Memacu Adrenalin: Susur Gua Cerme, di Yogyakarta


Memacu Adrenalin: Susur Gua Cerme, di Yogyakarta   ̶   Kegiatan olahraga luar ruang lain yang memacu adrenalin adalah susur gua. Di Yogyakarta, sebuah gua bernama Gua Cerme menjadi tempat bagi penyuka tantangan dan petualangan yang cukup memacu adrenalin. Menyusuri gua sepanjang 1,5 km yang dialiri oleh sungai bawah tanah ini sudah menjadi tempat wisata di Yogyakarta sejak 1980-an. Secara geografis Gua Cerme masuk dalam dua Kabupaten. Untuk mulut gua berlokasi di Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Sementara itu pintu keluar gua masuk ke dalam kawasan Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul.

Gua Cerme merupakan salah satu gua yang terletak di kawasan karst Pegunungan dengan banyak ornament yang menghiasianya seperti stalatit, stalakmit, pilar, sodastraw, flowstone dan lain-lain. Gua Cerme juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar, jadi jangan heran ketika Sobat Muncak mencium bau guano yang sangat menusuk hidung. Saat musim hujan, aliran air di salah satu air terjun dalam gua sangat deras. Biasanya pemandu akan mengantar wisatawan sampai di bagian air terjun ini, akan tetapi jika Sobat Muncak sebagai orang pecinta petualangan wajib melanjutkan susur gua sampai ke pintu keluar gua. Dibutuhkan waktu 1,5 jam sampai 2 jam untuk menyusuri Gua Cerme. Jika Sobat Muncak juga berfoto ria mungkin akan memakan waktu lebih.

Hawa mistik juga masih terasa di Gua Cerme. Selain sebagai tempat menguji adrenalin ternyata Gua Cerme masih digunakan sebagai tempat mencari wangsit atau orang-orang yang bertapa dengan keinginan khususnya. Oleh karena itu, Sobat Muncak jangan heran jika nantinya akan menemui sesajen dan bunga mawar di beberapa sudut gua. Di samping Gua Cerme juga terdapat gua lain yang lebih kecil yaitu Gua Dalang, Gua Ledek, Gua badut dan Gua Kaum.

Untuk menuju gua ini Sobat Muncak akan melaju kearah selatan Yogyakarta dengan melewati Terminal Giwangan, lurus saja melewati jalan Imogiri Timur lalu dapat mengikuti petunjuk arah jalan ke Gua Cerme. Setelah melalui daerah Selopamioro jalan akan menanjak, jangan lupa untuk memastikan kendaraan dalam keadaan prima. Untuk tiket masuk dikenakan tarif sekitar Rp 5.000 / orang.  Namun jika menggunakan pemandu dapat dikenakan tarif sebesar Rp 35.000 / kelompok.

Baca Lainnya:   Tips Dapatkan Foto Epic Saat Momen Caving

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dan tidak dapat Sobat Muncak lakukan saat susur Gua, salah satunya Gua Cerme.

  1. Disarankan jangan bertelanjang kaki saat susur gua. Demi keamanan gunakan alas kaki atau sepatu seperti sepatu booth. Lengkapi juga perlengkapan lain seperti helm, alat penerang dan baju ganti dan baiknya menggunakan celana panjang supaya dapat mengurangi adanya hewan-hewan air yang dapat menempel dikaki. Serta hindari pakaian yang berbahan jeans. Agar gerak Sobat Muncak lebih mudah dan leluasa nantinya.
  2. Buat Sobat Muncak yang akan memotret disarankan membawa kanebo. Hal ini dikarenakan kondisi gua yang basah, dengan menggunakan kanebo dapat mengelap percikan air yang mengenai kamera. Dan lebih baiknya membawa dry bag.
  3. Dilarang untuk merokok, membuang sampah di dalam gua dan memegang ornamen gua yang masih hidup guna mengurangi tindak kerusakan gua.
  4. Jangan lupa siapkan tenaga dan energi yang cukup untuk susur gua. Pastikan yang Sobat konsumsi mengandung banyak serat, karbohidrat dan air yang cukup. Karena saat susur gua memerlukan energi ekstra.
  5. Saat susur gua, melangkahlah dengan hati-hati agar tidak terjatuh atau terpeleset karena permukaan gua tidak semuanya rata. Ada area yang licin dan berbatu.

Kegiatan susur gua khususnya Gua Cerme tentunya akan sangat seru jika Sobat Muncak memang menyukai tantangan dan petualangan. Serta jangan lupa menomorsatukan keamanan dan keselematan. Lakukan saja kegiatan susur gua dengan suka cita dengan tetap menjaga kelestarian Gua Cerme untuk dapat terus dijelajahi nantinya. Salam piknik, semoga piknik Sobat Muncak selalu berkesan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *