5 Langkah Membuat Wall Climbing Sendiri


5 Langkah Membuat Wall Climbing Sendiri  ̶  Apakah kamu adalah satu dari sekian banyak Sobat Muncak yang ingin banget membangun Wall Climbing atau arena panjat tebingmu sendiri? Jika iya, maka artikel ini adalah tempat yang tepat bagi Sobat Muncak untuk belajar langkah membuat wall climbing sendiri.

Mungkin benar anggapan banyak orang bahwa membangun wall climbing sendiri adalah suatu hal yang bisa dibilang mustahil dan kalau misalnya bisa pun akan memakan banyak biaya. Karena bukan hanya membangun dinding yang bisa dipanjat aja, tapi juga soal safety dan hal lain yang pastinya penting untuk diperhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa step untuk membuat wall climbing sendiri di rumah yang tentunya tetap akan memperhatikan aspek keselamatan.

1.     Menyiapkan Peralatan

Pertama yang harus dipersiapkan dalam langkah membuat wall climbing sendiri adalah soal peralatan yang akan Sobat Muncak gunakan. Sobat Muncak harus menyiapkan beberapa perlengkapan seperti misalnya papan kayu yang keras, dengan ketebalan minimal 15 milimeter, lalu cat dengan berbagai macam warna untuk mewarnai dinding agar lebih terasa seperti tebing sungguhan, point climbing, nah yang satu ini banyak dijual di toko outdoor equipment, jadi Sobat Muncak tak perlu khawatir dan bertanya cara membuat benda yang satu ini. Selain itu ada matras, gergaji, sekrup tembok dan beberapa perkakas lain yang wajib dipersiapkan.

2.     Menyiapkan Kayu

Sobat Muncak bisa memulai dengan memotong kayu sesuai dengan panjang dan lebar yang Sobat Muncak inginkan. Setelah dipotong sesuai ukuran, baru mulai mengamplasnya sampai halus. Setelah itu, baru Sobat Muncak bisa mengecatnya dengan cat kayu terlebih dahulu sebelum kemudian mengecatnya dengan cat warna-warni sesuai dengan keinginan. Cat warna-warni ini selain menambah keindahan wall climbing yang dibuat Sobat Muncak, nantinya juga bisa menambah kesan “alam” jika warna yang dipilih Sobat Muncak sesuai dengan alam tentunya. Jadi pintar-pintar pilih warna ya!

Baca Lainnya:   5 Tempat Latihan Climbing Terbaik di Indonesia

3.     Memasang Kayu ke Dinding

Langkah berikutnya dalam membuat wall climbing sendiri adalah memasang kayu yang sudah di potong dan diamplas serta diwarnai di area dinding yang akan Sobat Muncak Gunakan. Rekatkan kayu ke dinding dengan cara dibor menggunakan sekrup tembok agar kayu menempel kuat dan tidak jebol ketika Sobat Muncak menjajalnya. Ingat, pasang kayu sekuat mungkin, kalau berlu Sobat Muncak juga bisa mengetesnya sampai sejauh mana kekuatan cengkraman kayu yang sudah menempel di dinding. Hal ini demi keselamatan Sobat Muncak ketika nanti menggunakannya.

4.     Memasang Point

Step berikutnya adalah memasang point yang sudah disiapkan tadi di beberapa sisi kayu dengan letak yang tepat. Sebaiknya ketika Sobat Muncak memasang point tersebut sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Sobat Muncak. Jika Sobat Muncak sudah ahli, bisa memasangnya di sisi-sisi yang sulit sehingga bisa sekaligus dipakai berlatih. Tapi jika masih pemula, pasanglah di titik-titik yang tidak menyulitkan Sobat Muncak untuk belajar.

5.     Taruh Matras

Mungkin hal ini terkesan seperti anak kecil ya, tapi keselamatan tetap yang utama. Usahakan Sobat Muncak juga memasang Matras di bagian bawah karena jika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, semua bisa diatasi dengan baik. Selain Matras, Sobat Muncak juga harus memikirkan sisi keselamatan yang lain, misalnya pemasangan harness, tali temali, dan yang lainnya.

Hal yang paling penting dan harus diperhatikan oleh Sobat Muncak adalah keselamatan. Karena wall climbing ini dibangun sendiri, maka tidak ada surveyor yang akan mengecek tingkat keamanan, jadi Sobat Muncak harus sangat teliti dan hati-hati dalam membuatnya.

Semoga infonya bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *