Pemandu Gunung, Penting Ngga Sih?

Hai Sobat Muncak, meneruskan artikel sebelumnya yang membahas tantang orang-orang yang memiliki impian mendaki gunung tapi ngga  kesampaian karena berbagai macam alasan, maka disini akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Yaaa, salah satu solusinya nya dengan cara menggunakan jasa pemandu gunung. Hmmmm… bagi sobat yang belum tau, jenis pemandu bukan hanya ada seperti pemandu wisata secara umum aja lohhh, gunung pun memiliki pemandu khususnya sendiri. Kenapa harus menggunakan jasa pemandu gunung? Pemandu gunung memiliki banyak manfaaat dan peran penting dalam pendakian lohhh, apalagi kalau gunung yang ingin kita daki bukan gunung sembarangan seperti gunung Cartenz di Papua. Berikut keuntungan yang akan sobat dapat jika menggunakan jasa pemandu gunung profesional:

  1. Pemandu gunung akan memberikan informasi terkait gunung yang dia pandu. Informasi tersebut meliputi latar belakang gunung, flora dan fauna yang tinggal di gunung, dan kebudayaan atau kebiasaan masyarakat di sekitar gunung.
  2. Pemandu gunung profesional dapat membantu pendaki untuk menggunakan alat-alat pendakian dengan benar, selain itu pemandu gunung dapat mengecek peralatan yang dibawa sudah sesuai standar pendakian atau belum.
  3. Pemandu gunung memiliki skill pertolongan pertama dalam kecelakaan dan memiliki skill dasar pendakian aman yang akan meningkatkan keamanan pendaki.
  4. Kemampuan navigasi dari pemandu gunung dapat menghindarkan kita dari yang namanya kesasar.
  5. Beberapa gunung yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, pemandu gunung dapat menjadi pembimbing latihan fisik dan teknik mendaki gunung yang tepat sesuai kebutuhan.
  6. Pemandu gunung dapat mengambil keputusan yang tepat saat terajadi kejadian yang tidak diinginkan seperti masalah cuaca dan medan yang tiba-tiba memburuk serta kejadian kecelakaan diatas gunung.
  7. Kemampuan komunikasi yang baik dari pemandu gunung tentunya akan meningkatkan keseruan pendaki. Beberapa pemandu gunung yang memiliki skill bahasa inggris yang baik juga sangat membantu turis luar negeri ketika mendaki. Selain itu juga, dengan menggunakan pemandu gunung dapat memabantu kita ketika bernegosiasi dengan pengelola lokal sekitar tentang masalah harga dan perijinan pendakian.
Baca Lainnya:   Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Guide

Dengan keuntungan-keuntungan diatas tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri pendaki pemula untuk mendaki. Tidak perlu ragu lagi untuk mendaki ya sobat muncak yang pemula, karena pemandu gunung bisa didapatkan  dengan mudah, yaitu dengan cara menghubungi agen perjalanan yang menyediakan perjalanan pendakian, mencari di internet tentang info pemandu gunung, dari beberapa teman-teman komunitas pendaki gunung yang pernah menggunakan jasa pemandu atau mungkin lewat aplikasi Muncak yang tersedia di Appstore atau website yang khusus untuk memesan pemandu gunung yang diinginkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *