Mengenal 9 Jenis Tenda

Hai Sobat Muncak, tenda yang memiliki fungsi utama untuk berteduh ketika berada dialam terbuka ternyata memiliki jenis yang bermacam-macam lohh. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya. Di ulasan panjang kali ini akan membahas mengenai 9 jenis tenda yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Yuk mengenal 9 jenis tenda tersebut agar tidak sampai salah memutuskan memilih tenda yang tepat untuk perjalanan camping nya ya sobat Muncak.

1-dome

  1. Tenda Kubah (Dome)

Sobat muncak tentunya sudah sangat tidak asing lagi dengan jenis tenda ini. Apalagi tenda ini yang paling banyak digunakan di Indonesia loh. Yupsss, tenda kubah. Tenda ini merupakan tenda yang  paling populer dan sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan outdoor. Tenda ini memiliki ciri khas pada bentuk melengkung pada tiang-tiang yang menyangga dengan dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga tenda. Tiang yang dirangkai akan membentuk tenda menyerupai bujur sangkar atau persegi panjang. Tungkai dari penyangga tenda kubah relatif mudah dilepas pasang.

Tenda kubah idealnya tidak digunakan pada saat situasi cuaca yang ekstrim. Pada kondisi cuaca yang biasa tenda ini mampu bertahan dari terpaan angin kencang dan hujan tetapi tidak cukup kuat menahannya secara terus menerus. Banyak tenda kubah  yang sudah dirancang dengan memiliki bagian teras sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai macam peralatan, sehingga bagian tengah akan lebih longgar sebagai tempat untuk tidur.

Keunggulan

  1. Mobilisasi gampang.
  2. Mudah dipasang karena hanya perlu menyatukan 2 sampai dengan tiga tiang penyangga.
  3. Memiliki bentuk depan yang bagus.
  4. Tiang penyangga cukup kuat pada penyangga yang lebih dari tiga.
  5. Dapat digunakan untuk berbagai macam perjalanan berkemah.
  6. Memiliki fungsi serbaguna
  7. Memiliki harga termurah serta paling banyak digunakan.

Kekurangan

  1. Tenda kubah yang dibuat dengan jenis 3 musim tidak akan mampu bertahan dari terpaan angin kencang dan salju. Kecuali pada tenda dengan jenis 4 musim yang dirancang agar tahan dari angin kencang, suhu yang sangat dingin dan bersalju.
  2. Jika tidak berhati-hati saat masuk akan sangat mudah mennghancurkan bentuk depan tenda.

2-pop-up

  1. Tenda kubah Pop-up

Bagi sobat muncak yang pernah menggunakan jenis tenda ini pasti sudah sangat merasakan kepraktisan saat menggunakannya. Hanya menggunakan tenda jenis ini sobat akan merasakan memasang tenda hanya dalam hitungan detik. Akhir-akhir ini, tenda jenis ini cukup populer dan digemari oleh para petualang. Seperti namanya “pop-up”, tenda ini dirancang agar langsung terbentuk membuka sendiri ketika dibuka dan tidak memerlukan tiang penyangga dalam pemasangan. Tenda ini hanya memerlukan satu kali kaitan untuk mendirikannya. Umumnya dirancang untuk 2 orang. Tenda ini menawarkan kemudahan dalam pemasangan yang merupakan pilihan yang tepat bagi sobat muncak yang belum berpengalaman.

Tenda ini sangat mudah dikemas kedalam tas bundar, ringan serta sangat mudah dibawa. Sobat akan merasakan sensai instan saat mengeluarkan tenda dari kantong dan menariknya terbuka. Tenda ini memiliki pintu yang sangat sederhana dan didesain dengan dinding tunggal  dengan jenis lantai built-in untuk mempermudah proses pemasangannya.

Keunggulan

  1. Sejauh ini, jenis tenda ini yang paling mudah untuk dipasang, hanya diperlukan beberapa detik untuk memasang tenda ini.
  2. Simpel dan sangat ringan, sehingga sangat mudah dalam mobilisasi.

Kekurangan

  1. Harga lebih mahal dari tenda kubah biasa.
  2. Tidak bisa menahan terjangan angin yang kencang.
  3. Tidak memiliki banyak ruang pada bagian depan karena desain yang kompak.
  4. Tidak cocok untuk berkemah di hutan pedalaman, padang gurun atau kondisi cuaca yang sangat buruk.

 

3-tunnel

  1. Tenda Tunel

Jika sobat muncak mememerlukan ruang ekstra saat berkemah bersama keluarga atau teman, tenda tunel merupakan pilihan yang sangat tepat. Sesuai namanya, tenda ini membentuk terowongan memanjang yang didalamnya akan memberikan ruang yang lebih. Tiang penyangga membentung deretan lengkungan setengah lingkaran yang akan menciptakan struktur terowongan yang panjang.

Sesuai dengan ukurannya yang besar tenda ini sebanding dengan beratnya sehingga akan menyulitkan ketika harus dibawa dalam jangka waktu tertentu. Pada saat angin kencang menerpa bagian sisi yang memanjang, tenda ini berisiko roboh. Pada saat musim panas, ketika memutuskan untuk berkemah bersama keluarga dan menggunakan mobil, tenda ini sangat tepat digunakan.

Keunggulan

  1. ujungnya yang runcing menawarkan perlindungan yang lebih terhadap terpaan angin.
  2. Sangat cocok digunakan untuk kegiatan kemah bersama keluarga atau dengan kapasitas orang yang banyak.
  3. Sangat serbaguna, cocok untuk berbagai macam lingkungan.
  4. Nyaman digunakan dan memiliki banyak ruang.

Kekurangan

  1. Pemasangan memakan waktu yang lebih lama dan biasanya memerlukan lebih dari satu orang untuk memasang tenda ini.
  2. Memerlukan ruang yang lebih besar untuk mendirikan tenda ini.
  3. Karena bentuknya, ventilasi pada bagian tengah tenda mungkin terbatas.
  4. Sulit untuk memposisikan kembali jika tenda ambruk akibat perubahan cuaca.

 

4-quick-pitcj

  1. Tenda Quick Pitch

Tenda ini memiliki desain yang relatif baru dan semakin popular digunakan oleh orang-orang yang ingin berkemah tetapi ingin memotong waktu pemasangan yang lama. Perbedaan dengan tenda pop-up adalah tenda ini memiliki tiang yang terintegrasi yang memiliki sambungan, saat dilepas tiang penyangga tenda akan menutup seperti payung. Ketika tiang sudah dilebarkan, panel tenda hanya perlu diikatkan disepanjang tiang penyangga. Dan dapat difiksasi dibagian tengah  tenda.

Baca Lainnya:   Kenali Tipe Sepatumu yang Tepat

Keungguan

  1. Pemasangan mudah dan cepat dan hanya perlu satu orang saja untuk memasang
  2. Memiliki kelebihan yang sama dengan tenda kubah biasa.
  3. Sangat tepat digunakan untuk kegitan berkemah sendiri.

Kekurangan

  1. Harga lebih mahal dari harga tenda rata-rata.
  2. Memiliki ruang yang terbatas
  3. Tidak cocok untuk kegiatan berkemah dengan banyak orang.

 

5-ridge

  1. Tenda Ridge

Tenda jenis ini mungkin adalah gaya tenda yang paling mudah dikenali karena penggunaannya yang luas. Pada beberapa tahun terakhir, penggunaan tenda ini sudah semakin berkurang digunakan . tenda ini memiliki gaya retro dengan bentuk tenda yang klasik dan memiliki dua kutub di kedua ujungnya membentuk desain segitiga sederhana.

Jenis tenda ini populer karena memiliki kontruksi yang kokoh. Tenda Ridge memiliki banyak variasi dari segi ukuran, mulai untuk satu atau dua orang sampai dengan berkelompok. Rata-rata yang masih sering menggunakan tenda ini adalah pramuka.

Keunggulan

  1. Lebih kokoh dari kebanyakan jenis tenda lainnya.
  2. Tetap stabil saat diterpa angin kencang dan cuaca buruk.
  3. Memiliki berbagai macam ukuran.
  4. Mudah dipasang, namun pengaturannya bisa lebih rumit dari pada kebanyakan tipe tenda.
  5. Umumnya tahan lama, beberapa model bisa berlangsung selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Kekurangan

  1. Mengurangi ruang penyimpanan dan ruang tidur karena memiliki dinding yang miring.
  2. Saat ini sudah kurang banyak yang menyediakan jenis tenda ini, jadi pilihan modelnya terbatas.
  3. Desainnya kuno.
  4. Memiliki bobot yang berat sehingga sulit untuk dibawa-bawa.

 

6-tent-semi-geodesic

  1. Tenda Geodesi dan Semi-Geodesi

Tenda geodesi memiliki struktur yang mirip dengan tenda kubah namun memiliki tiang tambahan yang saling silang untuk menciptakan area dalam yang luas dengan struktur kuat yang dapat mentolerir angin dan hujan yang substansial tanpa roboh. Harga tenda ini mahal namun sangat ideal untuk kondisi dan ekspedisi yang sulit, terutama di pendakian gunung.

Bentuk lain tenda ini adalah tenda semi-geodesik, yang memiliki kerangka tiang yang lebih sedikit sehingga lebih ringan dan lebih ramping. Jenis tenda semi-geodesik Ini tidak akan tahan terhadap kondisi cuaca yang sama namun menawarkan gaya dan bentuk yang jauh lebih simpel yang lebih sesuai untuk backpacking. Desain semi-geodesik memiliki bentuk aerodinamis untuk membantu ketahanan angin.

Tenda geodesi memiliki banyak ukuran dan struktur yang kuat yang membuat tenda ini ideal untuk orang tidur dalam kondisi cuaca berangin. Desain tenda ini memberika ruang interna yang lapang dengan langit-langit yang lebih tinggi sehingga tenda ini tepat digunakan untuk menghabiskan waktu sementara sobat menunggu cuaca mereda.

Keunggulan

  1. Paling cocok untuk cuaca ekstrim karena mampu menahan hujan salju lebat, angin dan hujan.
  2. Struktur kuat dengan stabilitas yang prima.
  3. Memiliki ruang depan atau teras yang besar.
  4. Dapat bertahan lebih lama dari pada rata-rata tenda.

Kekurangan

  1. Tidak cocok untuk kelompok besar seperti keluarga.
  2. Harganya jauh lebih mahal serta lebih berat dibawa saat jarak jauh.

 

7-inflatable

  1. Tenda inflatable (udara)

Tenda tiup ini tidak memiliki tiang. Memiliki ruang yang besar. Memiliki panel yang berongga yang mengisi dengan udara sehingga membentuk struktr yang kaku. Tenda jenis ini memerlukan kompa untuk mengembang.

Keunggulan

  1. Pemasangan mudah hanya dengan menggunakan kompa dan bisa dilakukan oleh satu orang tanpa bantuan ekstra.
  2. Memiliki ruang yang lebar.
  3. Memiliki risiko kecelakaan penggunaan yang rendah karena tidak memiliki tiang logam untuk menyangga

Kekurangan

  1. Memiliki bobot yang berat,
  2. Harga cukup mahal
  3. Untuk mencari yang ukuran sangat besar susah dicari.

 

8-visva-vis

  1. Tenda keluarga (Vis–à–Vis)

Sobat mungkin belum familiar dengan tenda jenis ini. Tenda yang dikenal dengan sebutan Vis–à–Vis dirancang dengan dua bagian pertemuan di bagian dalam. Nama Vis–à–Vis berarti tatap muka, merujuk pada posisi dua bagian tidur.

Tenda Vis–à–Vis dirancang dengan gaya terowongan atau kubah. Jika sobat berpergian dengan teman, tenda ini sangat memungkinkan privasi yang terjaga karena adanya kompatermen pada bagian tengah.

Keunggulan

  1. Ruang multi-kamar tidur dengan pintu masuk yang terpisah sehingga meningkatkan privasi dari pengguna.
  2. Memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat menampung banyak orang.

Kekurangan

  1. Memiliki pengaturan pemasangan yang lebih sulit.
  2. Memiliki bobot yang berat.
  3. Memiliki harga yang mahal.

 

 9-bell

  1. Tenda lonceng

Tenda lonceng memiliki ciri khas yaitu tiang yang melintang ditengah dengan panel berbahan kanvas yang disampirkan disekelilingnya. Tenda yang bebahan kanvas merupakan pengatur suhu yang efektif dan digunakan saat musim panas. Jenis tenda ini tidak direkomendasikan untuk perjalanan berkemah yang berbasis kegiatan outdoor, jenis ini cocok untuk berkemah di tempat khusus berkemah dan pada saat festival tentunya saat cuaca cerah.

Keunggulan

  1. Sangat bergaya dan trendi.
  2. Pemasangan sangat mudah.
  3. Penggunaan panel kanvas dapat menurunkan suhu panas.
  4. Panel samping dapat digulung sehingga dapat dijadikan ventilasi.
  5. Ruang lantai bisa sangat besar, dan ideal untuk tidur banyak orang

Kekurangan

  1. Biayanya sangat mahal.
  2. Tidak cocok untuk kegiatan dialam terbuka.
  3. Memiliki bobot yang berat.

 

Sumber:

  1. http://www.moshannonfalls.com/the-dome-tent-2/

Sumber gambar:

  1. https://margaretfrench.com/2011/01/
  2. https://www.surplusandoutdoors.com/ridge-tent-olive-green-lightweight-493034.
  3. https://www.goodcampingtents.com/tent-shapes/
  4. http://www.1234mantent.co.uk/inflatable-tents/
  5. https://www.baxrecreatieshop.nl/safarica-chicco-tc-tent-2017.html
  6. http://www.argos.co.uk/product/3077353
  7. https://www.amazon.co.uk/Highlander-Arran-300-Quick-Pitch/dp/B005JC62QA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *