Raja Ampat, Tempat Terindah Untuk Diving!

 


Raja Ampat, Tempat Terindah Untuk Diving!  ̶  Halo Sobat Muncak! Sudah ada planning liburan pertengahan tahun nanti mau kemana? Kalau belum ada, Sobat bisa nikmati surga di Timur Indonesia yakni Raja Ampat. Raja Ampat ini sangat recommended sekali bagi Sobat yang ingin liburan menikmati keindahan alam. Alam di Raja Ampat tidak ada duanya deh! Apabila Sobat  tertarik ke Raja Ampat yuk baca artikel ini sampai habis, karena akan diulas secara detail tentang Raja Ampat disini khususnya spot-spot diving yang tentunya sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Raja Ampat merupakan kepulauan yang masuk di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat ialah daerah yang benar-benar bisa disebut warisan dunia yang tidak terbantahkan keindahannya. Mata akan benar-benar dimanjakan. Mulut akan terus mengucap takjub akan alam yang sangat Indah. Dan yang menjadi primadona Raja Ampat ialah bawah laut. Bawah laut yang memberi gambaran bahwa surga bisa dinikmati di dunia. Bawah laut Raja Ampat sangat kaya akan biota lautnya. Bahkan Raja Apat diakui dunia terkait jumlah spesies flora dan faunanya dibawah laut lo Sobat! Wow amazing bukan!.

Oleh sebab itu, agar kita bisa menikmati kekayaan bawah laut Raja Ampat, kita perlu diving ke bawah laut. Karena dibawah lautnya Sobat Muncak akan temui 75% spesies karang yang ada didunia. Selain itu Sobat akan bisa menemukan hewan-hewan langka dibawah laut Raja Ampat! Hewan-hewan langka tersebut antara lain Ikan Pari Manta yang bentangan siripnya bisa mencapai 2 meter, lalu ada hiu karang, barakuda, penyu, ikan duyung, kuda laut dan hewan langka lainya deh! Sobat tidak akan rugi kalau sudah diving ke bawah laut Raja Ampat, karena pesona bawah lautnya tidak ada yang menandingi.

Hiu Karpet berbintik hanya salah satu hewan endemik yang bakal sering Sobat temui di bawah laut Raja Ampat. Raja Ampat sendiri memilik spot diving yang sangat indah. Adapun spot diving terindah di Raja Ampat ialah Mansuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, Manta’s Point (Pulau Arborek),  dan Blue Magic. Apabila Sobat ingin melihat Penyu dan Manta maka disarankan memilih spot diving Mansuar Island. Sementara bila Sobat ingin melihat keindahan terumbu karang maka Sobat pilih spot diving Chicken Reef. Bila Sobat ingin berjumpa dengan ikan-ikan cantik nan indah maka divinglah ke Mike’s Point. Kalau ingin benar-benar puas melihat ikan Pari diving saja keb Manta’s Point. Dan bila Sobat ingin bertemu Hiu Karpet dan ikan-ikan langka lainnya, sobat pilih Blue Magic sebagai tempat diving Sobat.

Namun apabila Sobat ingin liburan di Raja Ampat, maka Sobat harus rela keluarkan dana yang boleh di bilang tidak murah. Mahalnya harga apabila ingin berkunjung di Raja Ampat dikarenakan aturan Pemerintah yang melakuan kebijakan membatasi jumlah resort dan kapal di Raja Ampat. Hal itu dilakukan agar ekosistem di Raja Ampat terjaga kelestariannya. Namun aturan ini juga dapat saja menguntungkan Sobat, karena dengan pembatasan tersebut, Sobat saat berada di Raja Ampat kesannya seperti memiliki Pulau pribadi dan berkesan eksklusif. Harga Penginapan sendiri di Papua untuk Diving yang berdinding serta beratap anyaman daun kelapa itu memiliki tarif minimal 75 euro atau sekitar Rp. 900 ribu per malam. Jika Sobat ingin menikmati diving atau snorkeling maka Sobat harus merogoh kocek yakni sekitar Rp. 360 ribu sekali menyelam. Apabila Sobat ingin murah dengan mengandalkan tour di beberapa tempat beserta penginapan dan transportasi maka Sobat siapkan saja dana minimal 13 juta. Itupun masih bisa membengkak namun demi pengalaman tidak terlupakan, mengapa tidak.

 

 

Baca Lainnya:   Apa itu Wetsuit dan Tips Membelinya

Terlepas dari mahalnya biasa liburan di Raja Ampat, kita sebagai warga Indonesia tetaplah harus bersyukur dan bangga bahwa Indonesia bisa memiliki surga bawah laut. Tentunya sembari bangga dengan Raja Ampat kita juga menabung. Karena menabung sedikit lama-lama menjadi bukit. Kemustahilan bisa saja  terwujud. Begitulah ulasan singkat tentang review tempat diving terbaik di Raja Ampat. Semoiga kita bisa berkunjung ke Raja Ampat ya Sobat disuatu saat nanti. Hehe.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *