguna untuk mengalirkan udara ke mulut agar kita bisa leluasa bernafas. Dengan regulator udara ditabung oksigen dapat mengalir dan sangat membantu Sobat dapat bernafas didalam air.

9.    Glove

Glove ialah peralatan untuk melindungi tangan. Sarung tangan ini berguna untuk menghidari tangan apabila terkena benda-benda laut. Hal tersebut untuk mengantisipasi, supaya tangan Sobat terlindungi.

Itulah beberapa alat yang harus dipahami baik penggunaannya atau kelengkapannya. Karena tanpa kelengkapan alat diving, itu bisa menyebabkan keselamatan terancam. Jadi Sobat sudah tahu kan alat-alat diving beserta kegunaannya?. Kini Sobat Muncak tinggal mengaplikasikan saja ke surga bawah laut Indonesia. Selamat ber-diving Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *