Mempersiapkan Pendakian Menjelang Libur Lebaran

Halo Sobat Muncak! Sudah memasuki pekan terakhir dalam bulan Ramadhan nih. Semoga dengan menjelang berakhirnya bulan penuh berkah ini kita semakin giat untuk beribadah supaya mendapatkan segala ampunan dan berkah dari Allah di malam-malam terakhir Ramadhan, terutama pada Lailatul Qadar. Amin.

Oke Sobat, lebaran sudah mulai mendekat. Itu artinya libur lebaran juga akan muncul. Pertanyaannya, apakah kita sudah siap menghadapi itu semua? Dalam artian apakah kondisi fisik dan psikis kita mampu kembali sempurna seperti bulan-bulan biasa? Biasanya yang menjadi hal negatif sebagian anak muda adalah tidak kontrolnya asupan makanan saat lebaran tiba. Iya sih sudah gak puasa lagi dan bebas bisa makan apa saja, tapi bukan berarti harus makan sepuasnya sebagai balas dendam lapernya. Gak boleh gitu ya, Sobat.

Kemudian Sobat, libur lebaran biasanya digunakan kebanyakan orang untuk halal bihalal dan wisata dengan keluarga. Yang paling rame bisa dipastikan adalah tempat wisata, karena selain persiapannya sederhana tempat wisata juga mudah dijangkau dan ramah oleh segala usia, katakanlah seperti kebun binatang, museum, dan wahana bermain. Namun beda dengan kita, sebagai pecinta alam dan penggiat ketinggian gunung adalah tempat wisata yang sebenarnya. Dan oleh karenanya pendakian merupakan wisata yang lebih serius karena memerlukan persiapan fisik dan materi yang cukup matang.

Nah, disini Muncak.id akan membagikan sedikit tips mempersiapkan pendakian menjelang libur lebaran.

  • Persiapan fisik

Kebebasan dalam makan dan minum di siang hari saat bulan Syawal tiba mungkin sangat besar. Nah dari sinilah akar masalah muncul, karena makan dan minum sepuasnya ini mengakibatkan kita lupa untuk menjaga pola makan sehingga badan seketika menjadi gemuk dari biasanya dan juga kita akan merasa lebih malas untuk berolahraga. Sobat, jangan seperti itu ya. Sesuatu yang berlebihan itu dampaknya tidak bagus, baik dari segi rohani maupun medis. Alangkah baiknya kalau kebebasan bisa makan dan minum di siang hari tersebut kita gunakan untuk menjaga fisik agar tetap sehat dan prima, seperti jogging, bersepeda, senam ataupun berenang. Ini dimaksudkan supaya fisik kita tidak kaget ketika akan melakukan pendakian pasca lebaran. Begitu, Sobat.

  • Persiapan materi

Segala sesuatunya tentang materi haruslah dipersiapkan jauh-jauh hari, karena mendaki sekarang ini merupakan suatu kegiatan outdoor yang tidak lagi murah. Bayangkan saja, mau tak mau kita harus merogoh kocek total kurang lebih satu juta rupiah untuk mendaki gunung Semeru. Itu pun bisa berbeda-beda, karena tergantung asal domisili pendaki dari mana (biasanya faktor transportasi yang paling mendominasi biaya pendakian). Intinya, apa-apa yang berkaitan dengan uang dan pembelian haruslah dipikirkan secara matang-matang agar mendapatkan harga dan biaya yang paling terjangkau juga rasional.

  • Persiapan perencanaan

Ini adalah persiapan yang paling final dan menyeluruh. Ketika kita sudah siap dengan fisik dan materi, namun kita belum pernah memiliki pengalaman dalam mendaki gunung, maka itu adalah masalah. Juga ketika kita sudah siap namun kita tidak bisa merencanakan itinerary perjalanan pendakian, maka itu juga adalah masalah. Sebaiknya ketika kita menemui kendala pada masalah tersebut, kita perlu mengajak orang yang sudah berpengalaman tentang pendakian. Boleh jadi teman, kakak, atau pemandu gunung (guide) yang kita pakai jasanya. Kita juga bisa mengunjungi biro jasa pendakian yang sedang mengadakan trip Bersama, yang mana jauh lebih aman dan mengasyikkan.

Baca Lainnya:   Mengenal 'Layering' Pakaian Pendakian

 

Nah, Sobat! Mengenai perjalanan pendakian, sebenarnya Sobat tidak perlu ragu lagi. Karena di bulan Juli nanti, ada beberapa trip yang akan dibuka dari kami.

Maksudnya “kami”?

Iya Sobat. Jadi kami internal Tim Muncak telah merilis beberapa trip pendakian yang mana lebih beragam tanggalnya di bulan Juli. Ada 3 destinasi gunung, yakni Merapi, Merbabu dan Andong. Sobat dapat memilih tanggal yang telah tersedia, dan disana terdapat itinerary perjalanan, fasilitas, keseruan pengalaman juga jaminan keamanan. Dan kenapa tidak perlu ragu lagi? Karena kami Muncak.id sudah bekerjasama dengan guide profesional yang sudah bersertifikat, sehingga selama pendakian seharusnya Sobat dapat menikmati gunung dengan aman dan nyaman.

Contoh tampilan homepage trips di Muncak.id

Contoh tampilan homepage trips di Muncak.id

Cek segera di muncak.id/trips Sobat. Jangan sampai kehabisan, karena terdapat diskon di beberapa trip bagi pendaftar tercepat!

 

Salam Muncak!

 

Profile picture from: http://epictio.com/tempat/gunung-merbabu/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *