Peran Avtech Dalam Peka Bencana Jogja dan Pacitan


Peran Avtech Dalam Peka Bencana Jogja dan Pacitan   ̶   Dipenghujung tahun 2017, Indonesia banyak dilanda bencana alam. Salah satu bencana alam yang melanda Indonesia ialah badai dari siklon Cempaka. Akibat dari badai tersebut ialah hujan yang turun sepanjang hari. Efeknya Pacitan dan Jogja menjadi daerah terdampak paling parah akibat badai Cempaka ini. Banjir, tanah longsor, akses jalan hilang hingga rumah terbawa banjir adalah bagian-bagian kesedihan masyarakat di daerah Jogja dan Pacitan yang terdampak bencana ini. Oleh sebab itu untuk menolang sesama, penyedia perlengkapan outdoor yakni Avtech bersama Team Sahabat Merah Putih melakukan aksi kemanusiaan. Aksi kemanusiaan tersebut meliputi memberikan penyaluran bantuan, pembersihan jalur, serta pemulihan trauma kepada masyarakat Jogja dan Pacitan.

 

Aksi kemanusiaan tersebut dilakukan Avtech dan Team Sahabat Merah Putih pada tanggal 30 November – 6 Desember 2017. Dimana pada tanggal 1 Januari 2017, Jogja terlebih dahulu dilakukan pemberian bantuan. Lokasi pemberian bantuan di Jogja ialah Jl. parangtritis km 7,5 Sewon Bangi Dadapan, lalu di Desa Bulu, Giripurwo Girimulyo, Kulon Progo. Adapun pemberian bantuan meliputi uang, baju, bahan makanan serta pemberian kendaraan untuk kegiatan operasional didaerah terdampak. Setelah Jogja, kemudian tim Avtech dkk berangkat menuju Pacitan pada tanggal 5 Desember 2017. Penyaluran bantuan di Pacitan ialah berasal dari banyak donatur dan dari Yayasan Guan Ji. Kegiatan di Pacitan meliputi pembersihan jalur utama yang terputus menggunakan excavator, pemberian sembako meliputi beras 5 kg, minyak goreng 1 Lt, gula 500 gr, mie telor 2 pack serta garam 200 gr. Adapun bantuan lain yang diberikan Avtech selaku produsen perlengkapan outdoor ialah memberikan alas tidur, selimut, sarung dan lain-lain. Aksi kemanusiaan ini juga berkoordinasi dengan Posko Darurat Bencana BPBD Pacitan terkait pemulihan trauma masyarakat setempat. Koordinasi ini merupakan progam jangka panjang yang terus berusaha dibentuk dan dibina terkait Koordinasi BPBD dengan avtech dan team Sahabat Merah Putih. Pemulihan trauma yang sudah dilakukan yakni telah dilakukan lomba kreatifitas yang diikuti anak kelas 1 SD hingga kelas 3 SD. Lomba kreatifitas ini cukup membuat anak-anak antusias dan bahagia kembali. Selain lomba pada acara ini juga membagikan bingkisan susu, roti, pensil, pulpen, buku dan perlengkapan alat tulis lainnya.

Saat penyaluran bantuan di Jogja

Saat penyaluran bantuan di Jogja

 

Baca Lainnya:   Mentawai, Tempat Terindah Surfing di Indonesia

Sebagai produsen perlengkapan outdoor Avtech tentu tidak ingin melihat bencana meluluh lantakan semangat warga Jogja dan Pacitan. Dengan bantuan yang diberikan Avtech baik barang, uang ataupun kegiatan yang mempunyai tujuan mengembalikan kondisi Jogja dan Pacitan seperti dahulu kala patut kita apresiasi. Setidaknya Avtech berperan tidak berpangku tangan dan tentunya patut kita contoh kegiatan penuh manfaat ini. Peduli sesama, aksi nyata, dan semangat kebersamaan benar-benar terlihat dari kegiatan ini. Semoga bantuan dari Avtech dan team Sahabat Merah Putih dapat membantu meringankan duka warga Jogja dan Pacitan. Keep strong teman, kita selalu berada dibelakangmu. Jogja dan Pacitan kuat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *