5 Brand Sepatu Panjat Terbaik (Nomor 3 Bikin Memanjat Jadi Gampang Banget!)


5 Brand Sepatu Panjat Terbaik  ̶  Bagi para pecinta climbing, sepatu panjat adalah salah satu alat paling penting. Dengan memiliki sepatu panjat terbaik, maka akan sangat membantu para pemanjat untuk bisa melalui berbagai macam jalur. Sepatu Panjat memiliki tugas melindungi kaki dari permukaan tebing yang tajam dan juga membantu memaksimalkan fungsi kaki ketika sedang climbing.

Jelas saja Sobat Muncak, karena dengan memakai climbing shoes, maka sekecil apapun pijakan yang ditemui bisa digunakan untuk membantu Sobat memanjat. Selain itu, bisa membuat tumpuan kaki terfokus pada satu titik dan mau bagaimana pun bentuk injakannya tetap bisa dipijak.

Climbing shoes atau sepatu panjat ini memang dirancang untuk mengurangi slip ketika memanjat. Konstruksi bagian depan memiliki desain yang dibuat dari bahan karet khusus seperti ban sepeda motor untuk balapan. Bahan karet yang dipakai ini memiliki ciri masing-masing pada tiap merk.

Nah, Sobat Muncak pasti menunggu dan bertanya-tanya, apa aja sih merk sepatu panjat terbaik yang bisa dibeli dan membantu Sobat Muncak. Kalau berdasarkan pencarian data dan observasi mimin, ada beberapa climbing shoes yang biasanya dipakai atlit climbing kelas dunia mulai dari Patxi Usobiaga dari Spanyol, Jain Kim dari Korea Utara, Dave Graham dari Amerika dan Akiyo Naguchi dari Jepang. Daftar sepatu panjat terbaik ini diurutkan berdasarkan yang paling populer dan sering dipakai oleh atlit-atlit tersebut. Berikut daftarnya:

1.     La Sportiva

 

La Sportiva adalah sebuah sepatu panjat terbaik yang memiliki lokasi pabrik di Italia. Merk ini berada di urutan paling atas karena dari hasil observasi, beberapa atlit seperti Patxi Usbiaga, Akiyo Naguchi dan Jain Kim selalu menggunakan sepatu keluaran La Sportiva ketika mereka menghadapi kompetisi kelas dunia. Maka dari itu, sepertinya La Sportiva memang pantas diletakkan di urutan pertama.

Nah, dari informasi yang didapatkan dari kawan-kawan yang sudah bergelut dengan dunia panjat memanjat, sol sepatu La Sportiva ini tahan lama dan punya friksi yang bagus untuk digunakan ketika boulder dan lead baik di tebing alam atau juga di wall climbing buatan.

2.     Fiveten (5.10)

 

Merk yang satu ini adalah merk sepatu panjat terbaik yang paling sering digunakan oleh para pemanjat di Indonesia. Tempat produksi sepatu satu ini ada di Amerika dan para atlet kelas dunia yang memakai merk ini biasanya adalah Crish Sharma, Dave Graham, Daniel Wood, dan juga Dani Andrada.

Baca Lainnya:   5 Tebing Terbaik Untuk Panjat Tebing

3.     Boreal

Boreal ini juga sepatu panjat terbaik asal Amerika Serikat. Kalau dari situs resminya www.e-boreal.com, pabrikan ini tak hanya fokus pada sepatu panjat saja, tapi juga peralatan outdoor yang lain. Ada sepatu tracking, backpack dan juga sepatu sport. Sementara untuk sepatu climbing sendiri, Boreal memiliki beberapa alternatif yang bisa menjadi pilihan para pemanjat.

4.     Evolv

Sepatu panjat terbaik selanjutnya adalah Evolv. Pabrikan sepatu ini memang khusus memproduksi perlengkapan memanjat mulai dari sepatu, chalk bag dan juga crash pads yang biasa digunakan ketika boulder. Pabrikan ini katanya milik pemanjat kelas dunia yang berasal dari Amerika bernama Crich Sharma dan katanya semua sepatunya adalah hasil rancangan Crish Sharma. Keren ya!

5.     Scarpa

Sepatu panjat terbaik yang terakhir adalah Scarpa. Sepatu ini dibuat di UK dan berdiri sejak tahun 1938. Dari awal berdirinya pabrik ini memang sudah khusus memproduksi sepatu saja. Nah, sekarang Scarpa memproduksi sepatu yang biasanya dipakai untuk kegiatan di alam bebas mulai dari mountaineering, tracking, ski dan tentunya sepatu panjat.

Demikian tadi kira-kira 5 daftar sepatu panjat terbaik versi muncak. Apakah ini memang yang terbaik? Semua kembali pada Sobat Muncak dan kebutuhan Sobat Muncak pecinta climbing. So, semoga artikelnya bermanfaat ya!

See you on the next article!

Baca Lainnya:   Kalau Kamu Climber Sejati, Kamu Wajib Tahu Jenis-Jenis Tali Panjat Tebing ini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *