Menikmati keindahan Sabana Merbabu via Suwanting

Gunung Merbabu merupakan gunung api yang bertipe Strato, yaitu gunung api yang terbentuk karena letusan Ekstrusi (Erupsi) Ekslposif dan Ekstrusi (Erupsi) Efusif secara terus-menerus dan saling bergantian.  Gunung Api Strato umumnya berbentuk kerucut dengan lereng curam. Sudut kemiringan Lereng gunung ini antara 10 – 30 derajat. Gunung Merbabu juga secara geografis terletak pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Bagi para pendaki gunung Merbabu cukup populer. Medannya tidak terlalu berat ditambah pemandangan sabananya yang luar biasa indah, membuat gunung ini banyak diminati oleh para pendaki. Namun jangan salah, dibalik keindahannya gunung Merbabu juga memiliki potensi bahaya yang harus diperhatikan.  Udara dingin, kabut tebal, hutan yang lebat namun homogen (hutan tumbuhan runjung, yang tidak cukup mendukung sarana bertahan hidup atau survival) merupakan potensi bahaya yang harus diwaspadai. Penghormatan terhadap tradisi warga setempat juga perlu menjadi pertimbangan.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting mungkin terdengar asing dan sebagian pendaki mengira jalur ini adalah jalur pendakian gunung Merbabu yang baru. Jalur Suwanting ini pertama kali dibuka pada tahun 1990 dan ditutup tahun 1998. Tapi karena antusias pemuda sekitar dusun Suwanting maka jalur ini di buka lagi pada pertengahan Maret 2015. Jalur pendakian ini terletak di dusun Suwanting, desa Banyuroto, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang.

Akses untuk menuju Dusun Suwanting dari Jogja bisa menggunakan transportasi menuju kabupaten Muntilan lalu menuju Ketep. Basecamp Suwanting berjarak sekitar 5 km dari gerdu pandang Ketep.
Sampai di Dusun Suwanting, para pendaki bisa beristirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman yang sudah banyak disediakan di basecamp, tapi tidak gratis lo ya. Tiket mendaki pada hari biasa (senin-jum’at)adalah Rp. 15.000;/orang. dan pada hari libur Rp.17.500;/orang. Tarif parkir roda dua Rp.5000; dan untuk mobil Rp.20.000;.

Perjalanan dari Basecamp Suwanting menuju pos 1 dapat ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Pos 1 Suwanting di sebut juga lembah Lempong. Trek pendakiannya lumayan menanjak, tapi bagi kalian yang ingin hemat tenaga bisa menyewa jasa tukang ojek. Paling tidak jasa tukang ojek ini sudah bisa menghemat 20 menit perjalan kalian. Tarif jasa tukang ojek ini kurang lebih Rp.10.000; sampai dengan Rp.15.000; dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 km. Sampai pemberhentian ojek, kalian akan melewati hutan pinus dan biasanya kalo waktu pagi atau sore hari kabutnya indah banget.

Baca Lainnya:   Mengapa harus mendaki Gunung?

Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 treknya lebih menanjak dibandingkan sebelumnya. Dari pos 2 ke pos 3 kita akan melewati beberapa lembah, antara lain: lembah Gosong, lembah Cemoro, lembah Ngrijan dan lembah Mitoh. Masing masing lembah, kira-kira bisa untuk mendirikan 3-4 tenda. Sebelum sampai di lembah Cemoro, pendaki bisa mengisi perbekalan air minum di pos Air yang ada di tong penampungan.Jarak antar lembah biasanya sekitar 20-30 menit perjalanan. Jadi total waktu yang bibutuhkan dari pos 1 ke pos 2 kira-kira 1,5-2 jam perjalanan.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju pos 3, sebaiknya kalian istirahat dulu untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras selama perjalanan. Karena perjalanan dari pos 2 ke pos tiga, perjalanan kira-kira membutuhkan waktu 3-4 jam. Treknya sangat terjal dan sedikit bonus. Perjalanan dari pos 2 ke pos 3 kita akan melewati  dua lembah, yaitu lembah singo dan lembah Mading. Diantara lembah Singo dan lembah Manding juga terdapat, Tong penampungan air yang bisa digunakan oleh para pendaki. Menurut informasi dari pihak basecamp sebelum memasuki lembah Mading ini para pendaki harus mengucapkan salam (uluk salam). Sebelum sampai ke pos 3 kalian akan menemukan pos air.

Pos 3 Suwanting atau juga sering disebut dampo awang merupakan tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tendan. Selain tempatnya yang lapang, fiew yang didapatkan di pos tiga ini juga sangat indah dan mempesona. Dari pos 3 Suwanting kalian akan disuguhi pemandangan gunung Merapi dengan sangat jelas dan beberapa gunung yang lain seperti Sindoro-Sumbing dari kejauhan. Selain itu pemandangan kota magelang juga akan terlihat sangat indah ketika malam hari.

Perjalanan dari Pos 3 menuju puncak kenteng songo bisa ditempuh dalam waktu 1,5-2 jam. Sebelum sampai ke puncak kenteng songo, pendaki juga akan melewati dua puncak, yaitu puncak Suwanting dan puncak Triangulasi.

Sepanjang perjalanan menuju puncak kenteng songo para pendaki akan dimanjakan dengan pemadangan padang rumput yang hijau. Pemandangan sabana terbaik yang pasti akan kalian dapatkan adalah ketika sudah sampai di puncak Suwanting. Jadi kalo kita total lamanya perjalanan selama mendaki Merbabu Via Suwanting kira-kira 7-9 jam perjalanan. Estimasi waktu perjalanan tersebut, sudah include dengan istirahat, jadi jangan khawatir. Selamat Mendaki, salam lestari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *