Mau Surfing, Pahami Dulu Tekniknya!


Mau Surfing, Pahami Dulu Tekniknya!     ̶      Pesona Indonesia memang tiada duanya kalau bicara tentang wisata alamnya. Sebagai negara yang terdiri dari pulau-pulau, tentu Indonesia miliki banyak pantai yang indah. Dan diantara pantai yang indah tersebut ada pantai yang menjadi surga bagi peselancar. Syaratnya ialah memiliki ombak yang konsisten terus-terusan menerjang ke bibir pantai. Ombak yang konsisten itulah yang membuat pantai menjadi permata yang berharga bagi peselancar. Tapi perlu Sobat tau, peselancar bukanlah dipelajari secara instan, tetapi bertahap. Mulai melihat orang berselancar hingga tertarik selancar dan akhirnya belajar selancar. Dan dalam belajar selancar akan mempelajari berbagai macam teknik. Hal ini sangat penting karena teknik yang bagus akan menghasilkan peselancar yang bagus. Oleh sebab itu, kami akan berikan di artikel ini tentang teknik-teknik dalam surfing. Pastikan Sobat membacanya hingga tuntas ya!

Teknik-teknik dalam surfing terbagi menjadi 3 yakni paddling, popping up dan duck diving. Ketiga teknik tersebut akan diulas dibawah ini:

1.    Paddling

Paddling ialah teknik yang dilakukan sebelum bertemu ombak dengan cara mengayuh. Mengayuh ini dilakukan dengan menggunakan kedua tangan untuk mendekati ombak. Posisi tubuh ialah tengkurap dipapan selancar. Sobat hanya perlu mengayuh sekuat tenaga sampai bertemu dengan Ombak. Oleh sebab itu bila Sobat tertarik surfing pastikan latih fisik Sobat terutama ketahanan tangan saat mengayuh. Sobat dapat melatih dengan fitness yang terkonsentrasi di lengan tangan. Atau mungkin latihan yang sederhana dengan angkat beban yang mungkin dengan bahan yang bisa Sobat bikin sendiri misal dari semen. Dengan latihan rutin fisik dan ketahanan lengan, maka Sobat akan terbantu saat surfing.

Baca Lainnya:   Budget Belajar Surfing

2.    Popping up

Popping up ialah teknik yang digunakan saat sudah bertemu ombak. Teknik ini sangat membantu dalam olahraga surfing. Bila Sobat sudah menguasai teknik ini dengan maksimal maka surfing Sobat akan terasa sangat seru dan pastinya Sobat akan merasa menikmati. Adapun teknik Popping Up ialah teknik cara berdiri di papan selancar saat Ombak datang menghampiri kita. Yang perlu dilakukan ialah taruh tangan Sobat di dekat tulang rusuk Sobat menyentuh papan selancar seolah-olah Sobat menandakan mau berdiri. Setelah itu dorong dada Sobat dari papan dengan panggul. Kemudian Setelah itu angkat secara perlahan paha atas kita, lalu berdirilah dipapan selancar. Untuk posisi kaki, kaki kanan berada didepan sementara kaki kiri dibelakang. Bila ombak menerjang Sobat tinggal mengikuti gerakan saja. Tentu untuk dapat mengikuti gerakan ombak perlu beberapa percobaan. Disarankan bila ingin mempelajari teknik ini perbanyaklah push up. Karena dengan push up dapat melatih kita dalam memposisikan dari untuk berdiri dipapan surfing dari posisi tengkurap.

3.    Duck Diving

Duck Diving ialah teknik yang digunakan untuk mengayuh dibawah ombak setelah kalian terjatuh dari ombak. Teknik ini sama dengan paddling namun dikombinasikan dengan diving. Artinya Sobat musti mengayuh dengan posisi persis seperti paddling namun dibawah ombak. Fungsinya ialah agar Sobat bisa mencapai ombak berikutnya untuk surfing. Karena tujuan Duck Diving juga untuk sampai kepermukaan.

Jadi itulah teknik-teknik dalam surfing yang harus sobat pahami. Teknik-teknik tersebut akan terasa mudah bila Sobat serius dalam latihan. Karena dengan Sobat serius dan rajin berlatih niscaya surfing akan terasa sangat mudah bagi Sobat. So, selamat berlatih surfing Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *