Surga Bagi Pesepeda Gunung: Secret Track, Bali


Surga Bagi Pesepeda Gunung: Secret Track, Bali   ̶   Indonesia meemiliki kekayaan alam yang melimpah dan destinasi wisata yang tidak kalah keren dengan negara luar. Berbagai destinasi tersebut seperti Raja Ampat, Candi Prambanan, Batik, kuliner yang khas serta budayanya yang masih kental ada di Indonesia. Tak terkecuali Bali atau sebutan akrabnya adalah Pulau Dewata yang sangat dekat bagi telinga wisatawan mancanegara dan domestik.

Begitu juga dengan peserta Mountain Bike atau Downhill atau sepeda gunung. Ada jalur yang istimewa dan menantang bagi para pesepeda gunung di Bali, yaitu Secret Track. Berlokasi di Bukit Penulisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dapat ditempuh dari Denpasar dengan mobil sekitar 150 menit. Bukit Penulisan ini berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Kondisi jalan cukup lebar dan beraspal mulus sehingga dapat membuat pengendara dapat menikmati perjalanan yang nyaman. Keindahan gunung Batur dan pantai di daerah Tianyar merupakan bonus landscape yang bisa didapatkan para peserta sepeda gunung setelah lelah mengayuh sepeda menjelajah Secret Track sejauh 35 kilometer. Sehingga jalur tersebut layak disebut surga bagi para pecinta sepeda gunung.

Terdapat beberapa jalur menantang dan memacu adrenalin yang dapat dicoba oleh pecinta sepeda gunung di Secret Track, Bali. Jalur tersebut adalah Secret Track 1 yang memiliki tanjakan dan turunan secara bergantian dapat memompa detak jantung dan memacu adrenalin sehingga cocok bagi pecinta sepeda gunung yang menyukai Enduro Gravity. Dari jalur ini tepatnya di sebelah kanan Sobat Muncak dapat menikmati keindahan Gunung Batur.

Setelah berhasil melewati Secret Track 1, kemudian yang lebih menantang siap menyambut Sobat Muncak. Secret Track 2 ini memiliki komposisi 95% turunan dan sisanya tanjakan ringan. Akan tetapi sebelum sampai dijalur Secret Track 2 ada sebuah tanjakan dengan kemiringan 60 derajat sejauh kilometer dengan kondisi jalan aspal rusak yang dikombinasikan debu tebal. Sobat Muncak diharapkan dapat ekstra hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Lainnya:   Bukit Klangon, Downhill Baru di Lereng Merapi

Saat melaju di Secret Track 2 akan banyak ditemui jalur yang berdebu di pinggiran bukit. Turunan membuat laju sepeda semakin kencang. Ditambah lagi dengan lekukan serta belokan dapat membuat Sobat Muncak yang menyukai sepeda gunung wajib memainkan kontrol sepeda. Secret Track 2 cocok sekali buat mereka yang menyukai turunan dan memiliki kontrol yang baik di atas sepeda. Sekaligus nanti dapat mengasah ketajaman dan kemampuan Sobat Muncak sebagai pecinta olahraga sepeda gunung.

Terdapat jalur beton yang memiliki panjang kurang lebih 4 kilometer yang nantinya akan mengantar Sobat Muncak menuju sebuah pantai di daerah Tianyar dengan nama Pantai Ketapang. Pantai tersebut sangat bersih dengan sedikit batu kerikil yang ada. Pantai tersebut kadang-kadang tidak ramai oleh pengunjung. Sehingga dapat dinikmati dengan leluasa oleh Sobat Muncak yang tidak begitu suka dengan keramaian.

Memang Bali adalah salah satu tempat di Indonesia yang menjadi surganya destinasi wisata. Dengan menjelajah Secret Track Bali ini semoga dapat membantu pecinta sepeda gunung dan Sobat Muncak sekalian agar bisa menikmati wisata di Indonesia dan semakin cinta kepada tanah air Indonesia dari sisi yang tersembunyi. Sebelum Sobat Muncak khususnya yang menyukai sepeda gunung Karena persiapan yang baik akan memberikan pengalaman yang berkesan nantinya dan salam piknik!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *