Mengenal Komunitas Caving di Indonesia


Mengenal Komunitas Caving di Indonesia   ̶   Caving, tentunya nama kegiatan tersebut bukanlah kata asing di dunia penggemar olahraga outdoor. Caving sendiri artinya menelusuri goa untuk menemukan keindahan-keindahan yang ada di dalam nya. Caving ini adalah kegiatan yang dilakukan bukan untuk individu melainkan kelompok. Karena dengan caving pastilah membutuhkan bantuan untuk dapat melalui goa dari mulut ujung goa. Kebersamaan dan kekompakan menjadi kunci keberhasilan caving. Nah melihat pentingnya untuk kebersamaan dalam caving, maka Sobat harus mengenal komunitas caving di Indonesia bila Sobat tertarik untuk caving.

Seperti sudah dijelaskan tadi bahwa caving tidak bisa dilakukan oleh seorang diri, harus bersama-sama. Kebersamaan itulah yang membuat caving akan banyak cerita seusai kegiatan ini berlangsung. Tentu bila Sobat mengenal komunitas caving dan Sobat mau bergabung di dalamnya tentu bakal dapat banyak keuntungan. Kok bisa? Bisalah Sobat, karena dengan bergabung di komunitas caving Sobat akan bertemu dengan teman-teman baru, bisa jadi bagi yang jomblo bisa tuh nemu jodoh juga di komunitas caving! Selain bisa bertemu dengan teman-teman baru, Sobat juga bisa Mendapatkan ilmu-ilmu baru, karena pada dasarnya sebelum melakukan caving, pastilah komunitas akan mengadakan kelas atau pendidikan dasar tentang caving dahulu. Pendidikan dasar ini penting buat Sobat, karena dengan pendidikan dasar Sobat bakal mengerti peralatan caving hingga teknik dalam caving. Hal ini tentu akan membuat Sobat Makin pede saat Caving dan menghindari adanya kecelakaan dalam kegiatan caving.

Jadi setelah memahami bahwa sebelum caving sangat penting agar kita ikut komunitas, maka selanjutnya Muncak.id akan berbagi komunitas mana saja yang sering mengadakan acara caving.

Baca Lainnya:   Mau Caving Murah, Ke Goa Pindul Aja!

Komunitas Satubumikita

Satubumikita ini ialah komunitas dari Bandung yang bergerak di bidang outdoor. Satubumikita sering mengadakan acara-acara outdoor dan caving adalah salah satu acara yang sering diadakan oleh komunitas ini. Komunitas Satubumikita ini berdiri pada tanggal 11 September 2011  di kota Bandung. Di komunitas ini cukup unik Sobat, karena Satubumikita memiliki filosofi yaitu ”bumi yang kita huni ini beserta para penghuninya merupakan sebuah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan serta saling bersimbiosis”. Selain itu komunitas ini juga tidak anggota tetap. Komunitas ini mengedepankan kepada sisi pertemanan dan kekeluargaan yang bebas. Siapa aja boleh ikut termasuk Sobat Muncak, tetapi dengan syarat dalam kegiatan  komunitas Satubumikita harus selalu menjaga etika moral. Komunitas ini pernah melakukan caving di Goa Petruk & Liah, Gombong, Kebumen. Adapun bila Sobat penasaran dengan komunitas ini silakan kunjungi http://satubumikita.blogspot.co.id.

Mapala Berbagai Kampus

Selain dari komunitas Satubumikita, Sobat bisa dapat temukan komunitas-komunitas lain yang bergerak dibidang outdoor bila berminat ingin mengikuti caving. Komunitas tersebut banyak ditemui di mahasiswa pecinta alam yang tersebar diseluruh kampus di Indonesia. Contohnya ada MAAR milik Geologi UNPAD, Oxygen milik Teknik Kimia Undip, Zerophase milik Teknik Geofisika UPN Jogja, IAIN Imam Bonjol dan masih banyak lagi. Biasanya organisasi mapala tersebut sering mengadakan kegiatan caving, dan tentu biasanya dibuka untuk umum. Nah bisa tuh Sobat ikutan kegiatan mereka. Keseruan dijamin deh kalau ikut kegiatan komunitas outdoor hehe!

Itulah Sobat, tentang pentingnya mengenal komunitas caving, supaya Sobat bila ingin bergabung dikegiatan caving bisa tersalurkan. Apalagi dengan bergabung dikomunitas Sobat juga bakal dapat banyak keuntungannya. Jadi, selamat bersuka ria dengan komunitas caving Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *