Mendaki Gunung Diluar Pulau. Apa Aja Persiapannya?

Apakah Sobat Muncak pernah terpikirkan untuk mendaki sampai keluar pulau dengan tujuan ingin menjelajah ketempat yang jauh dan mengeksplor tempat baru? Beberapa dari kalian pasti pernah.  Menyiapkan persiapan mendaki gunung diluar pulau tentunya akan sangat berbeda dengan mempersiapan pendakian yang sepulau looohhh. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, seperti wawasan area yang akan didaki serta cara untuk  beradaptasi terhadap wilayah tersebut. Berikut beberapa yang harus dipersiapkan:

  1. Persiapan Uang

Pendakian keluar gunung memerlukan dana yang tidak sedikit karena kebutuhan yang besar yang akan dihabiskan untuk transportasi, konsumsi selama diperjalanan dan penginapan.

  1. Persiapan alat

Mempersiapakan peralatan pendakian selengkap dan seefisien mungkin sangat penting untuk dilakukan. Peralatan yang lengkap akan membantu pendakian agar semua kebutuhan yang diperlukan selama mendaki terpenuhi. Jika persiapan kurang atau ada yang terlupa mungkin sobat harus membelinya dan jika harus menyewa maka sobat  akan kesulitan untuk mencari tempat persewaan. Persiapan alat dilakukan seefisien mungkin berarti hanya membawa peralatan yang diperlukan  agar pendaki tidak perlu membawa beban yang berat selama perjalanan.

  1. Transportasi

Pertimbangkan untuk memilih transportasi yang mudah dan nyaman yang digunakan untuk mencapai basecamp pendakian. Usahakan pada awal keberangkatan menggunakan transportasi yang tidak membuat pendaki kelelahan seperti lebih mempertimbangakan menggunakan kereta daripada bus, atau jika memiliki dana yang lebih dapat menggunkan pesawat.

  1. Penginapan

Persiapkan penginapan yang akan digunakan selama berada luar pulau. Usahakan untuk menginap terlebih dahulu sebelum mendaki agar tenaga fit kembali pasca perjalanan yang jauh. Penginapan juga membantu untuk menitipkan barang yang tidak diperlukan dibawa saat mendaki.

  1. Bertanya pada Pendaki Lain

Pada saat merencanakan perjalanan lebih baik bertanya terlebih dahulu pada orang yang sudah pernah melakukan perjalanan dengan rute yang sama. Minta rekomendasi yang akan membantu pendaki menentukan persiapan pendakiannya.

  1. Teman Perjalanan

Ajak temanmu untuk menjelajah bersama. Mengajak teman akan menghilangkan bosan selama perjalanan yang jauh selain itu kalian bisa saling menjaga sehingga meningkatkan keamanan.

  1. Gunakan Jasa Pemandu Gunung

Pemandu gunung profesional dapat memabantu pendaki untuk mengatur perjalanan sobat. Keuntungan yang akan didapatkan ialah sobat akan diberikan rekomendasi seluruh perencanaan pendakian dari kebutuhan dana, peralatan, transportasi, tempat menginap dan simaksi. Bahkan kadang-kadang sobat akan mendapatkan harga yang lebih murah karena pemandu gunung dapat melakukan negosiasi harga tempat menginap dan simaksi pada warga sekitar.

Baca Lainnya:   Mau Jadi Pemandu Gunung? Ini Skill yang Harus Dimiliki

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *